• 10 Cara Merawat Kulit Kering Agar Tetap Lembap

    Beauty / Tips


    10 Cara Merawat Kulit Kering Agar Tetap Lembap
    10 Cara Merawat Kulit Kering Agar Tetap Lembap. (Foto: puhhha©123RF.com)

    Ikuti 10 cara merawat kulit kering berikut ini agar kelembapan kulit selalu terjaga.


    Memiliki kulit kering memang dapat membuat frustasi. Pasalnya, kulit terkelupas, kemerahan, penuaan dini, kerutan, kusam dan garis-garis halus bisa muncul pada kulit kering. Umumnya, kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti kelembapan dan suhu atau kosmetik dan pembersih wajah yang Anda gunakan. Akibatnya, kelenjar sebaceous lamban memproduksi minyak alami dan membuat kulit menjadi kering. Saat kulit menjadi kering, kulit juga menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap ruam dan kerusakan kulit.

    Untuk Anda yang saat ini sedang mengalami kulit kering tidak perlu khawatir, berikut sepuluh cara merawat kulit kering agar tetap lembap. 


    1. Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

    Ketika Anda memiliki kulit kering, pelembap mungkin menjadi solusi pertama untuk mengatasinya. Namun, mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah yang tepat juga sama pentingnya untuk mengatasi kulit kering. Carilah pembersih wajah yang lembut, tidak menyumbat pori-pori, bebas formula alkohol, bebas SLS (Sodium Lauryl Sulfate), dan bebas parfum (fragrance), karena dapat membuat kulit semakin kering. 

    Hindari mencuci wajah secara berlebihan. Sebaiknya, mencuci wajah hanya perlu dua kali dalam sehari, pagi dan malam hari. Jika terlalu sering mencuci wajah, bisa menyebabkan kulit kering, kusam dan berpeluang mengalami iritasi. 

     

    2. Moisture your skin!

    Kulit kering lebih banyak membutuhkan hidrasi, nutrisi, dan kelembapan dibandingkan kulit normal dan berminyak. Pelembap, berfungsi untuk memberikan hidrasi sekaligus mengunci kelembapan pada kulit. Untuk pemilik kulit kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim dan mengandung gliserin, asam hialuronat, vitamin E, lidah buaya, dan sodium hyaluronate. Karena kandungan-kandungan tersebut cenderung memiliki kadar minyak yang tinggi. 

    Waktu yang dianjurkan untuk menggunakan pelembap yaitu langsung setelah mandi, ketika kulit Anda masih sedikit lembap.


    Baca juga : Cara Mengatasi Kulit Kering Sebelum Memulai Makeup


    3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

    Apakah pemilik kulit kering juga perlu untuk melakukan eksfoliasi? Sebenarnya tidak ada halangan untuk melakukan eksfoliasi bagi Anda yang memiliki kulit jenis ini. Karena melakukan eksfoliasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Namun, tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub kasar, karena dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit. 

    American Academy of Dermatology menyarankan agar mereka yang memiliki kulit wajah kering atau sensitif untuk memilih menggunakan eksfoliator kimia ringan seperti, AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Cukup lakukan eksfoliasi sebanyak satu minggu sekali, untuk menjaga agar tidak terjadi penumpukan sel-sel kulit mati pada kulit wajah Anda, dan tidak lupa untuk selalu menggunakan pelembap setelah eksfoliasi. 


    4. Membatasi Waktu Mandi

    Untuk menjaga kelembapan kulit, batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja. Anda dianjurkan untuk mandi menggunakan air hangat, karena kebiasaan mandi dengan menggunakan air terlalu panas dapat menyebabkan hilangnya kelembapan alami yang menyebabkan kulit menjadi kering


    Baca juga : 7 Produk Wajib untuk Si Kulit Kering


    5. Rutin Menggunakan Masker

    Dengan rutin menggunakan masker, manfaatnya akan Anda rasakan seperti kulit yang terhidrasi dengan baik serta mampu mengatasi masalah kulit kering yang dialami. Idealnya menggunakan masker wajah disarankan minimal seminggu sekali. Pilih masker yang berbahan dasar madu, alpukat, minyak zaitun, dan lidah buaya yang dikenal mampu membantu melembapkan kulit. 


    6. Jangan Gunakan Obat Jerawat Secara Berlebihan

    Menggunakan obat jerawat seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan produk retinoid memang efektif mengatasi jerawat. Namun, efek yang ditimbulkan dapat menjadi masalah bagi pemilik kulit kering, yaitu menyebabkan kulit mengelupas.


    Baca juga : 10 Moisturizer untuk Melindungi Kulit Kering


    7. Hindari Menggunakan Makeup Matte

    Pilih produk makeup dengan formula yang tidak terlalu berat, bertekstur cair, ringan atau krim. Gunakan blotting paper atau blotting sponge sebagai pengganti powder untuk mengontrol minyak di area T-zone. Hindari produk makeup waterproof yang akan menyerap kelembapan alami kulit dan menyebabkan pengelupasan kulit.


    8. Gunakan Sunscreen

    Sinar ultraviolet dapat memberikan manfaat baik untuk kulit, namun bila terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat memberikan dampak buruk. Apalagi bagi Anda pemilik kulit kering, sinar UV akan menyebabkan kulit dehidrasi serta mempercepat penuaan dini. Jadi, lindungi wajah Anda dengan rajin menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. 


    9. Konsumsi Air yang Cukup 

    Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya asupan air di dalam tubuh. Penuhi kebutuhan air di dalam tubuh, minimal delapan gelas setiap hari. Karena saat kebutuhan cairan di dalam tubuh terpenuhi, kulit akan tampak sehat dan lembap. 


    10. Menggunakan Face Mist

    Kandungan dalam face mist didominasi oleh air yang dapat memberikan kesegaran di kulit. Selain itu, vitamin E, Vitamin C, hyaluronic acid ataupun aloe vera yang biasa terkandung di dalam face mist mampu memberikan kelembapan di kulit Anda. Untuk itu, selalu sediakan face mist di tas atau meja kerja Anda agar kelembapan kulit selalu terjaga. 



    (Foto: Courtesy of puhhha©123RF.com)







- RELATED ARTICLE -