• Cara Merawat Pori-Pori Agar Wajah Tampak Halus

    Beauty / Tips


    Cara Merawat Pori-Pori Agar Wajah Tampak Halus

    Demi mendapat tekstur wajah idaman, rekomendasi merawat pori-pori wajah berikut patut Anda simak.


    Tak seperti jerawat yang biasanya datang dan pergi, tampilan pori-pori besar mungkin akan selalu ada. Pori-pori adalah bagian dari kulit yang tak mungkin dihilangkan, namun tampilannya bisa disamarkan melalui perawatan yang tepat.

    Jika Anda tak merawat pori-pori dengan baik, memang tampilannya bisa terlihat semakin jelas (atau diameternya membesar) seiring dengan berjalannya waktu. Saat diameter pori-pori membesar, ia juga menjadi lebih mudah tersumbat. Bila pori-pori sudah tersumbat, hal ini akan memicu berbagai masalah kulit seperti blackheads, whiteheads dan jerawat.  

    Berita baiknya, meskipun tampilan pori-pori bisa saja dipengaruhi oleh faktor genetik, Anda tetap bisa menyamarkan tampilannya atau memperkecil diameternya dengan perawatan yang tepat sasaran. Berikut Bazaar bagikan beberapa cara untuk merawat pori-pori demi tampilan kulit idaman.

    Untuk Membersihkan Penyumbatan Pori-pori

    Gunakan Perawatan Acid

    Memang benar, menggunakan perawatan acid secara berlebihan akan merusak kulit. Namun, alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA) adalah dua kandungan ajaib ketika berbicara tentang membersihkan pori-pori. 

    Kedua kandungan ini terbukti dapat mengangkat kotoran di pori-pori dan mengeksfoliasi kulit secara ringan demi tampilan yang lebih segar. AHA bekerja di bagian terluar kulit untuk mencerahkan dan menghaluskannya serta meningkatkan toleransinya terhadap kondisi kering juga sensitif. Sedangkan BHA bekerja lebih dalam untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga membuatnya sangat baik digunakan di kulit berminyak cenderung berjerawat. 

    Jika Anda bingung mulai dari mana, cobalah toner dengan kedua kandungan tersebut untuk digunakan di pagi dan malam hari. Cukup pulaskan menggunakan kapas setelah mencuci wajah, kulit akan senantiasa terasa segar dan bebas dari pori-pori tersumbat.

    Coba: Some by Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner, www.beautyhaulofficial.com, 175.000 rupiah



    Untuk Menyamarkan Tampilan Pori-Pori

    Gunakan Perawatan Retinol

    Bukti lebih lanjut bahwa retinol adalah jenis kandungan yang ajaib, ia tak hanya mampu menyamarkan kerutan dan mencerahkan vlek hitam, namun juga bisa menghilangkan jerawat dan memperkecil tampilan pori-pori. Hasil akhirnya dapat merangsang produksi kolagen dan mengurangi produksi minyak yang akan berujung pada tampilan kulit lebih halus, minim breakout dan komedo, serta pori-pori yang kecil.

    Karena retinol bisa saja menyebabkan iritasi pada tahap awal pemakaian, Anda bisa memilih formula yang ringan. Mulai juga dengan aplikasi satu kali dalam seminggu, dua kali selama dua minggu, tiga kali selama tiga minggu, hingga akhirnya bisa menggunakannya setiap malam.

    Coba: SAMPAR Poreless Magic Peel, www.beautybox.co.id, 480.000 rupiah


    Aplikasi Tabir Surya yang Tepat

    Menggunakan tabir surya adalah kewajiban sebelum meninggalkan rumah. Beberapa di antara Anda mungkin khawatir tabir surya yang digunakan dapat menyumbat pori-pori hingga menyebabkan komedo. Maka dari itu, memilih tabir surya yang tepat adalah kunci tampilan kulit sehat.

    Sinar matahari dapat merusak kolagen alami kulit yang bertugas menjaga kekencangan dan elastisitas kulit sehingga tampilan pori-pori sering terlihat lebih besar setelah terpapar sinar matahari. Aplikasikan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 setiap hari sebelum meninggalkan rumah.

    Coba: Supergoop! Unseen Sunscreen SPF 40, www.sephora.co.id, 229.000 rupiah



    (Foto: Courtesy of beautyhaulofficial.com, beautybox.co.id, sephora.co.id)
























- RELATED ARTICLE -