Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kesehatan

Temukan berbagai macam kegunaan aloe vera dalam merawat tubuh Anda, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki!

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kesehatan

Sebagai tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan, lidah buaya menawarkan begitu banyak manfaat yang tak boleh diremehkan begitu saja. Sedari dulu, getah aloe vera telah banyak diracik sebagai ramuan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit ataupun sekadar menjaga vitalitas tubuh.

Baik untuk dioleskan maupun dikonsumsi secara internal, lidah buaya bersifat serbaguna dan dapat dipergunakan sedemikian rupa sebagai solusi dari beragam masalah kesehatan. Apa saja manfaatnya? Baca terus ulasan Bazaar


1. Menyehatkan rambut

Kini, ekstrak aloe vera telah banyak digunakan sebagai bahan baku sampo dan juga berbagai produk perawatan rambut seperti contohnya hair tonic, masker, dan kondisioner karena manfaatnya yang dipercaya mampu menyuburkan kulit kepala sekaligus menutrisi helaiannya.

Tidak hanya itu, cairan kental yang dihasilkan oleh daun lidah buaya pun dikatakan ampuh mengurangi ketombe! Jika kebetulan Anda menanam tanaman ini di rumah, yang tinggal Anda lakukan hanyalah memotong daun lidah buaya tersebut untuk mengeluarkan getahnya dan mengaplikasikannya ke permukaan kepala.

Atau, Anda juga bisa membeli aloe vera yang sudah dikemas dalam bentuk gel dan dijual secara luas di toko-toko. Akan tetapi, pastikan produk tersebut memiliki persentase lidah buaya yang tinggi. Jika perlu, pilih yang mengandung formulasi aloe vera sebanyak 100 persen.


2. Meredakan nyeri pada kulit yang terbakar matahari

Sejak lama, lidah buaya memang kerap dimanfaatkan guna menenangkan kulit yang perih akibat paparan sinar ultraviolet saat terlalu lama berjemur. Efek sejuknya sanggup mendinginkan permukaan wajah dan tubuh yang terbakar sehingga terasa jauh lebih nyaman. 


3. Membantu mengatasi jerawat

Saat ini, memang sudah banyak tersedia obat jerawat yang dijual secara luas di apotek dan berbagai pusat perbelanjaan. Namun, tentu saja tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba cara alami untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Selain rajin membersihkan wajah secara teratur, Anda juga dapat mencoba produk berbahan dasar lidah buaya yang ampuh dalam hal membasmi jerawat berkat komponen antibakteri di dalamnya.

Sejumlah penemuan ilmiah menyatakan bahwa gel aloe yang diaplikasikan pada pagi dan malam hari mampu membantu meredakan jerawat di wajah. Tak hanya aman untuk digunakan bahkan jika Anda sedang memakai obat jerawat dari dokter seperti tretinoin (Retin-A, Atralin, dan lain sebagainya) sekalipun, metode ini malah diklaim bisa menjadikan resep dokter tersebut semakin efektif.


4. Meremajakan kulit

Jika Anda ingin mencari skincare yang sanggup memecahkan segala masalah kulit, mungkin ada baiknya untuk mencari bahan aloe vera pada daftar komposisinya. Berdasarkan hasil riset, tumbuhan lidah buaya terbukti mampu melembapkan wajah dan juga berpotensi meningkatkan produksi kolagen sehingga membuatnya terasa lebih halus dan bercahaya.

Selain itu, perawatan dengan sari pati aloe vera juga bisa membantu menyamarkan keriput dan terbilang sangat efisien untuk mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru. Hasilnya, wajah pun tampak kenyal dan senantiasa awet muda!


5. Menyembuhkan luka 

Sebuah riset membuktikan bahwa aplikasi gel lidah buaya dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar tahap pertama (first-degree burns) sampai tahap kedua (second-degree burns). Konon, aloe vera juga mampu meringankan luka tersayat atau tertusuk hingga ruam dan memar maupun gigitan serangga termasuk gejala gatal-gatal serta kemerahan pada kulit.


6. Melancarkan pencernaan

Berkat senyawa aloin atau sering disebut pula dengan barbaloin yang terkandung di dalamnya, aloe vera yang diasup melalui oral memiliki efek sama seperti obat pencahar. Oleh karenanya, jangan heran bila lidah buaya bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti konstipasi hingga memperlancar buang air besar. 


7. Menurunkan gula darah

Menurut banyak laporan ilmiah, konsumsi aloe vera rupa-rupanya bisa menstabilkan tingkat gula darah sekaligus pula mengatasi keluhan pada penderita diabetes. Di samping itu, lidah buaya juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. 


(Foto: Yana Gayvoronskaya©123rf.com)