• Sunblock VS Sunscreen

    Beauty / Tips


    Sunblock VS Sunscreen

    Melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari merupakan hal yang sangat esensial. Tidak hanya k


    Sebelum memutuskan untuk membeli produk pelindung tabir surya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui perbedaan antara sunblock dengan sunscreen yang kerap ditemukan di toko kecantikan atau pasar swalayan. Kedua produk itu memang berbeda namun memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Bazaar memaparkan perbedaan-perbedaan tersebut sebagai panduan dalam mencegah kulit dari dampak negatif akibat paparan matahari, seperti berikut ini:

    Sunscreen memiliki bahan kimia yang bertindak hanya sebagai filter sehingga sinar ultraviolet (UV) masih memungkinkan untuk terserap ke dalam kulit dan hanya sebagaian yang terhalangi masuk ke dalam kulit. Selain itu sunscreen juga masih berpotensi merusak lapisan atas kulit. Sebaiknya sunscreen digunakan ketika tidak beraktivitas di luar ruangan. Namun apabila Anda tetap ingin menggunakan sunscreen, maka oleskan 30 menit sebelum bepergian, tunggulah sampai menyerap ke dalam kulit.

    Sebaliknya, sunblock mampu menghalangi sinar UV masuk ke dalam kulit dengan cara memantulkan kembali. Sunblock mengandung bahan aktif berupa titanium atau zinc oxide yang menjadikan tekstur sunblock lebih padat dan tebal ketika diaplikasikan ke kulit. Namun sekarang ini sudah banyak produk sunblock yang menawarkan formula yang lebih ringan sehingga nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

    (Ardani Sesotyasari, Foto: Stokkete / Shutterstock / Click Photos)











- RELATED ARTICLE -