• Resep Masker Alami untuk Segala Masalah Kulit

    Beauty / Tips


    Resep Masker Alami untuk Segala Masalah Kulit

    Tengok dapur Anda sekarang juga dan temukan beragam ramuan ampuh untuk mempercantik kulit.


    Jika mengaku sebagai beauty junkie, Anda pasti sudah memahami benar manfaat dari aplikasi masker untuk kecantikan wajah. Dewasa ini, aneka macam produk facial mask memang sudah sangat mudah didapatkan di pasaran.

    Namun, siapa sangka jika beberapa materi seperti bahan makanan di rumah Anda pun juga sebetulnya sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai masker wajah saat Anda sedang kehabisan produk atau mungkin karena sekadar ingin merasakan sendiri khasiat tertentu dari komposisi alami tersebut.

    Khusus bagi Anda yang penasaran, simak kompilasi resep masker wajah yang telah disusun oleh Bazaar berikut ini. Jangan khawatir, semuanya bisa Anda kerjakan dalam waktu yang relatif singkat serta praktis untuk dibuat. Selamat mencoba!


    1. Masker untuk kulit berminyak

    Kocok putih telur mentah dengan jeruk peras secukupnya. Adapun Anda dapat memakai jeruk nipis ataupun limau. Kemudian, aplikasikan pada wajah dengan cara menggunakan kuas.

    Boleh saja jika Anda ingin langsung mengenakan masker ini ke muka, namun pastikan Anda telah mencuci tangan dengan sabun sebelumnya. Tunggu hingga kurang lebih seperempat jam atau sampai benar-benar kering.

    Sesudahnya, bilas dengan memakai air bersuhu suam-suam kuku. Putih telur sejak dulu dipercaya ampuh untuk mengencangkan pori-pori kulit sehingga membuat tampilannya tampak lebih tersamar. Sedangkan, komponen yang ada pada buah sitrus memiliki khasiat untuk membantu mencerahkan rona wajah.


    Baca juga: Tips agar Riasan Tahan Lama pada Kulit Berminyak


    2. Masker untuk kulit sensitif

    Kombinasikan dua sendok yogurt tanpa rasa dengan sesendok teh madu dan seperempat cangkir oat yang telah dihaluskan dengan menggunakan coffee grinder ataupun chopper. Oleskan pada kulit yang bersih dan kering lalu diamkan selama kira-kira 15 hingga 20 menit.

    Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih dan tepuk-tepuk wajah dengan menggunakan handuk sampai terasa kesat serta sedikit lembap. Komponen dalam oat berfungsi menenangkan dan menyejukkan kulit kapan pun dibutuhkan. Sedangkan, komponen yang terdapat di dalam yogurt dan madu berfungsi untuk menambah asupan gizi ke dalam kulit.


    Baca juga: Tip Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif


    3. Masker anti-aging

    Tip dari ahli gizi Keri Glassman yang juga merupakan pengarang buku The Snack Factor Diet khusus bagi Anda yang ingin selalu tampil awet muda, lumatkan satu buah pisang sebelum dicampur dengan lima butir kacang almond yang telah diparut.

    Diamkan sebentar pada wajah, kemudian gosok-gosokkan secara lembut untuk mengeksfoliasi kulit agar permukaannya terasa lebih lembut sehingga mampu mencegah penampakan keriput. Tidak hanya itu, ternyata vitamin yang terdapat di dalamnya pun diklaim dapat menjauhkan sejumlah faktor penuaan dini lainnya seperti garis-garis halus.


    Baca juga: Produk Antipenuaan Terbaik Pilihan Bazaar


    4. Masker untuk kulit kering

    Jika wajah Anda kerap terasa “retak” dan tampak kusam, boleh jadi kulit Anda tergolong sangat kering. Untuk menyiasati masalah tersebut, triknya sebetulnya mudah saja.

    Iris sebuah tomat ceri dan usapkan permukaan dalamnya ke seluruh bagian wajah. Ingat, fokuskan ke bagian kulit yang terasa paling membutuhkan nutrisi. Sesudahnya, diamkan sejenak terlebih dulu sebelum dibilas sampai benar-benar bersih. Rasakan sensasi segar dan kulit yang lebih bersinar setelah Anda mencuci muka!


    Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Sebelum Memulai Makeup


    5. Masker untuk hiperpigmentasi

    Apakah Anda sering terganggu dengan kemunculan bercak-bercak hitam pada wajah? Saatnya untuk menjajal masker susu! Caranya sangat simpel, yaitu dengan merendam kapas wajah ke dalam susu secukupnya dan langsung dioleskan pada kulit terutama pada bagian yang memerlukan.

    Biarkan semalaman dan basuh saat keesokan paginya. Senyawa asam laktat dalam susu memang dipercaya sanggup mencerahkan wajah secara efektif sehingga jika diaplikasikan secara teratur, boleh jadi potensial untuk menghilangkan pigmentasi kulit yang kurang merata.

    Tak hanya susu sapi segar, Anda juga dapat menggunakan krim masam, susu kambing ataupun bubuk untuk melakukan perawatan ini. Pastikan pula susu yang digunakan bukan merupakan susu rendah lemak, karena Anda justru membutuhkan kandungan tersebut demi menambah tingkat kekenyalan wajah. Untuk manfaat yang lebih baik lagi, Anda juga dapat mencampurkan konten dari kapsul vitamin E ke dalam masker tersebut. Moist!


    Baca juga: Tentang Freckles, Melasma, dan Hiperpigmentasi



    (Foto: milkos©123rf.com)



    Tags : masker






- RELATED ARTICLE -