• Beauty / Tips

    Tips agar Riasan Tahan Lama pada Kulit Berminyak


    Tips agar Riasan Tahan Lama pada Kulit Berminyak

    Tips agar makeup dapat membaur sempurna jika wajah Anda tergolong berminyak.


    Tips di bawah ini bisa Anda pergunakan agar makeup lebih bertahan lama di wajah sehingga Anda pun tak perlu sering-sering touch up. Intinya, tak perlu khawatir akan riasan yang lekas luntur bahkan apabila kulit Anda cenderung memproduksi minyak secara berlebih!

    Apa saja triknya? Mari simak artikel Bazaar di bawah ini. 


    1. Mempersiapkan wajah secara optimal

    Ingat, kompleksi kulit yang terawat dengan baik adalah sama pentingnya dengan aplikasi riasan setelahnya. Sebelum merias, ada baiknya Anda mencuci muka terlebih dulu dengan menggunakan pembersih wajah dengan kandungan salicylic acid yang berfungsi untuk mengangkat kelebihan sebum dari permukaan kulit.

    Setelah wajah bersih kesat, jangan ragu jika ingin mengoleskan pelembap. Akan tetapi, sebaiknya pilihlah produk bertekstur serum yang relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan bentuk krim. Sebaiknya, biarkan sebentar hingga terserap dengan sempurna sebelum Anda mulai merias wajah.


    Baca juga: Concealer Terbaik Rekomendasi Bazaar


    2. Mengenakan primer

    Sebelum mulai mengaplikasikan makeup, andalkan produk primer kesayangan Anda supaya riasan tetap menempel dengan lebih awet. Fokuskan aplikasinya pada T-zone yaitu di area dagu, hidung, dan juga dahi.

    Selain itu, gunakan pula primer khusus untuk area mata sebelum pemakaian eyeshadow. Anda dapat memilih produk bertekstur matte agar mencegah tampilan yang terlampau mengilat.

    Sebagai catatan, hindari menggunakan concealer pada kelopak mata jika Anda tidak ingin menimbulkan garis-garis halus yang mengganggu penampilan nantinya! 


    3. Menghindari pemakaian bedak yang terlampau tebal

    Baik disadari maupun tidak, pemilik kulit berminyak mungkin terbiasa untuk menambahkan bedak secara terus-menerus. Namun sebetulnya, hal ini malah justru dapat memicu pori-pori untuk menghasilkan lebih banyak sebum.

    Sebaiknya, sapukan bedak berwarna natural secara tipis-tipis saja.


    Baca juga: Kenali Jenis Bedak Wajah Menurut Kegunaannya


    4. Membawa oil blotting paper

    Saat tengah beraktivitas, tak ada salahnya untuk mempersiapkan kertas minyak dalam kemasan kecil di dalam tas. Namun, jangan memakainya secara berlebihan. Apabila memang dirasa perlu, gunakan secukupnya saja dengan cara menepuk-nepuk muka dengan lembut.

    Jika Anda mendapati bagian wajah yang sangat berminyak, tekan produk secara perlahan di atas area tersebut dan tahan selama beberapa saat.


    5. Memilih produk yang ringan, waterproof, dan tidak menyumbat pori-pori

    Last but not least, pakailah produk makeup yang berlabel oil-free dan non-comedogenic baik itu dalam hal penggunaan primer, foundation, BB cream, tabir surya, blusher, maupun bedak.

    Hal ini penting untuk menghindari riasan yang terlihat terlampau “berat” di muka. Selain itu, tipe kosmetik tersebut biasanya sudah diracik secara khusus agar formulasinya tidak menyumbat pori-pori.

    Selanjutnya, pastikan pula Anda menggunakan eyeliner yang kedap air agar pigmentasinya tidak cepat pudar. 


    (Foto: edwardderule©123rf.com)