• Cara Mengatasi Kulit Kering Sebelum Memulai Makeup

    Beauty / Tips


    Cara Mengatasi Kulit Kering Sebelum Memulai Makeup

    Jika Anda memiliki jenis kulit kering dan kerap kesulitan dalam merias diri, Bazaar punya sederet tips berikut ini.


    Permukaan wajah yang terasa kasar atau bahkan tampak bersisik merupakan momok yang cukup mengganggu, terlebih saat akan mengaplikasikan kosmetik. Trik makeup berikut ini bisa diaplikasikan tanpa perlu khawatir wajah Anda akan kehilangan kelembapannya. 

    Alas bedak yang terasa tertarik dan malah memperjelas garis-garis halus maupun keriput pada wajah atau bahkan bibir yang tampak mengelupas merupakan beberapa tanda-tanda yang mungkin sering dialami oleh para pemilik kulit kering. Merasa familiar dengan gejala tersebut? Simak kiat-kiat Bazaar untuk menyiasatinya! 


    1. Scrub wajah dengan teratur

    Kulit yang sehat sebetulnya kerap dimulai dari langkah-langkah mudah dan sederhana, salah satunya yakni dengan melakukan eksfoliasi secara berkala.

    Sebanyak sekali seminggu, gosok-gosokkan campuran sederhana dari madu dan gula pada wajah dan tak lupa bibir Anda. Sementara komponen gula mampu meluruhkan sel-sel kulit mati yang membandel, gizi yang terkandung dalam madu berkhasiat untuk membuat permukaannya lebih lembut. 


    Baca juga: 10 Facial Scrub Favorit Bazaar


    2. Selalu aplikasikan pelembap sebelum mulai merias

    Hidrasi wajah secara menyeluruh, terutama saat akan mengenakan makeup, sangat penting untuk Anda lakukan setiap harinya. Mulai dari wajah hingga leher sampai ke atas dada, oleskan serum dan juga moisturizer dengan senyawa asam hyaluronat yang sanggup membantu menyeimbangkan kelembapan alami kulit.

    Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ritual pemakaian sheet mask sebelum aplikasi makeup guna menutrisi kulit sehingga hasil akhir riasan pun akan terlihat lebih bercahaya. 


    Baca juga: 10 Moisturizer Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


    3. Pakai alas bedak dengan formulasi yang melembapkan

    Saat akan menghadiri acara resmi, usapkan foundation berbentuk krim atau alas bedak yang cenderung cair. Tinggalkan produk bertajuk oil-free dan pastikan foundation Anda mengandung komponen minyak di dalamnya.

    Sebagai alternatif, Anda juga dapat memanfaatkan kosmetik berjudul HD yang kini banyak tersedia di pasaran. Pasalnya, HD makeup memang didesain secara khusus untuk mengisi kerutan pada wajah sehingga mampu menjadikan kompleksi kulit yang lebih kenyal.

    Sedangkan untuk riasan sehari-hari, Anda bisa menggunakan tinted moisturizer ataupun BB cream yang diaplikasikan setelah pelembap. 


    Baca juga: Foundation Terbaik Pilihan Bazaar


    4. Berhati-hati dalam pemakaian bedak

    Kulit yang kering biasanya tak lagi memerlukan aplikasi compact powder atau semacamnya. Jika wajah Anda terasa berminyak di daerah-T, atasi dengan sedikit bedak tabur yang dipulas dengan menggunakan kuas lembut hanya di area dahi, hidung, dan dagu saja. 


    5. Lakukan touch up ringan

    Saat tengah hari atau setiap kali Anda merasa bahwa kulit mulai kehilangan kelembapannya, semprotkan hydrating toner agar mencegah riasan wajah yang terkesan “retak”.


    6. Hindari produk-produk tertentu

    Baik produk bertekstur matte maupun formulasi makeup yang bertajuk long-wearing, keduanya hanya akan memperparah problem kekeringan. Jika ingin menggunakan lipstik, kenakan pemulas bibir dengan finishing yang cenderung glossy.


    (Foto:  Irina Bogolapova©123RF)




- RELATED ARTICLE -