Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Produk Antipenuaan Terbaik Pilihan Bazaar

Tak usah repot mencoba perawatan kulit ke sana kemari. Temukan ramuan awet muda Anda di sini!

Produk Antipenuaan Terbaik Pilihan Bazaar

Seiring berjalannya usia, terutama selepas usia 20-an tahun, kulit Anda tak lagi memiliki kemampuan regenerasi sel-sel yang cepat seperti saat masih remaja. Oleh karenanya, tak ada salahnya apabila Anda telah menginisiasi perawatan anti-aging sejak sedini itu.

Namun, apa saja kriteria yang perlu Anda cari saat memilih skincare bertajuk antipenuaan? Tak usah bingung, sebab Bazaar telah memilihkan ragam formulasi yang terdepan untuk dijajal.


1. Tabir surya

Guna menghindari efek buruk dari paparan matahari berupa hiperpigmentasi atau keriput dan lain sebagainya, tentunya Anda harus mengenakan sunscreen yang mampu memberikan perlindungan menyeluruh terhadap sinar ultraviolet baik UVA maupun UVB.

Sebagai catatan, upayakan agar Anda selalu memilih sunblock yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 dan jangan pernah lupa untuk mengusapkannya ke kulit setiap hari baik saat cuaca cerah maupun hujan sekalipun! 

Rekomendasi: Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense SPF 50 PA++++, 590.000 rupiah



Baca juga: Tentang Freckles, Melasma, dan Hiperpigmentasi

2. Skincare dengan kandungan antioksidan

Berkurangnya elastisitas kulit merupakan salah satu gejala penuaan yang semestinya dihindari. Untuk itu, pastikan Anda tak pernah malas melembapkan wajah dan tubuh agar kekenyalannya tetap terjaga dengan baik!

Ada banyak sekali komponen antioksidan yang biasanya terdapat dalam produk perawatan kulit. Jadi, jangan hanya terpaku pada satu jenis saja. Untuk meraih hasil maksimal, carilah serum yang diperkaya dengan campuran berbagai macam antioksidan.

Beberapa komposisi yang disarankan antara lain vitamin C, vitamin E, resveratrol, dan juga ekstrak teh hijau dengan khasiatnya untuk membantu mengatasi kekenduran kulit.

Rekomendasi: Lancôme Genifiqué Sensitive Dual Concentrate, 1.250.000 rupiah 



Baca juga: Pilihan Produk Serum Vitamin C Rekomendasi Bazaar


3. Produk untuk eksfoliasi 

Guna mengenyahkan sel-sel kulit mati tanpa mengekspos kulit terhadap tekstur abrasif dari scrub, kenakan exfoliant yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid) atau BHA (beta hydroxy acid). Maka dari itu, ada baiknya apabila Anda memperhatikan daftar komposisi terlebih dulu sebelum membeli produk perawatan kulit.

Biasanya, jenis BHA yang paling sering digunakan ialah salicylic acid. Sedangkan, macam-macam AHA yang direkomendasikan biasanya meliputi asam laktat ataupun glycolic acid. Keduanya kurang lebih berfungsi untuk membantu mengatasi masalah kulit seperti kekeringan, keriput, dan dehidrasi.

Hasilnya, permukaan wajah Anda akan terasa lebih lembut dan awet muda dengan pemakaian secara teratur.

Rekomendasi: Pixi Glow Tonic, www.omorfo.id, 786.500 rupiah



Baca juga: Eksfoliasi Alami dengan “Facial Scrub” Buatan Sendiri


4. Perawatan berformulasi retinol

Retinol termasuk salah satu komposisi yang ampuh menyamarkan garis-garis halus, mengencangkan dan mencerahkan kulit, hingga memperbaiki teksturnya. Namun, seberapa kuat formulasi retinol yang Anda butuhkan untuk merawat wajah?

Supaya tetap aman, sebaiknya Anda memulai dari yang persentasenya relatif rendah terlebih dulu misalnya 0,01% saja. Jangan khawatir, retinol meski hanya 0,01% pun masih terbilang efektif untuk meminimalisasi tanda-tanda penuaan dini sekaligus menyehatkan kulit wajah. Jika sudah mulai terbiasa seiring dengan penggunaan secara berkala, Anda baru bisa memilih yang kadarnya lebih tinggi. 

Rekomendasi: Paula’s Choice RESIST Intensive Repair Cream, price by request 



5. Serum dengan Alpha-Lipoic Acid

Sebagai salah satu senyawa penting yang membentuk tubuh Anda, Alpha-Lipoic Acid (ALA) memiliki fungsi untuk memerangi radikal bebas yang dapat memicu gejala penuaan dini seperti kerutan pada permukaan kulit.

Selain itu, substansi ini juga sanggup menyamarkan pori-pori besar hingga menjadikan kulit tampak lebih bercahaya. Istimewanya lagi, Anda biasanya akan melihat hasil yang dramatis hanya dalam sekali aplikasi. Umumnya, perawatan ini dianjurkan untuk dikenakan saat malam hari sebelum tidur agar paginya Anda langsung bisa mendapati wajah yang tampak segar dan bersinar.

Oleh karena kapasitasnya yang kuat, produk dengan ALA biasanya hanya digunakan sesekali saja yaitu dua hingga tiga kali dalam seminggu. Ditambah dengan harganya yang terjangkau, Anda pun dapat sangat menghemat pemakaian!

Rekomendasi: The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5%, www.benscrub.com, 229.000 rupiah



(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of Caudalie, Kiehl’s Indonesia, Lancôme, The Ordinary, Deciem, Paula’s Choice)