• Cantik Alami dengan Khasiat Minyak Zaitun

    Beauty / Tips


    Cantik Alami dengan Khasiat Minyak Zaitun

    Bersama Bazaar, mari menguak berbagai manfaat olive oil sebagai sumber nutrisi bagi kecantikan sekaligus kebugaran tubuh Anda.


    Kegunaan minyak zaitun untuk sebagai bahan perawatan kecantikan tentu tak boleh dipandang dengan sebelah mata. Hal ini terbukti pula dari sekian banyak produk yang memasukkan tersebut ke dalam formulasinya.

    Tidak hanya itu, minyak yang diektraksi dari buah zaitun dan berasal dari wilayah Mediterania ini rupa-rupanya juga lazim dipergunakan untuk pengobatan holisme. Apa saja manfaat yang dapat Anda tuai dari olive oil ini? Simak artikel berikut.

    1. Menjaga kehalusan kulit

    Minyak zaitun dikenal membawa beragam manfaat antioksidan yang berkhasiat untuk kulit Anda. Dengan cara mencegah kerusakan sel, substansi tersebut pada akhirnya mampu melawan tanda-tanda penuaan dini sehingga menjadikan tampilan wajah Anda senantiasa lebih kenyal dan terlihat awet muda.

    Saat diusapkan ke permukaan kulit secara teratur, minyak zaitun sanggup melembutkan kulit dan menambah elastisitasnya termasuk pada bagian yang seringnya tampak retak-retak seperti tumit maupun siku.

    Extra virgin olive oil, misalnya, terdiri dari 80 persen oleic acid yang bisa mengatasi masalah kekeringan kulit sekaligus memperbaiki teksturnya. Hal ini disebabkan karena tekstur minyak zaitun yang sangat gampang terserap hingga bagian dalam kulit.

    Jika Anda pribadi merasa teksturnya terlalu berminyak saat dioleskan ke wajah maupun tubuh, sebuah studi di Prancis menunjukkan bahwa minyak zaitun maupun minyak sayur yang dikonsumsi lewat mulut pun tak kalah bermanfaat untuk kesehatan kulit.

    Asupan minyak nabati tersebut diklaim mampu mengurangi kulit yang mengendur serta mencegah kemunculan keriput akibat paparan radiasi sinar ultraviolet. Pemakaian minyak ini juga terbilang aman bagi pemilik kulit sensitif karena sifatnya yang natural sehingga mengurangi kemungkinan akan reaksi alergi. Kendati demikian, minyak zaitun tetap tidak disarankan untuk dioleskan pada kulit yang sedang berjerawat.


    2. Membantu menurunkan bobot tubuh

    Jangan pernah ragu untuk menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan Anda sehari-hari. Tak seperti minyak lainnya, minyak nabati satu ini ternyata cukup tersohor akan kemampuannya untuk menyusutkan berat badan dan menghindarkan Anda dari risiko obesitas. Sebaiknya, pilihlah produk berlabel extra virgin olive oil yang diproses dengan metode cold pressed untuk hasil terbaik. 


    3. Membersihkan makeup

    Kehabisan makeup remover? Tak usah repot-repot membelinya lagi ke pasar swalayan. Langkahkan saja kaki Anda ke dapur dan gunakan olive oil sebagai gantinya.

    Faktanya, minyak zaitun sangat efektif untuk menghapus sisa riasan dan kotoran yang menempel di muka. Bonusnya, kulit Anda tak berpotensi kering atau seperti tertarik setelahnya. Malah, wajah pun akan lebih berseri dibuatnya!


    4. Menyehatkan rambut

    Apakah Anda memiliki masalah rambut yang kusam ataupun susah diatur? Hal ini bisa jadi disebabkan oleh penggunaan produk sampo atau kondisioner komersil dengan kandungan sulfat yang kerap menghilangkan kelembapan alami rambut.

    Untuk mengembalikan keindahan rambut, tak ada salahnya untuk mengaplikasikan alternatif lain yang lebih natural seperti minyak zaitun. Usapkan olive oil secukupnya pada ujung-ujung rambut yang terasa rapuh ataupun bercabang seperti layaknya Anda menggunakan conditioner pada umumnya.

    Lakukan rutinitas ini secara berkala setiap minggunya dan raihlah helaian yang senantiasa ternutrisi dan lebih berkilau sekaligus mudah ditata. 


    5. Mencegah kanker payudara

    Jadikan makanan Anda obat atau Anda akan menjadikan obat makanan Anda. Salah satu asupan terbaik yang dapat bekerja untuk terapi semacam ini tentunya adalah minyak zaitun. Sejak zaman kuno sekalipun, minyak alami ini acap kali digunakan sebagai bagian dari pola diet sehat yang terbukti dapat menjauhkan berbagai penyakit.

    Dalam hal ini, kanker payudara bukanlah pengecualian. Sejumlah riset telah menyimpulkan bahwa konsumsi minyak zaitun secara rutin dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit mematikan tersebut.

    Sebab, komponen penyusun olive oil telah terbukti dapat mencegah pertumbuhan sel-sel tumor di payudara. Adapun jumlah yang disarankan untuk dapat meraih manfaat optimal dari minyak zaitun adalah sebanyak dua hingga tiga sendok makan dalam sehari.  

     (Foto: Lightfieldstudios©123rf.com) 


    Baca Juga:

    Solusi Membersihkan Wajah Paling Efektif Masa Kini 

    Perawatan Paling Tepat untuk Kulit Sensitif











- RELATED ARTICLE -