• 8 Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah

    Beauty / Tips


    8 Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah
    Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah. Image: Dok. domenicogelermo©123RF.com)

    Inilah 8 manfaat kunyit untuk kulit wajah.


    Kunyit atau kunir merupakan tanaman rempah yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman rempah ini mengandung senyawa kimia berwarna kuning atau curcumin yang mampu mengatasi peradangan. 

    Anda mungkin mengenal kunyit sebagai salah satu bumbu dapur yang memperkaya rasa masakan, tetapi ternyata manfaat kunyit untuk wajah sangatlah banyak. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini!





    1. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Kantung Mata

    Menghilangkan jerawat dapat menjadi hal yang sangat menyulitkan bagi sebagian orang. Setelah jerawat hilang, biasanya akan timbul masalah baru yakni bekas-bekas jerawatnya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena salah satu manfaat kunyit untuk kulit wajah ternyata efektif dalam menyamarkan bekas jerawat berkat sifat anti-radangnya. Tidak hanya noda bekas jerawat, kunyit juga mampu menyamarkan kantung mata. Kandungan curcumin-nya berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang dapat mengurangi produksi melanin berlebih, serta membantu meratakan warna kulit dan mencerahkan bekas luka.


    2. Mencegah Penuaan Dini

    Kunyit memiliki kandungan anti aging yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, seperti garis-garis halus dan kerutan. Antioksidan di dalamnya yang cukup tinggi juga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan sinar UV yang mengakibatkan kerusakan tekstur, elastisitas kulit, dan penuaan dini. Menurut American Academy of Dermatology, masker kunyit memiliki kemampuan untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas.   


    3. Mengatasi Jerawat

    Pada umumnya, jerawat muncul karena adanya perubahan hormon, kelebihan sebum yang menumpuk bercampur dengan bakteri dan pori-pori yang tersumbat. Kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu Anda mencegah timbulnya jerawat dan mengurangi peradangan akibat jerawat


    Rutin menggunakan masker kunyit dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat. Caranya, campurkan satu sendok teh bubuk kunyit murni dengan tiga sendok makan susu dan aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan masker kunyit ke wajah secara merata dan biarkan mengering selama kurang lebih 15 menit. 


    Baca juga : Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

     

    4. Mengatasi Kulit Berminyak

    Manfaat kunyit untuk wajah yang juga tidak kalah baiknya yaitu mengatasi kulit berminyak. Kunyit bermanfaat untuk kulit berminyak, karena dapat membantu mengatur produksi minyak atau sebum di wajah. Minyak berlebih pada wajah juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. 



    5. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati 

    Kunyit memiliki kandungan yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Tekstur kunyit yang lembut, dapat dimanfaatkan sebagai eksfoliator tanpa membuat kulit iritasi.  


    6. Mencerahkan Kulit

    Manfaat kunyit untuk wajah yang berikutnya adalah kemampuan dalam mencerahkan kulit. Caranya, Anda dapat membuat masker dengan campuran bubuk kunyit murni dan air atau gel lidah buaya. Lalu aplikasikan masker secara menyeluruh pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, dan bilas. Lakukan perawatan ini satu sampai dua kali dalam seminggu secara rutin untuk hasil yang maksimal. 


    Baca juga : Cara Membuat Masker Wajah dari Kunyit & Madu


    7. Mengatasi Hiperpigmentasi

    Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit mampu untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit, serta dapat mendinginkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari (sunburn). Kunyit juga kaya akan vitamin C yang dapat menjadikan warna kulit lebih cerah dan merata. 


    8. Menghaluskan Kulit Kering

    Secara alami, kunyit dapat menghidrasi dan merevitalisasi kulit, sehingga mengurangi hamparan kulit yang terasa kering. Untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya terasa lebih halus, campurkan bubuk kunyit murni dengan madu. Lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas. 



    (Foto: Courtesy of domenicogelermo©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -