• 4 Cara Menghilangkan Garis Halus di Sekitar Mata

    Beauty / Tips


    4 Cara Menghilangkan Garis Halus di Sekitar Mata

    Berikut adalah perawatan yang mungkin untuk budget, kesabaran, dan toleransi rasa sakit Anda.


    Meskipun garis wajah di beberapa tempat dan ukuran adalah normal dan alami dalam bertambah usia, tampaknya perasaan terhadap kerutan bukan hal yang menyenangkan.

    Bagi mereka yang berada dalam lingkaran ‘antiaging’, kami membeberkan setiap kemungkinan cara untuk meminimalisir munculnya garis-garis halus, berapapun budget, toleransi rasa sakit, serta kesabaran Anda. Lihat opsi Anda, berikut ini.

    TINGKAT 1: TOPIKAL

    Kecuali krim mata favorit Anda dikemas dengan salah satu bahan berikut, buang dan temukan pelembap (yang pada dasarnya sama persis dengan krim mata, tetapi dalam botol lebih besar) yang secara khusus diformulasikan dengan:

    Vitamin C

    Dokter kulit menyukai vitamin C, dan dengan alasan baik: Sedikit antioksidan “melembutkan bagian kasar, melindungi kulit dari kerusakan, dan memudarkan bekas jerawat dan noda hitam,” ujar Dr. Gohara. Bahkan membantu mencegah garis halus sementara melembutkan garis halus Anda dengan menstimulasi produksi kolagen.

    Kekurangan: Butuh beberapa bulan untuk melihat dampak pada garis halus Anda, dan bahkan kemudian, jangan mengharapkan keajaiban. “Aspek antiaging sebenarnya hanya bonus dalam daftar kelebihan vitamin C,” tambah Dr. Gohara.

    Retinol

    Retinol adalah satu-satunya bahan dalam perawatan kulit yang meningkatkan produksi kolagen dan menghentikan pemecahan kolagen,” ucap Dr. Gohara. Terjemahan: Ini menipu sel Anda untuk berpikir bahwa mereka lebih muda dari yang mereka kira, sehingga mereka bekerja lebih cepat untuk menciptakan kulit segar, cerah, dan tidak berkerut. Dan itu artinya noda hitam, kerutan (bahkan yang dalam), bekas luka, serta jerawat juga akan berkurang.



    Ketahuilah bahwa retinol membutuhkan setidaknya tiga bulan dalam pemakaian konsisten untuk melihat hasil, namun setidaknya itu hasil permanen, dan kemungkinan Anda akan mengalami kekeringan, pengelupasan, bahkan berjerawat (apabila Anda rentan jerawat) dalam satu bulan pertama. Ya, itu tidak menyenangkan, tetapi Anda harus berusaha keras untuk hasil antiaging tersebut.

    Untuk membantu mengurangi efek samping, mulai dengan perlahan: menggunakan retinol satu malam dalam seminggu selama satu minggu, dua kali dalam seminggu selama dua minggu, tiga kali dalam seminggu selama tiga minggu, lalu setiap hari untuk selamanya.


    Asam Hyaluronic

    “Molekul kecil bertidak sebagai spons bagi kulit Anda, menarik air dari udara ke garis halus dan menghaluskan wajah Anda,” ujar Dr. Gohara. Ringan, menghidrasi, bekerja dengan cepat, tanpa iritasi. Satu-satunya kekurangan? Itu hanya sementara, dan tidak akan membantu dengan garis atau kerutan yang lebih dalam.

    TINGKAT 2: BOTOX

    “Botox secara sementara melumpuhkan otot-otot yang membuat Anda kesakitan, yang menyebabkan kerutan dan garis halus Anda untuk rileks dan melunak,” ujar Dr. Gohara. Itu sangat efektif (mulai bekerja dalam beberapa hari), dan selama Anda pergi ke dokter kulit berpengalaman yang bersertifikat, Anda tidak akan berakhir dengan wajah “beku” seperti di film.

    Satu-satunya kekurangan: Itu sementara. Meskipun bergantung pada tingkat metabolisme, botox hanya bertahan selama tiga hingga empat bulan sebelum akhirnya memudar.


    TINGKAT 3: MICRONEEDLING

    Microneedling (alias dermarolling) melibatkan tusukan lubang kecil ke kulit Anda dengan roller tertutup jarum untuk menstimulasi produksi kolagen. “Pada dasarnya merusak kulit Anda untuk menciptakan kulit baru yang lebih muda,” ucap Dr. Gohara.


    “Kedengarannya biadab, namun itu cara paling efektif untuk menangani garis halus dan kerutan.” Dan jangan khawatir, prosedurnya cepat dan hanya sedikit menimbulkan sakit, meskipun terdengar seram.

    Kontra: membutuhkan empat hingga enam minggu perawatan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil cerah dan halus, namun lebih lama untuk pengurangan garis halus. Hal ini juga terlalu keras untuk kebanyakan tipe kulit sensitif, seperti rosacea, eczema, psoriasis, atau jenis kondisi peradangan apa pun.

    Meskipun, ya, Anda dapat melakukan microneedle sendiri di rumah dengan kit DIY, Dr. Gohara memperingatkan: “Anda dapat merusak kulit Anda jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan.” Jadi baiknya dilakukan oleh ahli.

    TINGKAT 4: LASER

    Untuk bagian laser perawatan kerutan: Fraxel. Fraxel (nama merek untuk seluruh laser yang digunakan untuk melapisi kulit Anda) ajaib, mengubah wajah, dan menyakitkan (pada dasarnya seperti karet gelang panas menjetik wajah Anda secara berulang-ulang).


    “Pelapisan ulang laser menggunakan energi panas untuk menciptakan trauma di kulit yang mengarah ke kolagen baru,” ucap Dr. Gohara. Apabila Anda belum tahu, kebanyakan perawatan antiaging merusak kulit untuk membuatnya “lebih baik.”

    Seperti yang Anda harapkan dengan menembakkan laser ke wajah, terdapat beberapa kekurangan: kulit Anda akan terlihat dan terasa seperti terbakar sinar matahari yang parah selama beberapa hari serta memiliki tekstur sandpapery selama satu atau dua minggu.

    Namun setelah itu? Cerah dan halus seperti bayi, atau, pada dasarnya, secerah dan halus seperti kulit Anda 20 tahun yang lalu, sebelum Anda sadar kembali dengan realita hidup.

    (Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Shanara Andari; Foto: Dok. Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -