• Tentang Freckles, Melasma, dan Hiperpigmentasi

    Beauty / Tips


    Tentang Freckles, Melasma, dan Hiperpigmentasi

    Berikut cara untuk mengetahui ketika ‘freckle’ ternyata bisa jadi bukan sekadar freckle.


    Untuk sesuatu yang begitu lumrah, freckles dapat menjadi topik yang kontroversial. Sebuah hadiah genetik dari Mother Nature, freckles telah diterima dan dianut oleh dunia mode dengan warna kulit even-toned yang ideal.

    Freckles, asli maupun palsu, terlihat di catwalk dalam perayaan diversitas. Saat ini, berkat Duchess of Sussex yang memperlihatkan miliknya di hari pernikahan (dan seterusnya), freckles didukung lagi.

    Terlepas Anda menyukainya atau tidak, ada lebih banyak yang harus diketahui daripada hanya mereka dianggap ‘sedang tren’.




    Banyak dari kita yang merujuk pada bintik kecil dan gelap di wajah serta tubuh sebagai ‘freckles’, namun mereka tidak seperti yang terlihat.

    Dokter kulit konsultan, Dr. Daniel Glass dari The Dermatology Clinic, mengungkapkan pada Bazaar bahwa freckles asli sering ditemukan di kulit yang lebih muda sejak kecil.

    “Ada tiga jenis utama pigmentasi kulit, termasuk freckles, tetapi ini berkembang menjadi kondisi kulit yang berbeda saat kita bertambah usia,” jelasnya.

    Bingung? Simak penjelasan dari Dr. Daniel dan dokter kulit ternama Dr. Stefanie Williams mengenai berbagai jenis lesi berpigmen dan marks pada kulit.


    1. Freckles

    “Sebuah freckle adalah area pucat hingga cokelat tua pada kulit dengan border yang buruk. Mereka timbul karena kelebihan pigmen melanin oleh melanosit, yang muncul dalam respon langsung terhadap paparan sinar UV. Respon ini terjadi pada orang-orang dengan varian gen tertentu yang disebut MC1R,” jelas Dr. Daniel.

    “Secara visual, orang-orang dengan varian gen ini memiliki rambut merah dan kulit pucat, serta dapat terbakar matahari lebih mudah dan cepat”.

    Ia menambahkan: “Freckles paling menonjol di bawah matahari, area kulit yang terekspos selama musim panas dan cenderung memudar selama musim dingin.”


    2. Solar lentigines

    Ketika kita tumbuh berkembang, ‘freckles’ kita dapat berubah menjadi solar lentigo, yakni tanda cokelat yang datar, jelas Dr. Daniel.

    “Luka lecet kulit ini cenderung menumpuk seiring bertambahnya usia sebagai akibat dari paparan sinar matahari dan begitu mereka muncul di kulit, mereka tidak akan pudar saat musim dingin.

    Mereka bukanlah sebuah kanker dan dapat tumbuh di mana saja pada tubuh, namun umumnya di lengan bawah, punggung tangan, bahu, serta wajah.

    Solar lentigines yang muncul di akhir pada usia lanjut dikaitkan dengan sinar matahari di tahapan masa kecil.

    Penghindaran matahari, penggunaan broad spectrum, sunscreen yang tinggi, serta pakaian sesuai mengurangi kemungkinan munculnya lesi baru di masa depan.”

    Jika Anda bertanya-tanya apakah sunburn terakhir Anda dapat menyebabkan ini, Dr. Stefanie menjelaskan bahwa sekarang mungkin untuk mengatakan: “Sebelum jenis kerusakan kumulatif dapat dilihat dengan mata telanjang, kita bisa membuatnya terlihat dengan cahaya Wood, seperti scan Visia.”

    Jika mulai mengkhawatirkan, perawatan dapat dilakukan setelahnya, meskipun jenis kulit terang lebih mungkin untuk menunjukkan kerusakan matahari kumulatif bahkan dengan perawatan yang tepat.


    3. Lentigo maligna melanoma

    Freckles dan solar lentigines tidak berbahaya dan benar-benar jinak, namun seringkali sulit untuk mengenali perbedaan antara tanda-tanda ini, serta jenis kanker kulit yang disebut lentigo maligna melanoma,” ujar Dr. Daniel.

    “Jenis kanker kulit ini muncul sebagai lesi yang datar, berwarna cokelat atau hitam, dan berbentuk tidak beraturan, namun tumbuh sangat lambat.

    Ini muncul pada area kulit yang terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, dan lengan bawah. Jadi, jika Anda melihat spot cokelat dengan banyak warna atau border tidak beraturan, penting untuk mencari saran medis sesegera mungkin, karena biopsi mungkin diperlukan.”



    4. Melasma

    Melasma lebih umum pada orang-orang yang mudah mendapat kulit tanned atau yang memiliki kulit olive tipe Mediterania,” tutur Dr. Stefanie.

    “Bercak-bercak pigmentasi yang lebih besar ini berbatas tegas dan terkonfigurasikan dengan aneh. Melasma dapat muncul sebagai tambalan seperti topeng di pipi, pelipis, di atas bibir, dan/atau disebut ‘topeng kehamilan’ karena sering terjadi dengan perubahan hormonal saat ini.”


    5. Hiperpigmentasi pada warna kulit lebih gelap

    “Hiperpigmentasi pasca-inflamasi (PIH) adalah tipe lain dari pigmentasi yang lebih umum pada fototipe kulit yang lebih gelap,” ucap Dr. Stefanie.

    “Ini adalah bercak cokelat membandel yang dipicu oleh inflamasi di kulit, seperti jerawat, eczema, atau trauma.

    Pigmen melanin pada PIH dapat terletak di epidermis, yang lebih mudah untuk diobati, atau mungkin masuk ke dalam dermis papilaris.”


    Kulit Ber-freckles dan Paparan Matahari

    Nasihat bagi mereka yang memiliki kulit ber-freckles adalah menghindari berjemur dan menggunakan sun beds, serta menggunakan sunscreen dengan perlindungan UVB dan UVA (SPF50) saat pergi ke luar di cuaca panas.

    “Anda mungkin hanya membutuhkan 10 atau 15 menit sinar matahari pada wajah dan lengan bawah untuk mendapatkan vitamin D cukup di musim panas,” tutur Dr. Daniel, meskipun tidak semua ahli setuju bahwa Anda harus mengekspos kulit ke matahari untuk mendapatkan vitamin D.

    “Di musim dingin banyak orang di Inggris kekurangan vitamin D dan suplemen dapat menyediakannya,” tambah Dr. Daniel.  


    Pilihan Pengobatan

    Pengobatan tidak diperlukan untuk freckles dan solar lentigines karena tidak berbahaya.

    Namun, jika Anda tidak senang dengan lesi berpigmentasi pada kulit, dokter kulit dapat memberikan rekomendasi berbagai perawatan visual.

    Dr. Daniel menjelaskan, “ini mencakup chemical peels dan cryotherapy (pembekuan nitrogen cair) untuk menghilangkan lesi, perawatan laser, krim pencerah untuk mengurangi penampilan, dan perawatan cahaya yang intens untuk menyeimbangkan tingkat melanin yang tidak merata.

    Jika Anda khawatir tentang perubahan spot berpigmen pada kulit, Anda harus mencari saran dokter kulit, yang juga dapat mengatur eksisi bedah dari setiap lesi yang menjadi perhatian.

    Jadi, begitulah. Saran dari Bazaar adalah untuk menghormati dan jangan menyembunyikan freckles Anda.

    Praktikkan paparan sinar matahari yang aman serta jangan ragu untuk mencari saran medis apabila bentuk mereka berubah. Temui dokter kulit untuk saran lebih lanjut.  


    (Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Shanara Andari; Foto: Dok. Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -