• Mengetahui Masalah Organ Tubuh Dari Letak Jerawat


    Mengetahui Masalah Organ Tubuh Dari Letak Jerawat

    Setiap jerawat pada wajah Anda ternyata memiliki hubungan dengan kesehatan di dalam organ tubuh Anda. Berikut penelusuran Bazaar.


    Menghilangkan jerawat dari wajah bukanlah perkara mudah. Apalagi ketika Anda telah mencoba berbagai cara dari mulai penggunaan produk anti jerawat di rumah hingga perawatan ke dokter kulit, namun jerawat tetap saja muncul.

    Apalagi kerap Anda sadari munculnya jerawat selalu saja di bagian wajah tertentu, semisal dagu yang menjadi tempat favorit jerawat tumbuh.


    Keberadaan jerawat pada wajah ternyata dapat dikaitkan sebagai tanda adanya suatu masalah kesehatan pada tubuh. Maka dari itu Bazaar mencoba merangkum mengenai letak jerawat dan arti dari problem tersebut agar Anda dapat menemukan metode pengobatan yang tepat.

    1. Dahi
    Jerawat yang kerap muncul di bagian dahi pada umumnya menandakan terdapat masalah pencernaan akibat toksin dari kurangnya mengonsumsi air mineral. Maka untuk mengurangi jerawat pada dahi, selain dengan bantuan produk perawatan wajah, hendaknya perbanyak minum air mineral untuk mengeluarkan toksin dari tubuh.

    Selain air mineral, teh hijau juga bermanfaat bagi kulit karena mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menetralisasi racun.

    2. T-Zone
    Area wajah ini berhubungan erat dengan kondisi hati Anda. Apabila Anda kerap menyantap makanan berlemak atau alergi terhadap makanan tertentu, maka jerawat yang muncul di bagian T-zone harus dijadikan sinyal untuk memperbaiki pola makan. Caranya tentu saja dengan perbanyak sayur dan buah, serta menghirup udara segar.

    3. Mata bagian bawah
    Jika ada jerawat di bagian mata, perhatikan kesehatan ginjal Anda. Biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok, konsumsi minuman berakohol, kulit wajah tidak bersih, dan menderita lemah jantung. Atasilah dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dan rutin membersihkan serta merawat wajah.

    4. Pipi bagian atas
    Kesehatan paru-paru Anda berkaitan erat dengan jerawat yang muncul di pipi bagian atas. Bagi Anda yang hidup di kota besar dengan tingkat polusi tinggi, maka kehadiran jerawat di area tersebut kerap sulit dihindari.

    Selain itu, bakteri yang bersarang di telepon genggam atau tidur di atas sarung bantal yang tidak bersih juga memberikan kontribusi terhadap keberadaan jerawat di pipi atas.

    5. Pipi bagian bawah
    Pernahkah terbesit di pikiran Anda kalau kebersihan mulut ternyata berperan besar terhadap jerawat yang muncul di pipi bagian bawah? Ya, masalah mulut terutama gusi Anda sangat mempengaruhi kesehatan wajah di bagian pipi bawah. Maka, sebaiknya rutin menggosok gigi, flossing, dan hindari makanan manis.

    6. Hidung
    Keberadaan jerawat di hidung identik dengan kondisi jantung Anda. Beberapa penyebabnya adalah pencemaran udara, terlalu lama berada di ruangan tertutup yang lembap, masalah pencernaan berujung pembengkakan usus, serta pola makan tidak sehat.

    Selain itu, tekanan darah tinggi juga menjadi faktor munculnya jerawat di hidung. Solusinya adalah rutin berolahraga di pagi hari ketika udara masih segar dan diet sehat.

    7. Telinga
    Jerawat di bagian telinga juga menandakan adanya permasalahan pada ginjal. Bisa jadi tubuh Anda sedang mencoba memberitahukan kalau Anda mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, perbanyak minum air mineral minimal delapan gelas sehari dan hindari konsumsi garam berlebihan.

    8. Dagu
    Apabila Anda memiliki jerawat di dagu, besar kemungkinan disebabkan oleh ukuran usus yang kecil. Dan sama seperti beberapa bagian tubuh lainnya, diet adalah jalan terbaik untuk mengatasinya.

    Sebaiknya hentikan konsumsi dairy product dan makanan dengan minyak berlebihan. Lakukan pola makan sehat dengan memperbanyak buah dan sayuran agar pencernaan senantiasa lancar demi tubuh serta kulit lebih sehat.

    Di samping itu, jerawat di dagu juga dapat disebabkan kondisi hormon akibat stres atau hormon pada wanita yang sedang mengalami ovulasi dan menstruasi.

    9. Leher
    Jerawat pada leher menandakan tubuh Anda sedang melawan bakteri untuk mencegah infeksi. Perbanyak istirahat, lakukan relaksasi, dan minum air mineral yang banyak agar tubuh Anda bugar kembali serta jerawat tidak muncul lagi.

    Banyaknya produk perawatan wajah yang ditawarkan di pasaran memang dapat membantu menghilangkan jerawat. Namun, sebaiknya perhatikan pula letak jerawat pada wajah Anda dan pelajari artinya agar Anda mampu melenyapkan jerawat dari dalam.

    (Foto : Africa Studio/Clickphotos/Shutterstock)


    Baca juga:

    Keampuhan Laser Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

    Makanan Pencegah Jerawat

    Produk Perawatan Untuk Wajah Berjerawat

    Cara Menghilangkan Jerawat di Usia Dewasa

    Pilihan Kosmetik Untuk Kulit Berjerawat

    6 Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak





    Tags :





- MORE STORIES -


Ide Kado Unik Hari Valentine Untuk Segala Usia

Jika Anda bingung mencari kado untuk orang terkasih, Bazaar merekomendasikan sederet produk yang pasti akan disukai oleh para wanita.


5 Kesalahan Makeup Yang Anda Lakukan Tanpa Disadari

Make-up guru Sona Gasparian, mengajarkan Anda untuk mengaplikasikan makeup dengan cara yang tepat


15 Jenis Kuas Makeup dan Urutan Pemakaiannya

Berikut adalah ragam kuas makeup yang perlu Anda ketahui kegunaannya sebelum memulai merias diri.


7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Bazaar merangkum beberapa cara alami yang dapat mengurangi masalah kerontokan rambut menggunakan bahan-bahan di dapur Anda.


Review 4 Lipstik Terbaru di Indonesia

Bazaar mencoba empat lipstik paling baru keluaran YSL, Maybelline, Estée Lauder, dan The Body Shop. Berikut adalah penjabarannya.