• Makanan Pencegah Jerawat


    Makanan Pencegah Jerawat

    Selain produk perawatan wajah, pilihlah jenis makanan yang dapat membantu menlenyapkan jerawat dari dalam.


    Sederet produk anti jerawat yang Anda gunakan memang memberikan pengaruh terhadap perbaikan kondisi kulit wajah. Namun hasilnya akan lebih baik apabila disempurnakan dengan pemilihan makanan yang tepat.

     

    Selain bakteri dan kotoran, sebagian besar jerawat nyatanya disebabkan oleh keadaan hormon di dalam tubuh Anda. Maka dari itu, Bazaar merangkum beberapa makanan yang dipercaya ampuh mengendalikan hormon agar jerawat enggan untuk muncul kembali.

     

    1. Low Fat Dairy Food

    Tahukah Anda kalau dairy products rendah lemak tidak selamanya baik untuk tubuh? Hal itu dikarenakan dairy product menyimpan unsur konsentrat faktor pertumbuhan dan hormon yang cukup tinggi. Maka dengan diturunkan kadar lemak di dalam susu, maka konsentrat tersebut menjadi lebih tinggi sehingga kerap menjadi pemicu munculnya jerawat.

     

    Untuk itu apabila Anda penggemar susu, keju, atau yoghurt baiknya hindari jenis low-fat, kemudian pilihlah yang regular. Apalagi yoghurt sendiri merupakan minuman kaya akan probiotik yang dapat menekan munculnya bakteri penyebab jerawat.

     

     

    2. Perbanyak Sayuran!

    Ya, sayuran adalah menu penting dalam setiap menu makanan. Jika Anda ingin mencegah jerawat, pilihlah sayuran dengan kandungan polyphenols yang dapat membantu meredakan peradangan.

     

    Kandungan tersebut banyak ditemukan pada sayuran berwarna seperti bit, seledri, brokoli, kembang kol, bayam, teh hijau, dan kacang polong.

     

     

    3. Cari Kandungan Antioksidan

    Makanan kaya akan antioksidan juga ampuh mencegah sekaligus mengatasi jerawat. Selain tersimpan di dalam sayuran, buah-buahan seperti aneka berries sangat baik untuk mengusir jerawat, sebut saja blueberry, goji berry, blackberry, serta ceri.

     

    Jadikan sebagai kudapan sehari-hari atau dibuat menjadi jus yang bisa Anda nikmati di mana saja.

     

     

    4. Dark Chocolate

    Anda penggemar cokelat? Konsumsilah dark chocolate. Jenis cokelat tersebut mengandung zinc tinggi yang merupakan unsur pencegah jerawat karena dapat mengontrol produksi hormon. Selain itu, cokelat hitam juga rendah gula sehingga dapat melawan jerawat.

     

    Di samping cokelat, tiram mentah juga menyimpan zinc dan baik bagi tubuh, selama Anda memastikan tiram yang dikonsumsi berasal dari sumber yang terpercaya untuk menghindari kontaminasi bakteri.

     

     

    5. Jauhi Hidangan Pedas

    Hindari makanan pedas yang berlebihan dan makanan dengan bahan rempah-rempah terlalu banyak. Bukan berarti Anda memilih makanan tanpa rasa, namun ternyata makanan dengan aroma dan rasa terlalu tajam dapat memicu munculnya jerawat.

     

    Jika jerawat Anda sedang banyak dan meradang, baiknya hindari makanan yang mengandung banyak cabai bubuk, sambal, serta red pepper flake atau cabai kering.

     

    Atau bila Anda gemar menikmati makanan khas India yang identik dengan pedas dan kaya akan rempah, mintalah untuk kurangi tingkat kepedasan.

     

    Pilih makanan dengan bahan-bahan yang lebih herbal misalnya rosmarin, daun thyme, daun ketumbar, dan peterseli.

     

     

    6. Selamat Tinggal Pasta dan Nasi Putih

    Kurangi konsumsi makanan karbohidrat high-glycemic yang memproduksi insulin karena merupakan salah satu penyumbang faktor penyebab jerawat terbesar. Contoh makanan yang mengandung insulin adalah nasi putih, pasta, white bread, dan gula.

     

    Anda bisa menggantikan nasi putih dengan nasi merah, kemudian pasta dan white bread yang bebas gluten, dan untuk gula pilihlah jenis low-sugar atau bisa juga dengan pemanis alami seperti madu atau dari buah-buahan.

     

     

    Beberapa makanan di atas memang tidak serta merta menyembuhkan jerawat secara instan. Namun, tidak ada salahnya Anda mulai mengatur pola makan dengan menyelipkan makanan di atas dalam menu sehari-hari agar kulit tetap sehat dan tubuh pun senantiasa bugar.

     

    (Foto : Yuganoz Konstatin/Shutterstock.com)

     

    Baca juga :

    Produk Perawatan Untuk Wajah Berjerawat

    Cara Menghilangkan Jerawat di Usia Dewasa

    Pilihan Kosmetik Untuk Kulit Berjerawat

    6 Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak









- MORE STORIES -


15 Jenis Kuas Makeup dan Urutan Pemakaiannya

Berikut adalah ragam kuas makeup yang perlu Anda ketahui kegunaannya sebelum memulai merias diri.


7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Bazaar merangkum beberapa cara alami yang dapat mengurangi masalah kerontokan rambut menggunakan bahan-bahan di dapur Anda.


Review 4 Lipstik Terbaru di Indonesia

Bazaar mencoba empat lipstik paling baru keluaran YSL, Maybelline, Estée Lauder, dan The Body Shop. Berikut adalah penjabarannya.


Cara Ampuh Menghilangkan Komedo

Langsung saja, berikut adalah beberapa langkah untuk mengurangi hingga menghilangkan komedo yang ada di wajah.


Yang Harus dan Tidak Boleh Dalam Mengonsumsi Protein

Ingat, tidak semua protein itu sama