• Beauty / Tips

    Produk Perawatan untuk Wajah Berjerawat


    Produk Perawatan untuk Wajah Berjerawat

    Mencari rekomendasi produk yang dapat mengatasi jerawat? Bazaar memiliki rekomendasinya di bawah ini.


    Siapa bilang jerawat hanya dialami oleh para remaja yang sedang memasuki masa pubertas? Sayangnya, bagi Anda yang telah berusia di atas 30 tahun pun terkadang sulit melarikan diri dari kenyataan bahwa jerawat dapat datang kapan saja tanpa mengenal gender maupun usia.

    Beragam produk yang beredar di pasaran menjanjikan mimpi wajah bebas jerawat. Memang sebagian dari Anda mungkin merasa produk tersebut membuahkan hasil, namun ada juga yang putus asa karena tidak mengalami perubahan yang berarti.

    Jangan dulu Anda menyalahkan produk tersebut, namun hendaknya tanyakan pada diri Anda, apakah Anda sudah memahami jenis jerawat pada wajah Anda? Lalu apakah produknya sudah tepat?

    Pernahkah Anda mendengar pepatah, kenali musuh Anda sebelum berperang? Ya, kalimat tersebut berlaku untuk melenyapkan jerawat. Berikut Bazaar mengumpukan panduan mengenai tipe jerawat sekaligus produk untuk mengatasinya:

     

    1. Komedo hitam (blackheads).

    Ciri-ciri: Pori-pori kulit tersumbat berwarna kehitaman. Pada umumnya komedo hitam terbentuk akibat tumpukan sel-sel mati, bakteri, serta kotoran.

    Cara mengatasi : Eksfoliasi atau gunakan produk yang mengandung retinol. Pilihlah salah satu, jangan melakukan keduanya karena dapat menyebabkan iritasi.

    Untuk eksfoliasi atau face scrub, Bazaar merekomendasikan Kiehl's Pineapple Papaya Facial Scrub, karena memiliki ekstrak butiran pepaya dan nanas sebagai pengangkat sel kulit mati, serta aman digunakan bagi segala jenis kulit.

    Kemudian opsi lain adalah produk dengan kandungan retinol, namun pilihlah yang ditujukan bagi kulit berjerawat, seperti Murad Skin Perfecting Lotion.

    Pelembap ini sangat ringan sehingga cocok untuk Anda dengan kulit cenderung berminyak dan berjerawat. Retinol dalam produk tersebut mampu mengecilkan pori-pori kulit, memperbaiki teksturnya, serta mengobati iritasi atau kemerahan.

     

    2. Komedo putih (whiteheads).

    Ciri-ciri: Umumnya jenis jerawat ini terletak di dalam lapisan kulit dan terbentuk serupa dengan komedo hitam. Hanya saja komedo hitam mudah teroksidasi karena terdapat dekat dengan permukaan kulit, tidak seperti komedo putih.

    Whiteheads baru terlihat setelah Anda tekan pori-pori wajah, secara otomatis akan muncul ke permukaan.

    Cara mengatasi : Produk perawatan wajah dengan kandungan salicylic acid, berupa anti peradangan dan dapat mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

    Favorit Bazaar adalah Estée Lauder Clear Difference Targeted Blemish Treatment. Produk anti jerawat ini cukup dioleskan pada area yang bermasalah setelah mencuci wajah.

    Selain ampuh menghilangkan whiteheads, namun juga mencegahnya muncul kembali.

     

    3. Pupula (jerawat merah).

    Ciri-ciri: Benjolan merah, sedikit meradang, namun belum memiliki puncak putih karena belum penuh dengan nanah.

    Pupula bisa muncul apabila Anda membiarkan komedo hingga meradang.

    Cara mengatasi : Produk yang mengandung hydrocortisone.

    Bazaar memilih Aveeno 1% Hydrocortisone Anti-Itch Cream. Kandungan Active Natural Triple Oat Complex®, aloe, dan vitamin E ampuh meredakan radang, gatal-gatal akibat eczema maupun masalah kulit lainnya termasuk pupula.

    Cukup aplikasikan pada bagian yang berjerawat, tentu saja setelah Anda membersihkan wajah.

     

    4. Pustula (jerawat merah dengan puncak putih).

    Ciri-ciri: Jerawat yang pada umumnya Anda kenal dan kerap mengundang jemari untuk mengeluarkan nanahnya, padahal hal tersebut justru akan memperburuk kondisinya.

    Cara mengatasi : Produk dengan kandungan benzoyl peroxide.

    Pilihan Bazaar adalah Clinique Acne Solution Emergency Gel-Lotion. Alasanya karena produk tersebut mampu melawan jerawat membandel dan mencegahnya kembali lagi.

    Pemakaiannya pun cukup dioleskan ke titik yang sedang meradang, namun bisa juga diaplikasikan secara menyeluruh sebagai pelembap.

     

    5. Jerawat batu (cystic acne)

    Ciri-ciri: ukurannya lebih besar dibandingkan jerawat lain, kerap menyebabkan rasa sakit, dan lebih beresiko meninggalkan bekas pada kulit. Biasanya jerawat jenis ini muncul ketika kondisi hormon sedang tidak seimbang seperti pada saat menstruasi.

    Cara mengatasi: Produk dengan kandungan tea tree oil.

    Bazaar menyarankan untuk menggunakan The Body Shop Tea Tree Oil. Berikan dua sampai tiga tetes pada kapas untuk dioleskan ke area berjerawat, atau bisa diaplikasikan langsung menggunakan jari Anda. Konsentrasi kandungn tea tree oil yang mencapai 15% menjadikannya efektif meredakan peradangan dan membasmi bakteri di dalamnya.

     

    (Foto: Shutterstock/Clickphotos/Yuganov Konstantin, dok. Bazaar)

     

    Baca juga:

    Cara Menghilangkan Jerawat di Usia Dewasa

    Pilihan Kosmetik untuk Kulit Berjerawat

    Hindari Jerawat di Punggung

    6 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak




- RELATED ARTICLE -