Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pilihan Kosmetik Untuk Kulit Berjerawat

Anda memiliki masalah jerawat pada wajah? Bazaar merekomendasikan sederet produk yang dapat dicoba. Dan ini sesuai pengalaman editor Bazaar.

Pilihan Kosmetik Untuk Kulit Berjerawat

Hampir sebagian besar masalah kulit wajah pada wanita Indonesia adalah jerawat. Hal itu dilihat dari suhu udara yang lembap, diikuti polusi udara serta gaya hidup masyarakat urban. Banyak yang bingung bagaimana cara mengatasi problem jerawat, ada pula mereka malah sibuk menutupinya dengan tata rias dibandingkan menyembuhkannya.

Berikut adalah pengalaman editor Bazaar saat merawat wajah yang berjerawat, dan Anda pun tetap masih dapat melakukan riasan!

Alih-alih ingin membuat kulit flawless di depan banyak orang, para wanita kerap menyiasatinya dengan ragam alas bedak berstatus top cover seperti foundation cair hingga concealer. Padahal menurut sang ahli, tindakan kamuflase tersebut malah membuat pori-pori kulit Anda jadi tidak bernapas dan malah memicu jerawat semakin parah.

Kemudian langkah apa yang harus Anda tempuh agar kulit terminimalisir dari hadirnya jerawat di saat Anda sedang melakukan perawatan?

1. Bersihkan wajah hingga tuntas

Bazaar tidak pernah bosan untuk mengingatkan Anda dalam mencuci wajah secara bersih dan tuntas. Di awali dari menghapus makeup dan sisa kotoran di wajah menggunakan makeup remover atau susu pembersih plus penyegar (ya, cara ortodoks ini nyatanya membuat kotoran lebih cepat terbuang).

Kemudian lanjutkan dengan membilas wajah memakai facial cleanser andalan, pilih yang ditujukkan untuk kulit berminyak dan masalah jerawat. Apabila kulit Anda sensitif, baiknya pilih sabun pencuci wajah yang tercantum nama hypoallergenic.

Terakhir, tuntaskan pembersihan wajah melalui facial toner. Cairan yang dibubuhkan di atas kapas tersebut akan mengangkat sisa-sisa kotoran di dalam pori-pori hingga tuntas. (Coba: Physiogel Hypoallergenic for Sensitive and All Skin di drug store sekitar Anda)


Baca juga: Keampuhan Laser untuk Hilangkan Bekas Jerawat


2. Aplikasikan serum khusus

Sebelum membubuhkan pelembap, sebaiknya gunakan serum yang ringan yang diciptakan khusus untuk kulit berjerawat. Serum adalah skincare yang berbentuk konsentrat, sehingga akan bekerja lebih efektif jika kandungan yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit. Serum juga membantu kulit agar tetap lembap sehingga jerawat bisa terkontrol. Kulit yang kering akan memicu munculnya sebum lebih banyak lagi, yang artinya jerawat akan semakin betah di wajah. (Coba: H2O+ Calming Corrector yang bisa didapatkan di gerai H2O+ terdekat)


3. Pilih pelembap yang ringan

Khusus bagi Anda yang memiliki wajah berminyak serta mudah berjerawat, pilihlah moisturizer yang lebih ringan. Hindari rich moisturizer karena nanti akan memicu hidrasi berlebih dari jaringan kulit, sehingga wajah jadi semakin berminyak, kemudian kotoran mudah menempel dan berakibat timbulnya infeksi kemudian jerawat.

Apabila Anda juga mengaplikasikan alas tabir surya yang mengandung SPF tinggi, biasanya tekstur krim di dalamnya cukup kental atau rich cream. Oleh karena itu, cukup aplikasikan sunscreen tersebut dan tidak perlu menggunakan moisturizer sebelumnya. (Coba: Lancôme Matifying Moisturizing Lotion di situs Sephora atau Avène Sunscreen SPF 50 di situs Lazada)


4. Puasa BB Cream atau CC Cream

Ini adalah saran terpenting yang harus Anda patuhi. Menurut dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip.AAAM, MHkes, FKKCS, dermatovenerologist di Rumah Sakit Siloam T.B. Simatupang, lebih baik hindari pengaplikasian BB atau CC cream untuk sementara waktu.

Hal itu dikarenakan tingkat kelembapan dari kedua krim multifungsi tersebut sangatlah tinggi, dan kadang tidak cocok digunakan oleh pemilik kulit tropis. "Jika dalam pemakaian pertama Anda sudah langsung berjerawat, lebih baik segera tinggalkan BB atau CC cream. Namun jika tidak, boleh saja dilanjutkan," ujar dr. Edwin.


Baca juga: 10 Produk Lokal Berkonsep Organik


4. Hati-hati memilih concealer

Menutupi jerawat dengan makeup tebal dan berlapis-lapis akan membuat kulit sulit bernapas sehingga kondisi atau jumlah jerawat malah bertambah parah. Jika Anda harus tampil dengan makeup yang lebih lengkap misalnya acara pesta, Anda bisa memilih concealer yang memiliki kandungan bermanfaat untuk jerawat dan tidak menyumbat pori-pori. (Coba: Bareminerals Blemish Remedy Concealer yang bisa didapatkan di situs Sephora )


5. Gunakan bedak tabur saja

Untuk tampilan sehari-hari pilihlah bedak yang berbasis powder, karena bedak padat cenderung menutup pori-pori wajah Anda. Sehingga sulit dibersihkan sekaligus menyumbat kotoran di dalamnya.

Boleh saja menggunakan alas bedak cair dan concealer tipis di atas jerawa,t atau bekas jerawat apabila ada acara penting yang mengharuskan Anda tampil flawless, tapi jangan lupa bersihkan wajah hingga tuntas sehabis makeup. (Coba: Anna Sui Loose Powder Foundation di gerai Anna Sui di departement store terdekat)


6. Blush? Tentu boleh

Semburat pemulas pipi sangat dibutuhkan bagi Anda yang menginginkan riasan lebih segar. Saran Bazaar gunakan blush bertekstur powder juga agar lebih ringan dan mudah dibersihkan setelahnya.

Jika ingin menggunakan krim blush juga diperbolehkan, asalkan bubuhkan dahulu di atas jemari Anda (dengan catatan jari dalam keadaan bersih), kemudian tepuk-tepuk halus di atas tulang pipi supaya membaur sempurna.

Penggunaan kuas diperbolehkan, asal bulu-bulunya rutin dibersihkan dan tidak menjadi gudang kotoran. (Coba: Bare Minerals Blush di situs Sephora)


7. Ini cara baru: Stiker Jerawat!

Krim totol khusus jerawat memang menjadi solusi singkat dalam membuat jerawat cepat matang atau justru membuatnya lekas kempis. Namun beberapa krim totol jerawat kadang membuat riasan jadi membekas atau warna krim tersebut justru mengganggu total look Anda.

Jika ada jerawat kecil yang mulai muncul, Bazaar gemar mengaplikasikan acne patch yang kadang membuat jerawat tidak jadi keluar maupun membuatnya lekas matang.

Pilihlah stiker jerawat yang memiliki helaian tipis, walaupun nantinya beberapa orang akan sadar dengan tempelan di wajah Anda, apalagi jika sang jerawat berada di lokasi obvious seperti area hidung dan pipi. (Coba: Cosrx Acne Pimple Master Patch di situs Amazon)


8. Bersahabat dengan masker

Rutin mengaplikasikan masker juga mampu mengurangi kondisi jerawat yang meradang. Pilih masker yang mengandung bahan yang cepat beraksi melawan jerawat seperti sulfur atau tea tree kemudian gunakan 2-3 kali seminggu selama 20 menit. (Coba: Sunday Riley Saturn Sulfur Acne Treatment Mask yang dapat dibeli di situs Sephora)

Jika Anda mengikuti langkah di atas, ditambah juga melakukan gaya hidup baik seperti rutin berolahraga, mengurangi makanan berlemak dan berminyak, tidur teratur, serta tidak merokok, Bazaar meyakini bahwa problem jerawat Anda akan membaik. Selamat mencoba.


Penulis : Erica Arifianda & Poppy Septia 

(Foto: Studio 51/ Clickphotos/ Shutterstock, Dok. Bazaar; Grafis: Ika Wahyuni)