• 10 Produk Lokal Berkonsep Organik


    10 Produk Lokal Berkonsep Organik

    Beberapa kosmetik buatan Indonesia kini mulai menyuplai kebutuhan para individu yang peduli lingkungan serta paham akan arti kesehatan.


    Bazaar bangga dengan produsen Indonesia yang menyadari betapa pentingnya sebuah kualitas produk lewat cara pengolahan hingga pemilihan bahan-bahan utamanya. Mungkin hal ini disebabkan oleh permintaan pasar Indonesia yang juga sudah mulai melirik produk berlabel organik.

    Beberapa dari label lokal ini memang merupakan pemain lama di industri kecantikan, namun banyak pula nama-nama baru yang patut Anda ketahui. Mereka sungguh serius, misalnya satu di antara pemilik label organik ini mempunyai lahan pribadi guna mereka mengawasi serta memerhatikan seluruh proses pembuatan produk-produknya.

    Atau ada pula yang mendaftarkan label mereka agar mendapat sertifikat Ecocert, yakni satu badan sertifikasi dunia untuk memeriksa dan menyarankan perusahaan pada kegiatan ekologis bertanggung jawab, ramah lingkungan dan sesuai secara global di sektor organik.

    Satu lagi, seluruh produk lokal berkonsep organik ini juga dijual dengan harga yang tidak tinggi layaknya produk organik impor.

    Berikut adalah brand lokal dengan tajuk organik:


    1. Sariayu Solusi Organik


    Sariayu Martha Tilaar merilis lini keduanya dengan tajuk Sariayu Solusi Organik Revolution Renewage yang berkolaborasi bersama sebuah perkebunan organik dari Prancis.

    Biji anggur dan licorice menjadi dua bahan utama yang diambil dari perkebunan tersebut untuk meracik green product tanpa paraben, minyak mineral penyebab kulit sensitif, bebas dari prophylene glycol dan sodium lauryl sulfate (SLS), serta bersertifikasi Ecocert.

    Rangkaiannya sendiri lebih banyak berkonsentrasi pada perawatan wajah dan alas bedak cair.


    2. Sensatia Botanical



    Menjadi satu-satunya produsen kosmetik di Pulau Dewata, Sensatia Botanical yang telah berdiri sejak tahun 2000 ini patut bangga karena berhasil masuk ke dalam jajaran produk toiletries luks di beberapa hotel berbintang lima. Sebut saja, Mandapa Ritz Carlton, W Retreat & Spa Bali, dan The Katamama @ PotatoHead.

    Jika melihat situsnya, Anda akan menemukan keseriusan Sensatia Botanica dalam membuat produk bertajuk organik.

    Di setiap kemasan terpapar beragam simbol yang menyuarakan anti hewan percobaan, bebas paraben, free phthalates, bebas sulfat, tanpa silikon, reef safe hingga vegetarian.


    3. Pavettia Skincare


    Label ini berkomitmen untuk meracik sebagian besar bahan utama pada produknya menggunakan tanaman yang diambil dari kebun milik sendiri di area Subang, Jawa Barat.

    Mereka benar-benar memerhatikan serta mengawasi kualitas tanaman melalui pembiakan organik, meniadakan pestisida, serta dipanen secara manual atau hand-picked.

    Tengok sebentar ke akun Facebook Pavettia Skincare, lalu saksikan bagaimana mereka menunggu tanaman ylang-ylang yang tumbuh sempurna setelah ditunggu selama empat tahun, untuk dijadikan Ylang-Ylang Hydrosol. Atau cari tahu mengenai Pavettia Skincare secara lengkap melalui situsnya.


    4. Agts & Sptmbr (ANS)



    Siapa masih meragukan khasiat kafein dari kopi yang mampu mengatasi ancaman penuaan, problem kantung mata, hingga mereduksi jejak selulit. Agts & Sptmbr atau yang populer dipanggil ANS membuat racikan masker berbahan dasar kopi serta pencampuran oatmeal, teh hijau, perasan jeruk lemon, madu, cokelat, susu, dan minyak canola.

    Pengaplikasian masker ini tak hanya untuk di area wajah, namun juga bagian tubuh lainnya. Masker ini tersedia dalam dua pilihan yakni LD (Ladies) atau GM (Gentleman), dan hanya mampu bertahan selama dua bulan di lemari pendingin.

    Cari tahu mengenai Agts & Sptmbr melalui akun Instagram yang bernama ans.beauty.


    5. Gulaco



    Bisnis home industry nyatanya juga memiliki kelebihan dalam mengontrol kualitas pada setiap produknya. Konsep itulah yang masih diusung oleh Gulaco sejak tahun 2014 lalu, meracik regimen secara tradisional.

    Misalnya untuk varian lip scrub, label ini menggunakan gula alami sebagai bahan utamanya. Sedangkan produk lain yang dapat dicoba adalah Grow, sebuah serum untuk bulu mata dan alis supaya bentuknya tebal, kuat, dan terdefinisi.


    6. Organic Supply Co.



    Jika Anda gemar meramu bahan natural untuk dijadikan resimen andalan, cobalah konsep yang ditawarkan Organic Supply Co.

    Berawal dari keingingan dalam memproduksi minyak esensial organik yang mudah dijangkau namun tetap berkualitas serta memiliki sertifikasi resmi, sekarang label ini juga menyediakan ragam perawatan tubuh (essential oil, carrier oil, gel serta garam natural) dan bahan dasar (cosmetic additive) sebagai campuran untuk ritual skincare, kosmetik hingga makanan.

    Misalnya varian Activated Charcoal Powder yang bila dicampur ke dalam segelar air minum mampu meringankan rasa mual dan gassy, mengurangi kadar kolesterol, atau sekadar mengatasi hangover. Namun jika digunakan untuk perawatan tubuh, fungsinya beralih menjadi pemutih gigi, menangani persoalan bau badan dan jerawat, atau menenangkan bekas gigitan serangga.


    7. Spoil Organics


    Ada baiknya Anda menggunakan bahan alami dari hasil bumi demi memaksimalkan kesehatan kulit wajah, dibandingkan harus berkutat bersama zat kimia yang justru memberi efek negatif berjangka panjang bagi tubuh.

    Pernyataan itu dikemukakan oleh label Spoil Organics dalam mengusung skincare organik berbasis minyak yang mampu mewujudkan kulit sehat, supple, luminous, dan awet muda tanpa perlu bantuan kosmetik.

    Salah satu andalannya adalah Tea Tree Oil yang diracik menggunakan tanaman orisinal melaleuca alternifolia asal Australia dan minyak jojoba untuk melawan bakteri. Produk ini dapat digunakan pada wajah berjerawat atau Anda yang memiliki problem ketombe.


    8. The Bath Box



    Sabun mandi yang bertajuk goat’s milk memang direkomendasikan bagi individu dengan problem kulit sensitif semisal eczema. Kondisi itulah yang mendorong salah satu pemilik The Bath Box untuk membuat sendiri resep natural perawatan kecantikan yang bebas kimia, bebas paraben, tanpa silikon dan sulfat, serta tidak menggunakan detergen berbahaya.

    Sehingga seluruh regimen keluaran label ini sangat baik untuk mengatasi kulit sensitif, kering, psoriasis, eczema, sampai berjerawat.


    9. Klen and Kind


    Brand Klen and Kind amat serius dalam memproduksi regimen kecantikan yang berbasis natural, bahkan label lokal sudah mendapat sertifikat resmi dari Komunitas Organik Indonesia.

    Seluruh produknya terbebas dari bahan kimia, animal cruelty-free, dan palm oil free.


    10. Vimala


    Masih mengagungkan faedah dari essential oil? Vimala hadir ke tengah Anda lewat produk yang hanya menggunakan nutrisi natural dari minyak, tanaman herbal, bunga, dan bij-bijian.

    Salah satu yang menarik adalah varian Yoga Mist dengan isi minyak atsiri untuk meningkatkan kualitas olah tubuh sembari memberi sensasi segar pada aroma matras. Spray ini juga diracik tanpa alkohol sehingga aman untuk diaplikasikan pada wajah dan kulit.

    Baca Juga:

    Apakah Organik itu Natural?

    Resep masker menggunakan bahan organik

    Serbuan Kosmetik Organik

    Pemulas Kuku Organik dari Kerang

    Roti Organik Buatan Yogyakarta

    (Layout: Ika Wahyuni; Foto: Dok. Bazaar)








- MORE STORIES -



Parfum Terbaru Dari Dior

Ekspresikan sisi feminin Anda lewat parfum terbaru lansiran Dior.


Mengupas Koleksi Maybelline x Gigi Hadid

Apa saja rangkaian koleksi kosmetik Maybelline yang berkolaborasi dengan Gigi Hadid tersebut? Bazaar bertanya langsung kepada narasumbernya.


Daftar Lengkap Pemenang Bazaar Beauty Awards 2017

Digelar pada 22 November 2017, perhelatan Bazaar Beauty Awards memberikan predikat terbaik bagi para pelaku industri kecantikan.


Tips Makeup ala Natasha Moor

Makeup artist asal Hong Kong ini tak segan untuk berbagi tips cepat tampil menawan.



Other Stories