• Pilihan Kosmetik Untuk Kulit Berminyak


    Pilihan Kosmetik Untuk Kulit Berminyak

    Berikut ini Bazaar merekomendasikan beberapa kosmetik yang ramah bagi pemilik kulit berminyak.


    Wajah dengan kulit berminyak memang memiliki tantangan tersendiri. Selain harus teliti dalam memilih produk perawatan wajah, Anda pun tidak bisa sembarangan membeli kosmetik. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti formula dari produk tersebut apakah ramah untuk kulit berminyak atau kandungan yang tersimpan di dalamnya.

    Maka dari itu, carilah kosmetik yang memang ditujukan bagi kulit berminyak, seperti rekomendasi Bazaar berikut ini:


    1. Awali merias wajah dengan mengaplikasikan primer.

    Primer berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah sebelum menggunakan makeup agar riasan tidak mudah luntur.

    Rekomendasi Bazaar : Becca Ever-Matte Poreless Priming Perfector. Formulanya khusus untuk wajah berminyak dan mampu menyamarkan pori-pori besar sehingga pemakaian kosmetik selanjutnya menjadi lebih sempurna dan tahan lama.



    2. Pilih alas bedak cair dengan hasil matte.  

    Tren makeup dewy memang sedang digemari karena memberikan kesan naturally glowing. Namun, bagi pemilik kulit berminyak tidak mudah untuk meraih tampilan tersebut tanpa menjadikan kulit terlihat berminyak.

    Tapi, saat ini sudah muncul beberapa produk liquid foundation yang menawarkan hasil akhir semi-matte.

    Rekomendasi Bazaar : Shu Uemura Petal Skin. Memiliki formula ringan namun mampu berikan coverage merata dan menutup pori-pori. Uniknya alas bedak ini menghasilkan tampilan semi-matte sekaligus semi-glow, cocok bagi Anda yang ingin terlihat berkilau namun tetap oil-free.


    3. Sembunyikan lingkar hitam seputar mata.  

    Selain masalah dark circles, area mata juga mudah berminyak dan berkeringat. Maka dari itu pilihlah concealer yang dapat menyerap minyak sehingga tampilan Anda tetap segar.

    Rekomendasi Bazaar : Make Up For Ever Full Cover Concealer. Selain dirancang untuk melenyapkan lingkar hitam pada mata, namun juga dapat menyamarkan noda hitam, pigmentasi, serta bekas jerawat. Memiliki formula waterproof serta oil-free.


    4. Sapukan bedak tabur penyerap minyak.

    Setelah melakukan langkah-langkah di atas, berikan loose powder untuk menyerap sisa produk atau minyak pada wajah. Langkah ini dapat diulang kapan saja sesuai kebutuhan, misalnya untuk finishing atau touch up.

    Rekomendasi Bazaar : Bare Minerals Mineral Veil. Aplikasikan pada seluruh wajah memakai brush, namun cukup tipis saja. Produk ini sangat ringan dan akan memberikan sentuhan sheer untuk menonjolkan kilau sehat paras Anda.


    5. Pensil alis, senjata para wanita.

    Hampir semua wanita merasa lebih percaya diri dengan memakai pensil alis. Untuk kulit berminyak, apabila salah memilih formula pensil alis, maka bisa jadi riasan wajah malah menjadi berantakan. Gunakan brow liner berbentuk gel atau mousse agar tahan lama.

    Rekomendasi Bazaar : Tarte Amazonian Clay Waterproof Brow Mousse. Dilengkapi oleh kuas alis terbuat dari bambu yang ringan, sehingga menggambar alis lebih presisi. Meskipun digunakan seharian, produk ini tidak akan luntur akibat minyak dan keringat.


    6. Oleskan eye base sebelum memakai eyeshadow

    Kunci untuk menjaga warna dan tekstur eyeshadow tetap prima sepanjang hari adalah dengan menggunakan alas mata. Kelopak mata biasanya mudah berminyak sehingga dapat merusak tampilan eyeshadow Anda.

    Rekomendasi Bazaar : M.A.C Prep + Prime 24-Hour Extend Eye Base. Pakai secukupnya pada kelopak mata Anda sebelum menyapukan eyeshadow. Selain dapat menjadikan riasan mata tahan lama, memakai produk ini juga akan menambah pigmentasi warna eyeshadow yang Anda gunakan.


    7. Pilih eyeshadow berbasis bedak.

     Pemilik kulit berminyak sebaiknya hindari memakai creamy eyeshadow. Gunakan eyeshadow terbuat dari bedak karena lebih mudah menyerap kelebihan minyak pada kelopak mata.

    Rekomendasi Bazaar : Maybelline The Blushed Nudes Eyeshadow Palette. Selain memiliki banyak varian warna, palet ini menawarkan pigmentasi warna yang kuat sehingga akan membuat mata lebih ekspresif. Kemudian eyeshadow ini pun tidak mudah luntur atau creasy.


    8. Bingkai kelopak mata dengan waterproof eyeliner.

    Apabila Anda gemar bermain dengan eyeliner pada kelopak mata, maka perhatikan formula produk tersebut. Sebaiknya hindari pencil eyeliner karena mudah luntur. Pilihan terbaik adalah dengan memakai liquid eyeliner atau gel eyeliner yang tahan air.

    Rekomendasi Bazaar : Stila Stay All Day Waterproof Liquid Eyeliner. Kosmetik ini berbentuk seperti pena dengan ujung yang mudah digunakan untuk membuat garis pada kelopak mata sekalipun Anda belum terbiasa. Selain itu formulanya pun waterproof sehingga dapat bertahan sepanjang hari.


    9. Cantik dengan maskara waterproof.

    Sama halnya dengan pemilihan eyeliner, sebaiknya sisirkan maskara anti air pada helai bulu mata Anda.

    Rekomendasi Bazaar : Benefit Badgal Waterproof Mascara. Maskara ini memiliki sikat yang dapat menjangkau setiap helai bulu mata Anda. Kemudian tidak mudah menggumpal sekalipun terkena air atau keringat, cocok untuk Anda pemilik kulit berminyak.


    10. Menonjolkan bentuk tulang wajah dengan teknik contouring.

    Kulit berminyak pun bisa meraih ilusi tulang pipi yang tegas dengan menyapukan kosmetik contouring berbasis bedak. Ya, lagi-lagi formula krim sebaiknya dihindari.

    Rekomendasi Bazaar : L'OrĂ©al Paris Infallible Pro Contour Palette. Produk ini terdiri dari highlighter dan contouring sehingga sangat praktis digunakan. Ditambah adanya kuas yang ditujukan untuk membentuk tulang pipi Anda sekaligus menonjolkannya.


    11. Tambahkan perona pipi.

    Dengan memberikan sentuhan blush on pada pipi Anda, keseluruhan tampilan riasan akan menjadi lebih segar. Ya, masih sama dengan pemilihan kosmetik sebelumnya, tetaplah mengandalkan perona pipi dengan bahan bedak.

    Rekomendasi Bazaar : Bobbi Brown Shimmer Brick in Rose. Palet perona pipi ini menawarkan beragam varian warna pink dengan sentuhan sheer shimmer. Kulit berminyak sebaiknya tidak memakai shimmer berlebihan karena justru akan membuat wajah seolah semakin berminyak. Namun, bubuhkan shimmer sedikit saja pada pipi untuk efek mencerahkan.


    12. Terakhir, semprotkan setting spray.

    Langkah terakhir ini cukup vital karena akan menentukan tampilan makeup Anda sepanjang hari. Apalagi kalau Anda melakukan kegiatan di luar ruangan dengan udara lembap.

    Setting spray digunakan setelah Anda selesai merias wajah agar makeup tahan lama dan bebas kilau berlebih akibat minyak atau keringat.

    Rekomendasi Bazaar : Urban Decay De-Slick Oil Control Makeup Setting Spray. Kocok produk lebih dahulu, kemudian semprotkan dengan jarak 8-10 cm dari wajah Anda. Diamkan sebentar hingga mengering, dan Anda siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya dengan wajah cantik serta bebas minyak.


    Selain itu, produk ini dapat disemprotkan pada kuas makeup Anda agar produk yang ingin diaplikasikan pada wajah lebih tahan lama. 

    Kini Anda yang mempunyai kulit berminyak pun dapat tampil prima sepanjang hari.


    Baca juga

    Pilihan Kosmetik untuk Kulit Berjerawat

    Cara Memilih Pelembap untuk Kulit Berminyak

    6 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak


    (Layout: Angga Saputra; Foto : Dok. Bazaar)









- MORE STORIES -


Atasi Problem Wajah Dengan Multi-Masking

Kalau Anda gemar memakai masker wajah, maka cobalah mengaplikasikan lebih dari satu jenis masker demi mengakomodasi kebutuhan paras Anda.


Penyebab Rambut Lepek Dan Rontok

Tahukah Anda kalau polusi ternyata bisa membuat rambut rontok?


4 Kebiasaan Buruk yang Merusak Telinga

Demi kesehatan kuping Anda, jangan lakukan lagi tindakan ini!


Amankah Mencoba Kosmetik di Toko?

Tanda tanya besar di balik label tester.


Salah Kaprah Diet Bebas Gluten

Benarkah menghilangkan gluten dari makanan Anda baik bagi kesehatan?