• Beauty / Tips

    Cara Memilih Pelembap Untuk Kulit Berminyak


    Cara Memilih Pelembap Untuk Kulit Berminyak

    Bazaar merangkum panduan memilih produk pelembap yang tepat bagi wajah berminyak.


    Banyak orang beranggapan bahwa kulit wajah berminyak tidak memerlukan pelembap, apalagi yang basis teksturnya rich cream. Alasannya, tentu saja khawatir wajah akan semakin berminyak dan mudah menimbulkan berjerawat.

    Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga benar. Mengapa? Meskipun berminyak, kulit pun tetap membutuhkan asupan air yang cukup, dan mampu didapatkan dengan memakai pelembap yang tepat.

    Pada umumnya pemilik kulit wajah berminyak memiliki lapisan kulit lebih tebal, produksi sebum lebih banyak, dan pori-pori lebih besar dibandingkan jenis kulit lainnya. Tidak jarang pula setelah mencuci wajah, kulit akan kembali berminyak sehingga beberapa individu merasa bahwa penggunaan krim pelembap tidak begitu esensial. Padahal kondisi wajah berminyak belum tentu terhidrasi dengan baik.

    Contoh kasusnya adalah begini, pernahkah Anda merasakan kulit sedang berminyak namun juga terasa kencang? Nah, rasa kencang tersebut sebenarnya dikarenakan kurangnya asupan air pada lapisan kulit.

    Dalam kebanyakan kasus, hal itu juga disebabkan penggunakan pelembap anti jerawat yang umumnya akan mengangkat sebum sampai lapisan terdalam, sehingga berujung dehidrasi, mengelupas, serta meradang.

    Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja harus teliti dalam memilih pelembap dengan kandungan yang tepat. Krim yang mengandung mineral oil, lanolin, parafin, dimethicone, cyclomethicone, serta petroleum dapat membuat wajah Anda terlihat greasy maka sebaiknya dihindari. Berikut adalah beberapa langkah memilih pelembap yang sesuai untuk kulit berminyak:

     

    1. Pilihlah pelembap berbasis air agar kulit tidak semakin berminyak dan terhidrasi dengan baik.

     

    Rekomendasi Bazaar : The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Lotion.

     

    2. Karena kulit berminyak cenderung mudah berjerawat, maka carilah pelembap dengan formula gel.

     

    Rekomendasi Bazaar : Estée Lauder DayWear Matte.


     

    3. Pelembap non-comedogenic adalah salah satu jenis pelembap yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan produksi sebum pada wajah. Produk ini biasanya ringan dan oil-free sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kulit Anda, namun mampu memberi cukup kelembapan.

     

    Rekomendasi Bazaar : Clinique Anti-Blemish Solutions.


     

    4. Semua jenis kulit membutuhkan krim tabir surya, termasuk kulit berminyak. Suncreen sendiri biasanya memberi efek minyak pada kulit setelah pemakaian, jika Anda melapisi krim pelembap kemudian krim tabir surya maka akan membuat wajah semakin greasy. Sebaiknya Anda mencari pelembap yang sudah memiliki kandungan SPF.

     

    Rekomendasi Bazaar: Kiehl's Ultra Facial Moisturizer Sunscreen Broad Spectrum SPF 30.


     

    Kini, Anda dapat menggunakan produk pelembap tanpa khawatir akan menjadikan wajah berkilau berlebihan.

     

    (Foto : Shutterstock; Dok. Bazaar)

     




- RELATED ARTICLE -