• Beauty / Tips

    Kenali Jenis Bedak Wajah Menurut Kegunaannya


    Kenali Jenis Bedak Wajah Menurut Kegunaannya

    Menurut hasil pengamatan Bazaar, inilah jenis-jenis bedak yang banyak beredar di pasaran menurut fungsinya masing-masing.


    Hari-hari di mana Anda hanya memiliki satu compact powder untuk wajah mungkin sudah saatnya berlalu. Kini, dunia kecantikan telah menawarkan beraneka ragam tipe bedak untuk memenuhi tiap-tiap kebutuhan Anda. Mulai dari bedak yang biasa Anda kenakan dalam keseharian hingga perfecting powder yang bisa membuat Anda Instagram-ready dalam sekejap mata!


    1. Loose Powder

    Bedak berbentuk tabur umumnya mampu memberikan finishing natural yang cenderung lebih ringan saat dikenakan. Karakter loose powder pun memang sangat cocok untuk dipakai sehari-hari.

    Namun bila Anda menginginkan coverage lebih, gunakan bedak tabur ini segera setelah memakai foundation. Tak hanya membuat riasan Anda kian halus, loose powder juga sebenarnya berfungsi untuk mengunci alas bedak Anda agar semakin tahan lama dan tidak lantas “meleleh”. 

    Coba: Lancôme Teint Miracle Loose Powder, 830.000 rupiah


    Baca juga: Bedak Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak


    2. Compact Powder

    Yang satu ini jelas lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana, karena formasinya yang sudah dipadatkan sedemikian rupa. Biasanya, bedak ini terkemas dalam packaging yang kompak lengkap beserta cermin dan sponsnya. Selain itu, kegunaan pressed powder ini seringnya meliputi absorpsi sebum berlebih di permukaan kulit sehingga membuat tampilan wajah tidak lagi tampak berminyak.

    Jadi, jangan heran jika benda satu ini sering dianggap wajib untuk dimiliki oleh setiap wanita. Namun, ada kalanya Anda juga dapat memakai kuas untuk memulaskan bedak ini sesuai selera dan keperluan saat itu.

    Coba: L‘Oréal Infallible Pro-Matte Powder, 189.000 rupiah  


    3. Two Way Cake

    Karena komposisinya yang dikombinasikan secara bersamaan dengan foundation, bedak tipe two way cake relative lebih efektif untuk menutupi hiperpigmentasi alias vlek hitam, bekas jerawat, kantong mata, maupun sekadar kemerahan di kulit.

    Beberapa bedak bahkan diformulasi secara khusus untuk membantu menyerap kelebihan minyak dan menyamarkan ketidaksempurnaan kulit tanpa menghilangkan kelembapannya. Apabila Anda sedang ingin menghadiri acara resmi, Bazaar sangat merekomendasikan produk ini. Pastikan Anda memilih produk dengan tekstur yang cukup lembut dan tak membuat kulit Anda terasa kering setelah pemakaian.

    Coba: Make Over Perfect Cover Two Way Cake, 150.000 rupiah


    4. Setting Powder

    Jika diperhatikan sekilas, bentuk dari setting powder tampak sama saja seperti bedak pada umumnya. Namun biasanya, setting powder yang berbentuk bubuk ini juga sering digunakan oleh para beauty blogger untuk riasan yang melibatkan tahapan baking ataupun contouring.

    Caranya adalah dengan cara membiarkannya lebih lama pada permukaan kulit sesuai kontur wajah yang ingin dihasilkan. Setelah sebagian formulanya meresap, barulah bedak tersebut disapu kembali. 

    Coba: Too Faced Born This Way Setting Powder, 480.000 rupiah


    Baca juga: Trik Mencerahkan dan Membuat Kulit Bebas Kusam


    5. Finishing Powder

    Setelah mengenakan setting powder, Anda bahkan masih bisa menggunakan finishing powder ini untuk semakin menyempurnakan kompleksi wajah. Tentu saja, Anda harus mengenakan bedak ini sesudah mengusapkan alas bedak dan concealer namun sebelum aplikasi bronzer dan blusher.

    Istimewanya, produk ini dirancang secara khusus untuk dapat berfungsi sebagai filter wajah. Memiliki partikel yang diklaim dapat menyamarkan garis-garis halus sekaligus pula membuat tampilan pori-pori wajah menjadi lebih kecil, riasan wajah yang flawless baik secara nyata maupun dari balik lensa kamera bukan mustahil menjadi milik Anda! 

    Coba: NYX HD Studio Photogenic Finishing Powder, 160.000 rupiah


    6. Shimmering Powder

    Last but not least, ada pula shimmering powder atau acap kali disebut pula dengan illuminating powder. Sesuai namanya, bedak ini memiliki efek untuk menonjolkan fitur wajah Anda dengan cara memantulkan cahaya.

    Uniknya, shimmering powder bisa memiliki macam-macam warna seperti contohnya putih, kuning, merah muda, hingga biru dan hijau! Tidak hanya itu, beberapa sengaja didesain dalam bentuk butiran cantik serupa mutiara.

    Coba: Guerlain Météorites Rainbow Pearls, price upon request



    (Foto:  Nik Merkulov©123rf.com; Dok. Lancôme, Courtesy of L’Oréal Indonesia, Dok. Make Over, Courtesy of Too Faced, Dok. NYX, Courtesy of Sephora Indonesia, Dok. Sociolla Indonesia, Courtesy of Guerlain)






- RELATED ARTICLE -