• Beauty / Tips

    Trik Mencerahkan dan Membuat Kulit Bebas Kusam


    Trik Mencerahkan dan Membuat Kulit Bebas Kusam

    Bazaar berbagi rahasia merawat kulit agar cerah dan tampak sehat!


    Dengan kulit yang kusam, Anda akan sulit tampil percaya diri. Apapun warna kulit Anda, perlu dirawat secara intensif agar tampak cerah dan berkilau sehat. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan!

    1. Aplikasikan suncreen secara rutin

    Sinar matahari terburuk adalah mulai pukul 10 pagi hingga empat sore. Noda-noda gelap akibat sinar matahari bisa dengan mudah muncul pada semua warna dan jenis kulit. Untuk itu, Anda butuh bersahabat dengan sunscreen agar tidak membuat noda-noda yang sudah ada semakin gelap, atau memunculkan noda yang baru. Sunscreen juga meminimalkan resiko kulit terbakar dan terkena kanker kulit, sehingga menjadi salah satu skincare yang wajib Anda aplikasikan setiap hari. Pilih sunscreen dengan label “broad spectrum” atau kandungan PA+++ yang akan melindungi dari bahaya sinar UVA (penyebab penuaan dini) dan UVB (penyebab kulit terbakar). Bila Anda banyak berada di luar ruangan atau melakukan olahraga air, maka sunscreen harus diaplikasikan ulang setiap satu jam sekali.

    2. Pentingnya Dark Spot Corrector

    Setiap wanita sebaiknya mempunyai satu buah dark spot corrector yang digunakan setiap hari. Produk skincare ini dipakai untuk membantu mengurangi noda-noda gelap atau pigmentasi di wajah dan meratakan warna kulit. Pada dark spot corrector biasanya terdapat kandungan bahan-bahan pencerah seperti vitamin C, niacin atau ekstrak licorice. Anda dapat menggunakannya pagi dan sore sebelum pelembap. Sebagian brand bahkan dapat diaplikasikan di atas makeup karena sangat mudah meresap.

    3. Minta Resep Dokter

    Jika Anda mempunyai melasma atau noda gelap yang ukurannya cukup besar (bukan berupa bintik), biasanya dark spot corrector saja tidak cukup. Sebaiknya kunjungi dermatologist terpercaya dan minta resep hydroquinone sebanyak 4% yang efektif untuk membantu mencerahkan melasma.

    4. Bantuan Laser 

    Jika penggunaan sunscreen, dark spot corrector dan hydroquinone secara rutin belum membantu mengurangi tampilan noda-noda gelap Anda, dan Anda sangat terganggu karenanya, maka Anda dapat mengunjungi dermatologist dan mencoba laser. Harganya dapat bervariasi di setiap tempat. Namun biasanya Anda disarankan melakukannya hingga enam kali selama dua hingga empat minggu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Treatment laser ini tidak bisa dilakukan terlampau sering, kulit Anda butuh jeda sejenak karena setelah treatment biasanya kulit tampak kemerahan. 

    5. Lakukan Eksfoliasi

    Sel-sel kulit mati yang menumpuk adalah penyebab kulit tampak kusam. Lakukan eksfoliasi secara rutin, dua kali seminggu, agar kotoran dan sel-sel kulit mati tereliminasi, peredaran darah lebih lancar dan kulit terasa lebih halus. Untik kulit wajah, Anda dapat menggunakan exfoliating toner atau facial scrub. Untuk kulit tubuh, pilih lulur dengan kandungan pencerah alami seperti bengkuang, lemon atau susu. Bila Anda memiliki kulit yang kering, sebaiknya awali dengan membubuhkan minyak zaitun atau minyak kelapa pada tubuh sebelum memulai lulur, atau pilih lulur yang tidak mengandung butiran scrub kasar agar tidak membuat kulit iritasi.

    6. Sheet Mask Dapat Diandalkan

    Anda memang tidak bisa memakai masker berbentuk clay atau mud setiap hari, cukup dua kali seminggu agar tidak membuat kulit kering. Namun, sheet mask bisa diandalkan! Tak hanya praktis, memakai masker ini setiap hari sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, membuat kulit lebih kenyal dan tampak cerah. 

    7. Moisturizer Adalah Wajib

    Kulit yang sangat kering atau dehidrasi sangat mudah terlihat kusam, letih dan tampak menua. Makeup pun akan sulit menempel dengan baik. Apapun jenis kulit Anda, memakai moisturizer adalah suatu keharusan. Pilih moisturizer yang sesuai dengan kebutuhan kulit, dan gunakan yang berbeda untuk pagi dan malam, karena saat malam hari kulit cenderung lebih kering sehingga Anda membutuhkan kelembapan ekstra. Menjelang tidur, pastikan kulit sudah bersih dan Anda membubuhkan pelembap pada wajah dan tubuh untuk mendapatkan kulit yang segar keesokan paginya.

    8. Serum Vitamin C

    Anda dapat mengaplikasikan serum dengan kandungan vitamin C sebelum membubuhkan moisturizer. Vitamin C terkenal baik untuk kulit karena bertindak sebagai agen pencerah dan juga kaya antioksidan yang mampu melindungi kulit dari efek buruk lingkungan dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

    9. Pola Hidup Sehat

    Kurangi rokok dan alkohol, karena dua hal ini tak hanya buruk bagi tubuh, tapi juga mampu membuat kulit dehidrasi dan kehilangan cahaya alaminya. Konsumsi vitamin c alami dari buah-buahan dan sayuran seperti lemon, jeruk, jambu, pepaya, kiwi, paprika, kale, kacang kapri, brokoli dan beragam beri sangat baik untuk menjaga kulit tetap lembut dan cerah. Minum air putih lebih dari delapan gelas sehari penting untuk menjaga kulit dan tubuh tetap segar dan terhidrasi. Asupan makanan kaya fatty acid seperti berbagai ikan, telur, susu, walnut dan flax seed juga berpengaruh pada kesehatan kulit Anda fatty acid sangat krusial untuk meningkatkan kolagen dan produksi sel kulit sehingga memperlambat proses penuaan dan membuat kulit tampak lebih plumpy.

    (Foto: edwardderule©123RF.com. Layout: Tevia Andri)