• Beauty / Tips

    Beda Bentuk dan Fungsi 12 Sikat Maskara


    Beda Bentuk dan Fungsi 12 Sikat Maskara

    Sulit menentukan maskara yang tepat sesuai jenis bulu mata Anda?


    Sulit menentukan maskara yang tepat sesuai jenis bulu mata Anda? Sekilas maskara yang dijual di pasaran memang terlihat sama, dimulai dari label formula yang waterproof, efek memanjangkan, hingga menebalkan, dan masih banyak lagi. Namun, sebaiknya jangan fokus hanya pada label atau kandungannya saja. Anda juga harus cermat dalam memilih salah satu bagian penting dari maskara yaitu jenis sikat maskara yang berfungsi sebagai aplikatornya. Ya, hal ini ternyata dapat mempengaruhi hasil akhir bulu mata Anda. Simak tip Bazaar dalam memilih maskara yang sesuai dengan jenis bulu mata Anda berikut ini.

    Bentuk sikat: Segitiga
    Bagus untuk: memanjangkan bentuk mata
    Sikat maskara berbentuk segitiga yang tampak unik ini tidak hanya memberi efek feline pada mata Anda, namun juga sekaligus memberikan efek tightline pada mata bagian waterline.
    Coba: L'Oréal False Lash Sculpt Mascara


    Baca juga: Siasat Maskara Berwarna


    Bentuk sikat: Pointed
    Bagus untuk: memberi ilusi bulu mata lentik
    Jenis sikat maskara ini bekerja sebagai produk 2-in-1. Anda bisa mengaplikasikan maskara tersebut seperti biasa secara horizontal. Lalu lanjutkan dengan memutar tongkat secara vertikal dan gunakan ujung sikat untuk memberi bulu mata Anda sedikit lapisan ekstra.
    Coba: Lancôme Hypnôse Volume-à-porter Mascara


    Baca juga: Kosmetik Pencerah Mata Secara Instan


    Bentuk sikat: Sisir
    Bagus untuk: bulu mata pendek dan tipis
    Jika bulu mata Anda lebih tipis dan pendek, sikat maskara berbentuk sisir akan membantu meraih dan melapisi setiap bulu mata tanpa membuatnya terlihat menggumpal. Maskara ini cocok untuk para wanita yang menyukai riasan mata natural namun terdefinisi.
    Coba: Maybelline The Falsies Push Up Angel Mascara




    Bentuk sikat: Melengkung
    Bagus untuk: melentikkan bulu mata
    Bagi Anda yang mempunyai bulu mata lurus, maskara dengan sikat berbentuk melengkung akan memberikan efek mata tampak lebih besar, lebar, dan dramatis. Pastikan agar formula maskara tertulis waterproof, agar bulu mata tidak kembali turun.
    Coba: Shu Uemura Petal Lash Mascara


    Baca juga: Makeup Remover Andalan untuk Traveling


    Bentuk sikat: Bola
    Bagus untuk: bulu mata yang sulit dijangkau
    Sikat maskara yang terlihat unik ini memiliki fungsi menakjubkan bagi bulu mata Anda. Maskara tersebut telah dirancang untuk meraih setiap helai bulu mata yang sulit dijangkau dengan sikat bentuk tradisional. Maskara berbentuk bulat tersebut akan membuat bulu mata Anda terlihat lebih lentik, terpisah, dan sempurna.
    Coba: Givenchy Phenomen Eyes Renewal Mascara




    Bentuk sikat: Kerucut
    Bagus untuk: Bulu mata sudut
    Bulu mata di bagian ujung dalam dan sudut luar mata sering tidak mendapat perhatian yang setara dibandingkan area mata lainnya. Tetapi dengan menggunakan sikat berbentuk runcing dan menipis pada ujung tongkat ini, maka seluruh bulu mata akan terlapisi maskara secara maksimal.
    Coba: bareMinerals Flawless Definition Mascara


    Baca juga: Tip Contouring dari Makeup Artist Kim Kardashian


    Bentuk sikat: Bubble
    Bagus untuk: Mengangkat bulu mata
    Jika Anda lebih memilih curl ketimbang volume, tongkat maskara berbentuk bubble akan memastikan bahwa setiap bulu mata Anda terangkat secara maksimal dan mendapat lapisan ekstra saat memulas maskara dari akar sampai ujung.
    Coba: Dior Show No. 360 Mascara


    Baca juga: 5 Face Oil Untuk Kulit Berjerawat


    Bentuk sikat: persegi panjang
    Bagus untuk: volume dan lengthening
    Sikat berbentuk persegi panjang tidak akan melapisi bulu mata yang terdapat di setiap sudut dan celah, namun maskara tersebut dapat meregangkan dan menarik setiap bulu mata Anda ke tingkat volume dan panjang seolah memakai bulu mata palsu.
    Coba: IT Cosmetics Superhero Mascara




    Bentuk sikat: Skinny
    Bagus untuk: Memberikan definisi
    Apabila Anda memiliki bulu mata pendek, Anda tentu tahu bahwa banyak maskara bersifat lengthening namun nyatanya tidak selalu efektif. Namun, sikat maskara yang ditawarkan produk ini akan menjadikan bulu mata Anda terlapisi dari akar sampai ujung, sehingga membuatnya lebih terdefinisi tetapi tampak natural.
    Coba: NYX The Skinny Mascara




    Bentuk sikat: Jumbo
    Bagus untuk: Menebalkan
    Sikat maskara berukuran jumbo akan menghasilkan bulu mata lebih bervolume dalam satu kali sisir. Jika Anda diberkati dengan bulu mata panjang dan lentik, maka Anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan jenis maskara ini.
    Coba: Bobbi Brown Eye Opening Mascara


    Baca juga: Tip Makeup Instan Selama 5 Menit


    Bentuk sikat: Spiral
    Bagus untuk: Volume dan curling
    Sikat dengan bentuk spiral mampu memberikan efek ketebalan dan curly secara signifikan. Maskara dengan bentuk tersebut bekerja dengan cara mengangkat bulu mata Anda dari akar, dan memberikan volume saat Anda memutar tongkatnya secara horizontal.
    Coba: L'oreal Paris Miss Baby Roll Mascara




    Bentuk sikat: Hourglass
    Bagus untuk: Memberikan efek bulu mata palsu
    Too Faced merancang maskara ikonisnya dengan bentuk hourglass yang terinspirasi dari rasio proporsional bust-waist-hip Marilyn Monroe. Selain menyediakan volume dramatis, maskara tersebut juga mengangkat bulu mata Anda secara optimal, sehingga memberikan efek bulu mata palsu.
    Coba: Too Faced Better Than Sex Mascara



    (Layout: Ifni Isauria. Foto: Dok. Bazaar)