• 9 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok

    Beauty / Tips


    9 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok
    9 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok. (Image: Dok: sofiazhuravets©123RF.com)

    Ikuti 9 Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Rontok agar rambut tetap sehat dan indah berkilau.


    Merawat keindahan rambut sama pentingnya dengan merawat kulit. Rambut yang tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan kerontokan dan kerusakan pada rambut. Selain faktor internal seperti stres dan hormonal, faktor eksternal seperti sinar UV, polusi, kotoran hingga cuaca panas dapat membuat rambut Anda rusak. Berikut ini sembilan cara merawat rambut yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat dan indah berkilau. 


    1. Rajin Mencuci Rambut

    Rambut menghasilkan minyak alami, yang secara terus menerus dikeluarkan dari kulit kepala, dan akan menumpuk jika tidak dicuci. Hal tersebut akan membuat rambut lebih berminyak, bahkan menjadi penyebab ketombe dan kerontokan pada rambut. Membersihkan rambut dengan sampo yang baik dan benar akan mencegah semua masalah ini. Pilihlah sampo yang dapat memberikan kelembapan pada rambut Anda. 




    Namun, hindari terlalu sering mencuci rambut, karena dapat membuat rambut Anda kehilangan minyak alaminya yang mengakibatkan lebih mudah kering dan rapuh. Cukup keramas dua hari sekali dengan menggunakan air suam kuku, karena akan efektif untuk membersihkan, tanpa terlalu keras untuk rambut. Pastikan juga untuk tidak menggunakan sampo terlalu banyak saat keramas. 


    2. Menggunakan Kondisioner

    Kondisioner berguna sebagai pelembap bagi rambut yang mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh atau bercabang. Perlu diingat, menggunakan kondisioner hanya perlu dibubuhkan di bagian tertentu rambut Anda, biasanya setengah rambut menuju ujung rambut. Hal ini dilakukan untuk memberikan kekuatan dan kelembutan pada rambut. Uniknya, kelebihan kondisioner adalah untuk mengunci nutrisi yang sebelumnya sudah masuk pada batang rambut. Oleh karena itu disarankan, penggunaan kondisioner dilakukan terakhir setelah sampo dan masker. Satu lagi, jangan menggunakan kondisioner mendekati akar, karena akan berpotensi untuk membuat rambut Anda rontok bisa pembilasan tidak maksimal.

    3. Bilas Rambut Hingga Bersih

    Pastikan Anda membilas rambut hingga bersih, karena sisa produk yang mungkin saja masih menempel dan menumpuk dapat memberikan kontribusi terhadap kerusakan rambut. 


    Baca juga : 5 Cara Melembutkan Rambut yang Terlalu Mengembang


    4. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Alat Hairstyling

    Menata rambut dengan menggunakan alat hairstyling yang panas dapat menyebabkan rambut kering, rusak dan rontok. Jika Anda perlu untuk menata rambut menggunakan alat penata rambut, gunakan terlebih dahulu produk pelindung rambut (heat protection) sebelum mencatok. 


    5. Jangan Terlalu Sering Menguncir Rambut

    Mengikat rambut dapat dilakukan untuk menunjang penampilan dan dinilai praktis untuk mengurangi rasa panas ketika cuaca sedang terik. Tapi ternyata, kebiasaan ini dapat memberikan dampak buruk untuk rambut Anda, karena dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, ketombe, rambut berminyak dan menghambat pertumbuhan rambut.


    6. Perbanyak Minum Air Putih dan Vitamin

    Selain melakukan perawatan rambut secara langsung, Anda juga harus menjaga kesehatan rambut dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan vitamin setiap harinya. Minum air putih dan vitamin dengan jumlah yang cukup mampu memberi kekuatan pada rambut. 



    Baca juga : 7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok


    7. Menggunakan Masker Rambut

    Tidak cukup merawat rambut hanya dengan menggunakan sampo dan kondisioner, tetapi juga perlu untuk menambah nutrisi dengan menggunakan hair mask. Masker rambut juga bisa disebut sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut intensif. Secara umum, manfaat menggunakan hair mask yaitu dapat menambah kelembapan, menguatkan dan mengurangi kerusakan pada rambut. Cukup gunakan hair mask seminggu sekali untuk merasakan manfaatnya. 


    8. Melindungi Rambut dari Cahaya Matahari

    Sinar UV dan polusi dapat memecah kutikula yang menyebabkan rambut Anda kering, patah dan rusak. Untuk menjaganya, ada baiknya Anda menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan. Menutupi rambut Anda adalah cara yang baik untuk melindunginya dari partikel udara yang mungkin saja beracun dan berbahaya. Ini juga membantu dalam melindungi mata dan wajah Anda dari bahaya sinar UV. 


    9. Rajin Menggunting Rambut

    Memotong rambut secara rutin dapat mencegahnya dari kerusakan. Tidak perlu memotong terlalu pendek, cukup trim untuk membuat ujung-ujungnya saja. Rambut yang lama tidak dipotong dan dirapikan lebih berpotensi bercabang dan kering. 


    Semoga sembilan cara merawat rambut di atas dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat dan indah berkilau. Selamat mencoba!



    (Foto: Courtesy of sofiazhuravets©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -