Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Memilih Alat Penata Rambut

Kenali jenis rambut Anda sebelum menggunakan hair tools agar keindahan setiap helainya tetap terjaga.

Panduan Memilih Alat Penata Rambut

Sebagai mahkota milik wanita, meluangkan waktu untuk menata rambut telah menjadi bagian dari rutintitas sehari-hari. Beragam alat penata rambut tersimpan di dalam kamar Anda, dan biasa digunakan mengikuti jenis acara yang akan dihadiri atau sekadar ingin terlihat cantik di rumah.

Namun, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam memilih alat penata rambut, karena sebenarnya jenis rambut Anda menentukan tipe alat penata rambut yang cocok untuk digunakan.

Misalnya untuk rambut dengan helai tipis sebaiknya gunakan hair dryer bertemperatur rendah.

Untuk itu, Bazaar merangkum beberapa varian alat penata rambut sesuai dengan kondisi rambut Anda seperti berikut ini:

 

1. Rambut normal dengan helai tipis

Hair Dryer: Apabila Anda memiliki jenis rambut yang tipis dan lembut, maka sebaiknya Anda memilih jenis hair dryer dengan beragam pengaturan temperatur.

Idealnya, keringkan rambut Anda dengan suhu rendah untuk menjaganya dari kerusakan kutikula. Apalagi biasanya rambut jenis ini mudah kering tanpa perlu udara panas yang berlebihan.

Sedangkan untuk menambah volume, Anda bisa keringkan rambut dengan menundukan kepala agar bagian akar lebih mengembang.

Rekomendasi Bazaar: T3 Featherweight Luxe 2i dengan harga 250 dolar amerika atau sekitar 3.365.000 rupiah.

 

Hair Straightener: Untuk pemilihan hair straightener atau alat catok lebih baik gunakan papan pemanas dengan bahan ceramic atau platinum, karena elemen tersebut mampu mengantarkan panas secara stabil pada rambut.

Dan sama halnya dengan hair dryer, pilih pengaturan dengan panas terendah agar rambut tidak menjadi kering.

Rekomendasi Bazaar: Glampalm Vibrati 1-Inch (PRO) dengan harga 250 dolar amerika atau sekitar 3.365.000 rupiah.

 

2. Rambut tebal

Hair Dryer: Pemilik rambut tebal lebih tahan terhadap panas yang lebih tinggi dibandingkan rambut tipis dan halus.

Dan karena jenis rambut ini membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama, maka gunakan tipe hair dryer dengan teknologi twin turbo dengan kandungan ion pelindung rambut.

Pengering ini akan menghasilkan angin panas yang besar supaya rambut cepat kering, dan juga menyebarkan ion-ion negatif agar kutikula rambut tetap tertutup sehingga rambut pun tidak kehilangan kelembapannya.

Rekomendasi Bazaar: Twin Turbo 3200 Dryer dengan harga 150 dolar amerika atau sekitar 2.000.000 rupiah.

 

Hair Straightener: Karena rambut Anda tebal, maka akan lebih menghemat waktu apabila menggunakan alat catok yang besar dan memiliki papan pemanas terbuat dari platinum.

Selain dapat mengalirkan panas dengan cepat, rambut tebal Anda yang cenderung frizzy pun dapat terlihat lebih berkilau.

Anda tidak perlu khawatir menggunakan panas yang tinggi dengan tipe catokan ini, karena di samping rambut tebal tidak mudah rusak, namun papan pemanas dari platinum tidak akan menyebabkan overheat pada helai pada rambut.

Rekomendasi Bazaar: GHD White Platinum Styler dengan harga 4.250.000 rupiah

 

3. Rambut keriting

Hair Dryer: Untuk rambut keriting natural, memerlukan cara penanganan yang berbeda dalam hal menata rambut. Anda tentu tidak ingin tekstur alami rambut menjadi berubah bahkan kering.

Untuk itu seperti halnya rambut yang tipis, gunakan hair dryer dengan temperatur rendah. Karena semakin panas suhu yang Anda gunakan, dikhawatirkan tekstur rambut justru menjadi frizzy dan sulit diatur.

Rekomendasi Bazaar: Dyson Supersonic dengan harga 5.000.000 rupiah.

 

Hair Straightener: Memang pemilik rambut keriting tentu menginginkan gaya rambut yang lurus untuk variasi dalam penampilan.

Agar kilau rambut tetap terjaga gunakan alat catokan dengan papan pemanas terbuat dari titanium yang umumnya menggunakan besi berkualitas tinggi.

Meskipun tipe ini termasuk mahal, namun bisa menjadi sebuah investasi bagi kesehatan rambut keriting Anda.

Bahan titanium pada hair straightener cenderung ringan, cepat panas, serta mampu menjaga kestabilan suhu sehingga rambut tidak rusak akibat terlalu panas.

Rekomendasi Bazaar: Babyliss Pro Nano Titanium dengan harga 2.500.000 rupiah.

 

4. Rambut rusak

Hair Dryer: Apabila rambut Anda cenderung kering atau mudah patah, memang sebaiknya mengurangi pemakaian alat penata rambut yang mengeluarkan suhu panas. 

Namun, gaya hidup masa kini menuntut penampilan yang sempurna, sehingga sulit menghindari aktivitas hair styling.

Beruntung, di era dengan teknologi serba canggih ini Anda bisa memilih hair dryer yang mengeluarkan partikel ion untuk membantu mengembalikan kelembapan helai rambut.

Rekomendasi Bazaar: Revlon Nano Diamond Ionic dengan harga 895.000 rupiah.

 

Hair Straightener: Tidak perlu putus asa apabila memiliki rambut rusak dan tetap ingin menyatoknya sesekali atau bahkan setiap hari.

Pilihlah alat catok dengan papan pemanas yang terbuat dari tourmaline yang berasal dari mineral atau batu mulia.

Bahan ini tidak akan membuat efek statis pada rambut dan mampu menyeimbangkan ion sehingga dapat membantu memperbaiki kutikula yang rusak.

Rekomendasi Bazaar: Tourmaline Series 1-Inch Flat Iron by Conair Professional dengan harga 57 dolar amerika atau sekitar 767.000 rupiah.

 

(Foto :YuriyZhuravov/Shutterstock; Dok. Bazaar)