• Beauty / Tips

    11 Langkah Perawatan Kulit Khas Jepang


    11 Langkah Perawatan Kulit Khas Jepang

    Negeri Sakura tak hanya memikat sebagai destinasi liburan Anda, tapi juga memiliki deretan cara unik dalam merawat wajah agar tampak muda.


    Jika sebelumnya Bazaar pernah membahas tahapan perawatan wajah ala wanita Korea, kini saatnya menjabarkan ritual wanita dari negara lain, yaitu Jepang. Apa yang sebenarnya membedakan perawatan di dua negara tersebut?

    Dalam metode perawatan kulit Jepang, empat langkah yang paling krusial adalah membersihkan makeup, mencuci wajah, menggunakan toner dan mengaplikasikan emulsion. Namun jika Anda melengkapi dengan ketujuh langkah lainnya, kulit akan kian jernih dan sehat!

    Berikut adalah langkah perawatan yang kerap dilakukan oleh para wanita di Jepang:


    1. Cleansing Oil

    Umumnya, individu di Jepang senang menggunakan cleansing oil untuk langkah pertama karena mampu membersihkan makeup sekaligus sunscreen, dan kotoran seperti keringat, debu, polusi dan lain sebagainya yang Anda dapat setelah beraktivitas seharian.

    Dalam kebudayaan skincare Jepang, minyak sama pentingnya dengan air sehingga kadar alaminya di dalam kulit perlu dipertahankan. Cleansing oil membantu hal tersebut karena membuat kulit tetap lembap saat menghapus segala kotoran. 

    (Coba: DHC Deep Cleansing Oil)


    2. Facial Wash

    Kulit harus bersih menyeluruh untuk dapat menyerap skincare selanjutnya secara optimal. Untuk itu, setelah memakai cleansing oil, Anda harus membasuh wajah dengan facial wash. Produk ini akan membuat wajah terasa lebih segar dan menghilangkan rasa lengket yang ditumbulkan dari penggunaan cleansing oil. 

    (Coba: Astalift Cleansing Gel)



    3. Face Toner

    Aplikasikan face toner setelahnya untuk mengecilkan pori-pori dan menjaga kelembapan kulit. Di Jepang, toner disebut dengan “lotion”, yang umumnya bertekstur sangat lembut, ringan dan tidak mengandung alkohol, berbeda dengan di dunia kecantikan Amerika yang lebih mengenal toner sebagai “astringent”.

    (Coba: Hada Labo Shirojiyun Lotion)



    4. Emulsion

    Kemudian lanjutkan dengan penggunaan emulsion yang berguna sebagai pelembut kulit setelah pemakaian toner. Emulsion memiliki tekstur yang sedikit lebih cair atau ringan dibandingkan serum, kadang nyaris seperti air biasa namun dilengkapi dengan beragam nutrisi dan kandungan anti-aging.

    (Coba: Shiseido Benefiance Day Emulsion)



    5. Sheet Mask

    Anda pasti telah mengenal masker berbentuk wajah yang terbuat dari bahan serupa tisu ini. Berbeda dengan masker berbentuk peel-off atau masker yang harus dibilas, sheet mask membuat perawatan kulit jauh lebih praktis. Anda bahkan dapat menggunakannya setiap hari dan saat bepergian, misalnya dalam penerbangan yang cukup panjang. Kulit yang rutin memakai sheet mask akan terasa lebih lembap dan kenyal.

    (Coba: Lululun 7 Days Sheetmask)



    6. Serum

    Pilih satu serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, seperti mengencangkan, mencerahkan atau melembapkan, agar hasilnya terasa lebih maksimal.

    (Coba: Tatcha Luminous Deep Hydration Firming Serum)

    7. Face Massager

    Masyarakat Jepang kerap menggunakan face massager untuk membantu serum meresap dengan baik di kulit. Cara ini juga sebagai penghantar relaksasi dan membantu menghindari kulit dari stres.

    (Coba: Huluwa Face Massager)



    8. Lightening Product

    Wanita di Jepang senang membubuhkan pencerah pada noda-noda gelap di wajah akibat paparan sinar matahari atau pertambahan usia. Ini disebut sebagai “booster”. Meski tergolong tambahan, namun langkah ini sangat krusial bagi Anda yang ingin menyingkirkan freckles dari wajah Anda. Anda dapat mengaplikasikannya pada noda-noda gelap saja ataupun membubuhkannya di seluruh wajah.

    (Coba: SK-II Whitening Power Spots Specialist)




    9. Moisturizer

    Penggunaan moisturizer di Jepang biasanya dibedakan sesuai musim. Jika musim panas, maka yang digunakan adalah moisturizer dengan tekstur yang ringan. Sebaliknya, saat musim dingin pilih yang lebih kental atau rich untuk melindungi kulit agar tidak dehidrasi dan pecah-pecah.

    (Coba: Shu Uemura Deep Sea Hydrability Moisturizing Gel Cream)




    10. Eye Treatment

    Penggunaan produk perawatan mata sbaiknya sudah dimulai sejak usia 25 tahun. Namun, tidak ada kata terlambat! Area mata paling mampu menunjukkan tanda letih dan penuaan sehingga perlu dirawat dengan serum atau krim khusus. Selalu gunakan jari manis untuk mengaplikasikan produk perawatan mata karena memiliki tekanan paling lembut di antara jari lainnya.

    (Coba: KOSÉ Cell Radiance Moisturizing Eye Cream)



    11. SPF

    Saat pagi hari, jangan tinggalkan rumah tanpa SPF. Di Jepang, seorang wanita sangat menjaga dirinya dari sengatan matahari berlebih, bahkan sebagian wanita menggunakan baju berlengan panjang dan sarung tangan meski di sana sedang tidak musim dingin. Varian sunscreen sangat beragam. Anda dapat memilih yang hadir dalam tekstur gel agar lebih ringan, mudah meresap dan tidak menyebabkan jerawat.

    (Coba: Biore UV Aqua Rich)


    (Foto: elwynn©123RF.com, Courtesy of Biore, Kose, Shu Uemura, SK-II, Huluwa, Tatcha, Lululun, Shiseido, Hada Labo, Astalift, DHC)