• 8 Akibat Konsumsi Gula Berlebih

    Beauty / Tips


    8 Akibat Konsumsi Gula Berlebih

    Kenyataan pahit di balik hidangan manis.


    Tahukah Anda bahwa jumlah gula yang disarankan untuk wanita dewasa ialah enam sendok makan per harinya? Lebih dari itu, organ-organ Anda akan mengindikasikan reaksi negatif yang berujung pada gangguan kesehatan.

    Simak artikel berikut ini agar Anda memahami betapa berbahayanya kalau Anda tak kunjung berhenti mengunyah donat dan berbagai sajian manis lainnya. 

    1. Tekanan emosional

    Jika Anda terlalu sering melahap kue-kue manis, efeknya pada tubuh bukan lagi berupa energi instan. Menurut beberapa studi, kelebihan gula memiliki dampak lebih lanjut kepada faktor psikis seperti contohnya risiko depresi.

    2. Karies gigi

    Bakteri penyebab gigi berlubang senang memakan sisa-sisa gula yang bersarang di permukaannya sehingga mungkin menyebabkan pembusukan. 

    Baca juga: 5 Jenis Bunga yang Aman Dikonsumsi


    3. Nyeri sendi

    Batasi makanan manis bila Anda kerap mengalami rasa sakit pada persendian karena asupan dengan banyak kandungan gula rupanya memicu peradangan yang bisa menyebabkan rematik. 

    4. Penuaan dini

    Keriput pada wajah ternyata juga merupakan efek samping gula. Pasalnya, senyawa manis ini nyatanya mampu memproduksi molekul yang merusak kolagen sebagai pengencang kulit. Hasilnya, garis-garis halus dan wajah yang tampak kendur pun tak terhindarkan lagi. 

    5. Kegemukan 

    Yang ini pasti bukan berita baru bagi Anda. Namun faktanya, sejumlah penelitian memang membuktikan bahwa seseorang yang rutin meminum minuman manis mengalami peningkatan berat badan signifikan jika dibandingkan dengan yang tidak. 

    Baca juga: HIIT, Olahraga Sederhana dengan Hasil Memuaskan


    6. Impotensi 

    Utarakan kepada pasangan Anda pula bahwa tingginya kadar gula dalam aliran darah pun bisa mengganggu sirkulasi ke area intim sehingga menjadi penyebab disfungsi ereksi. 

    7. Penyakit jantung 

    Ekstra gula yang masuk ke dalam tubuh rupanya berpotensi memberatkan organ jantung sehubungan dengan tingginya kadar insulin dalam pembuluh arteri. Mengurangi manisnya makanan Anda berarti membantu menormalkan tekanan darah serta mencegah stroke maupun serangan jantung. 

    8. Komplikasi kesehatan lainnya 

    Last but not least, tentunya kelebihan gula membuat kerja pankreas dan hati Anda menjadi kurang efisien dalam mengolah insulin dan akhirnya berdampak pada penyakit diabetes hingga gagal ginjal. 


    Baca juga:

    8 Manfaat Ubi untuk Kesehatan

    Susu Almond: Manfaat dan Kekurangannya

    Manfaat Madu Manuka untuk Kulit Wajah


    (Foto: Felix Furo/Shutterstock/Click Photos)








- RELATED ARTICLE -