• 5 Jenis Bunga yang Aman Dikonsumsi

    Beauty / Tips


    5 Jenis Bunga yang Aman Dikonsumsi

    Keindahan bunga tidak melulu hanya ditujukan untuk indra penglihatan, tetapi ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.


    Umumnya, bunga hanya sebatas digunakan untuk keperluan dekorasi rumah dan aksesoris. Nyatanya beberapa jenis bunga bisa ditambahkan ke dalam menu makanan Anda.

    Ya, tidak hanya tanaman dedaunan yang bisa Anda dinikmati, namun bunga pun mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Maka dari itu, Bazaar merangkum jenis-jenis bunga yang aman untuk disantap seperti berikut ini:

    1.  Mawar


    Identik sebagai simbol kasih sayang, mawar juga menyimpan beragam manfaat. Bagian buahnya atau dikenal dengan nama rosehip, berguna untuk menyembuhkan masalah pencernaan, infeksi urin, serta konstipasi.

    Kemudian, kelopak bunga mawar juga mengandung fenolat yang dipercaya merupakan anti peradangan dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, serta kanker.


    2. Melati


    Tidak hanya menebarkan keharuman, melati ternyata bisa menjadi tambahan salad favorit Anda. Bunga melati memiliki sifat anti karsinogenik atau pencegah kanker dan anti virus.


    3. Dandelion


    Selama ini dandelion kerap dijadikan teh herbal karena dipercaya dapat membersihkan organ hati, bersifat diuretik dan anti inflamasi.Selain sebagai minuman, kelopak dandelion yang kaya akan Vitamin A ternyata juga bisa dikonsumsi sebagai salad.

    Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, maka dandelion mampu membantu mengeluarkan cairan dalam tubuh yang kerap menjadi salah satu faktor kelebihan timbangan.



    4. Bunga matahari


    Menyantap biji bunga matahari atau kuaci tentunya bukan hal asing lagi. Tak hanya nikmat sebagai camilan, kuaci juga bermanfaat bagi kesehatan seperti dapat membebaskan lambung Anda dari masalah konstipasi, menurunkan kolesterol, dan mengandung vitamin E yang baik untuk kulit.

    Kelopaknya pun bisa dimakan mentah ke dalam menu salad.



    5. Nasturtium


    Dari puluhan ragam bunga yang dapat dimakan, bunga nasturtium adalah terfavorit bagi banyak orang. Selain karena warnanya yang cantik, kelopak nasturtium kaya akan vitamin C dan mengandung unsur sulfur sebagai komponen anti bakteri.

    Karena rasanya yang sedikit lebih tajam dibandingkan bunga lain, maka sebaiknya dicampurkan dengan sayuran lain.

    Ketika memilih bunga untuk dikonsumsi, Anda harus memperhatikan asal muasalnya. Sebaiknya tidak membeli dari toko bunga pada umumnya, karena bunga- bunga di sana sudah tercemar oleh semprotan pestisida dan bahan kimia lainnya.

    Lalu, jangan pernah memetik bunga yang tumbuh di pinggir jalan. Mengapa? Tentu saja karena alasan tingginya tingkat polusi di sekitarnya dan berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi. Idealnya, Anda bisa menaman sendiri bunga-bunga tersebut dan gunakan pestisida organik yang aman.


    Baca juga:

    Makanan Lezat Kaya Serat

    Penjelasan Tentang Diet Yoyo

    Inilah Makanan Yang Melancarkan Metabolisme

    Makanan Sumber Lemak Baik

    Raw Food Diet: Manfaat Dan Risikonya

    Menu Diet Paleo Yang Sehat


    (Foto: ND700,Unkas Photo,Sergei Drozd,A_Lesik,June Marie Sobrito,Amazing snapshot/Click Photos/Shutterstock)




- RELATED ARTICLE -