• Culture / Tips

    Makanan Sumber Lemak Baik


    Makanan Sumber Lemak Baik

    Tidak semua jenis lemak merugikan tubuh kita, inilah beberapa makanan yang mengandung lemak baik,


    Lemak sudah terlalu sering dianggap sebagai biang keladi masalah kegemukan. Padahal faktanya, tubuh kita tetap memerlukan lemak. Pakar gizi mencatat setidaknya ada tujuh fungsi lemak bagi tubuh, mulai dari membentuk sel hingga merawat kesehatan kulit.

    Berhubung tubuh kita tidak mampu memproduksi lemak, mengonsumsinya adalah satu-satunya cara untuk memperoleh asupan lemak.

    Sebaiknya fokuskan pada konsumsi lemak tak jenuh yang berasal dari lemak nabati dan lemak hewani, yang terkandung dalam ragam makanan berikut ini:



    Ikan laut


    Asam lemak Omega 3 (EPA dan DHA) yang terkandung di dalamnya berperan dalam pertumbuhan otak. Karena sebagian besar otak manusia mengandung zat omega 3, asam lemak Omega 3 dipercaya mampu membantu perkembangan sel otak.


    Pernah disuruh minum minyak ikan saat kecil oleh Ibu Anda? Kalau Anda masih mampu mengingatnya secara jelas, itu membuktikan bahwa minyak laut memang bermanfaat bagi daya ingat Anda.


    Avokad


    Buah yang lezat untuk campuran salad, saus, dan jus ini punya beraneka manfaat. Lemak tak jenuh tunggal yang dikandungnya berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

    Avokad juga kerap digunakan dalam produk perawatan kulit. Antioksidannya juga mampu menghambat penuaan.





    Kacang-kacangan


    Almond, kedelai, pistachio, mede, walnut, pecan, dan macadamia. Siapa yang tak suka? Anda dapat menggunakannya sebagai taburan buah potong atau campuran salad.

    Sebagai camilan pun, tak ada yang bisa menandingi kacang-kacangan. Masing-masing jenis memiliki manfaat  yang berbeda-beda bagi tubuh, mulai dari memelihara sistem syaraf hingga menjaga kadar gula darah.




     

    Minyak zaitun


    Minyak nabati yang mengandung tujuh vitamin dan sembilan zat yang berguna bagi kesehatan ini pun bermanfaat bagi kecantikan. Olive oil mampu mengembalikan kelembapan bibir, rambut dan kulit.



     

    (Foto: courtesy of shutterstock.com)