• Beauty / Tips

    Cara Ampuh Menghilangkan Komedo


    Cara Ampuh Menghilangkan Komedo

    Langsung saja, berikut adalah beberapa langkah untuk mengurangi hingga menghilangkan komedo yang ada di wajah.


    Selain jerawat, problem lain yang kerap menimpa penampilan di wajah adalah komedo. Ada dua jenis komedo yang tentu sudah Anda ketahui, yakni komedo putih dengan tekstur lebih lunak sehingga mudah diekstraksi, dan satu lagi adalah komedo hitam yang cenderung lebih keras atau padat.

    Baca juga: Pilihan Kosmetik untuk Kulit Berjerawat

    Ada banyak cara dalam membersihkan komedo sekaligus melenyapkannya, diawali dari langkah alami hingga perlu ditangani oleh sang ahli. Berikut adalah beberapa metode dalam membersihkan kulit wajah dari masalah komedo.

    1. Pore pack atau masker peel-off.

    Pore pack adalah langkah instan yang paling digemari oleh siapa saja, termasuk para pria. Sensasi stiker yang super lekat dan begitu dashyat menarik kulit membuat efek psikologi seolah seluruh komedo terangkat sempurna.

    Padahal tindakan tersebut belum tentu tuntas, pasti ada sisa komedo hitam yang sulit diangkat sekalipun menggunakan pore pack dengan durasi cukup lama. Tapi, kembali lagi pada pengaplikasiannya yang sangat ringkas, tentu cara ini dicintai semua orang.

    (Biore Pore Pack)

    Hal yang nyaris serupa juga berlaku pada penggunaan masker peel-off yang seolah mengangkat sel kulit mati beserta komedo ketika masker dikelupas. Bedanya, penggunaan masker lebih memiliki keunggulan sebab sekaligus mengantarkan nutrisi ke dalam kulit ketika masker dibubuhkan ke seluruh wajah sampai mengering.

    (Boscia Luminizing Black Mask)

    Baca juga: Keampuhan Laser untuk Hilangkan Bekas Jerawat


    2. Masker tanah liat.

    Komedo identik sebagai teman baik si pemilik kulit berminyak. Ya, biasanya individu yang memiliki kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar. Jika pori-pori besar otomatis kuman dan kotoran lebih sering bersarang di sana. Tak heran apabila tumpukan kotoran itu menjadi komedo dan berakhir menjelma sebagai jerawat.

    Masker yang direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak adalah masker dengan tekstur clay atau tanah liat. Hal itu disebabkan kandungan clay mampu menyerap minyak dengan baik, kemudian menarik kotoran yang tersumbat di dasar pori-pori.

    Ada masker untuk menyingkirkan komedo yang dapat Anda coba, yaitu Laneige Mini Pore Waterclay Mask kemudian dipadukan bersama Laneige Perfect Pore Cleansing Oil. Caranya adalah pertama buka pori-pori Anda dengan membasuh wajah menggunakan handuk hangat. Setelah itu aplikasikan Mini Pore Waterclay Mask ke seluruh wajah (hindari area mata dan bibir), kemudian tunggu hingga kering.

    (Laneige Mini Pore Waterclay Mask)

    Jika masker sudah kering, Anda akan melihat permukaan kulit dengan hamparan pori-pori yang menonjol. Saat itulah Anda bubuhkan Perfect Pore Cleansing Oil untuk membuat masker clay jadi mencair, lanjutkan hingga seluruh masker terangkat sempurna. Bilas hingga bersih menggunakan spons dan air hangat, Anda pun akan merasa pori-pori menjadi lebih bersih dan wajah terasa ringan.

    (Laneige Perfect Pore Cleansing Oil)


    3. Mikrodermabrasi dan facial.

    Ini adalah langkah yang kerap dihindari oleh para individu karena alasan rasa sakit yang tidak terhindarkan. Padahal beberapa klinik kecantikan kini memiliki beragam cara untuk meminimalisasi rasa sakit ketika komedo mau tidak mau harus dikeluarkan secara paksa!

    Langkah yang paling konvensional memang dengan cara memberi uap panas ke seluruh wajah, sehingga memudahkan sang terapis atau dokter untuk mengeluarkan komedo-komedo membandel.

    Cara lainnya adalah dengan membalurkan krim anestesi ke seluruh, kemudian tunggu sampai sekitar 20 menit, sampai kulit terasa sedikit mati rasa. Saat itulah aksi ekstraksi tidak akan terasa sesakit jika hanya sekadar diberi uap.

    Jika Anda ingin lebih maksimal dalam melakukan facial wajah dan minimal dari rasa sakit, metode microdermabrasion atau mikrodermabrasi boleh dicoba sebelum ekstraksi. Perawatan ini menggunakan kristal alumunium oksida yang fungsinya akan mengikis kulit secara lembut, kemudian secara perlahan mengangkat sel kulit mati. Cara ini boleh dikombinasikan bersama ekstraksi atau pemencetan komedo.


    Namun sekarang, teknologi semakin canggih. Di beberapa klinik aesthetic tersedia mesin sejenis vacuum yang mampu menyedot komedo-komedo tanpa rasa sakit. Tapi tetap saja, jika ada komedo yang sulit diangkat tentu terapis atau dokter akan mengeluarkannya secara manual.

    Sebab, perlu diingat bila komedo adalah cikal bakal tumbuhnya jerawat. Jadi Anda si pemilik kulit wajah berminyak dan pori-pori besar harus secara rutin mengeluarkan komedo di klinik kecantikan atau ahli dermatologi. Idealnya, satu bulan sekali.


    4. Mengecilkan pori-pori.

    Nah, cara lain untuk menghilangkan komedo (dan mencegahnya kembali lagi) adalah dengan cara mengecilkan pori-pori. Menurut dr. Ivanna Samuel selaku dokter ahli kecantikan sekaligus pemilik Starlight Clinics Bali, memberi saran agar Anda melakukan ekstraksi komedo atau mikrodermabrasi secara rutin, hingga wajah sepenuhnya bersih dari kotoran serta komedo.

    Setelah itu baru dilakukan pengecilan pori-pori menggunakan laser. Biasanya laser yang digunakan adalah laser erbium atau CO2 dengan sifat ablatif (ada pelukaan). Namun jangan khawatir, masa downtime-nya tidaklah lama, dan jika treatment ini dijalani secara rutin maka hasilnya akan lebih terlihat.

    "Begitu ukuran pori-pori Anda mengecil, otomatis nanti produksi komedo juga akan berkurang," ujar dr. Ivanna. Jadi opsi mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu?


    (Foto: Puhhha, Tpgtaiwan, @123RF.com; Dok. Bazaar)