• Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

    Culture / News


    Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

    Belajar dari sederet drama Korea yang kental akan pembelajaran hidup.


    Ketika pertama kali mendengar kata “K-Drama”, apa yang terlintas di benak Anda? Serial televisi yang menampilkan kisah romansa belaka? Atau aktor-aktor tampan yang kerap kali menghiasi layar kaca Anda? Jika hanya itu yang terbesit di pikiran Anda, mungkin Anda perlu mengenal dunia “drama" Korea lebih dalam lagi.

    Walaupun memang K-drama kerap kali dikaitkan dengan kisah bernuansa romansa (sebut saja sederet judul drama Korea paling ikonis seperti Winter Sonata, Endless Love, Stairway to Heaven yang membuka pintu bagi kejayaan drakor di seluruh dunia). Tanpa disadari, seiring berjalannya waktu genre drama Korea telah mengalami evolusi yang cukup pesat.

    Salah satu genre drama Korea yang menjadi favorit banyak orang dalam beberapa tahun belakangan ini adalah drama Korea yang mengangkat kisah kehidupan sehari-hari yang dapat menyentuh hati para penonton dan penuh dengan pesan moral yang dapat dipetik.




    Disebut juga dengan genre slice of life, biasanya genre drama ini berfokus pada kisah pribadi dari sang karakter utama, pemikiran mereka, dan bagaimana mereka menghadapi keadaan dan berinteraksi satu sama lain. Selain itu, biasanya genre ini menyuguhkan bagaimana sang karakter menghadapi tantangan kehidupan yang akhirnya membuka jalan menuju kedewasaan dan kesuksesan mereka.

    Untuk itu di bawah ini kami telah menyiapkan 10 judul K-drama bergenre slice of life yang patut Anda masukan ke dalam list tontonan baik sendiri, bersama sahabat ataupun dengan keluarga:

    10. Fight For My Way


    Menampilkan kemampuan akting Park Seo Joon dan Kim Ji Won yang mengesankan, drama Fight For My Way menceritakan tentang kisah perjuangan dari empat orang sahabat yang mencoba mewujudkan impian mereka walaupun harus menyadari bahwa realita kehidupan yang mereka jalani tidak seindah mimpi. Kim Ji Won yang berperan sebagai Choi Ae Ra memiliki cita-cita menjadi seorang presenter dan Ko Dong Man yang merupakan atlet taekwondo sekarang nyatanya harus mencari nafkah dengan bekerja sebagai karyawan kontrak dan juga mengejar gelar UFC.

    Semangat juang yang ditampilkan oleh keempat sahabat dalam mengejar impian mereka dan cara mereka menghadapi masalah-masalah kehidupan tentunya akan menular dan sulit untuk tidak membuat Anda juga turut jatuh hati pada setiap karakter di drama ini!


    9. My ID is Gangnam Beauty


    Diangkat dari serial webcomic berjudul "Nae IDneun Gangnammiin" oleh Gi Maeng Gi. Plot drama ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Kang Mi Rae (Lim Soo Hyang) yang menjalani operasi plastik pada seluruh bagian wajahnya sebelum masuk perguruan tinggi karena kerap kali dirundung dan diintimidasi akibat memiliki wajah yang tidak sesuai dengan standar kecantikan masyarakat selama masa kecilnya.

    Kemudian ketika ia masuk perguruan tinggi, kehidupannya pun berubah drastis, orang-orang di sekitarnya mulai memuja-mujanya karena wajahnya yang cantik. Namun masalah mulai muncul ketika “rahasianya” mulai terungkap. Kang Mi Rae kembali diperbincangkan karena ia menjalani operasi plastik dan dianggap "palsu" oleh orang-orang disekitarnya.

    Drama yang diperankan juga oleh Cha Eun Woo ini akhirnya mengajarkan kita untuk tidak menilai orang berdasarkan penampilan mereka. Dan pada akhirnya kecantikan itu sebenarnya dari dalam diri dan bukan yang terlihat di luar saja. 


    8. Misaeng


    Bagi Anda yang sedang mencari drakor dengan latar dunia kantoran, maka Misaeng adalah drama yang cocok untuk Anda! “Misaeng”, atau yang bisa juga diterjemahkan sebagai “kehidupan yang tidak lengkap", merupakan drama yang diadaptasi dari serial webcomic dengan judul yang sama, yang menggambarkan perjuangan empat karyawan di sebuah perusahaan perdagangan top Korea Selatan.

    Misaeng berhasil menggambarkan perjuangan setiap karakter yang memiliki motif, impian, dan cita-cita sendiri untuk dapat sukses di pekerjaan dan kantor mereka.

    Misaeng juga akan menyadarkan kita bahwa ketekunan dan kerja keras pasti tidak akan pernah mengkhianati hasil, terlepas dari kenyataan pahit dan realitas yang dijalani. Dalam kehidupan, kita tidak pernah tahu jalan mana yang akan kita lewati atau ke mana arah jalan akan membawa kita, tetapi jalan ini harus tetap dilewati dengan tekun sampai mencapai garis akhir.


    7. My Unfamiliar Family


    Pernahkah Anda merasa bahwa Anda tidak lagi mengenal sosok anggota di keluarga Anda? Itulah yang dialami keluarga Kim. Terlihat seperti keluarga yang harmonis, masalah mulai muncul ketika Lee Jin Sook (Won Mi Kyung) memutuskan untuk "lulus dari pernikahan”.

    Tapi setelah memutuskan untuk berpisah, tanpa terduga suaminya Kim Sang Sik (Jung Jin Young), mengalami kecelakaan dan menderita amnesia. Sang Sik yang siuman tiba-tiba kembali menjadi sosok dirinya yang berusia 22 tahun dengan ingatan akan kenangan ketika ia berada di usia itu.

    Baru saja selesai ditayangkan pada bulan Juli silam, My Unfamiliar Family menampilkan potret kritis tentang ikatan keluarga yang telah putus karena kesalahpahaman dan ketidakpedulian antara sesama anggota keluarga. Dengan realitas yang benar-benar akan “menampar” Anda, siapkan tisu di dekat Anda karena drama ini menjanjikan perjalanan emosi yang ekstrim dan tentunya menyentuh dari awal hingga akhir kisah.


    6. My Mister


    Drama yang dirilis pada tahun 2018 ini menampilkan chemistry (yang secara mengejutkan sangat baik) antara aktris dan penyanyi cantik IU dengan aktor veteran Lee Sun Kyun. Menceritakan tentang kisah kehidupan dari dua orang yang tampaknya menjalani kehidupan yang sangat berbeda namun sebenarnya memiliki problem hidup yang sama. 

    Lee Ji An (diperankan oleh IU) adalah seorang wanita muda yang telah lama menyerah pada hidupnya yang menyedihkan karena harus hidup dalam kemiskinan. Suatu hari ia bertemu dengan sosok Park Dong Hun (diperankan oleh Lee Sun Kyun), pria berusia 40-an yang tampaknya memiliki kehidupan yang sempurna, pekerjaan yang mapan, istri yang cantik namun dibalik semua itu Dong Hun sebenarnya juga menjalani kehidupan yang sulit. 

    My Mister akan mengajarkan Anda bahwa kebahagiaan sejatinya tidak diukur dari tingkat kesuksesan, ketenaran dan uang, tetapi bagaimana Anda menjalani hidup sepenuhnya.

    Diperankan oleh sederet nama-nama terkenal di industri hiburan Korea seperti IU, Lee Sun Kyun, Jang Ki Young, Kim Young Min, dan Park Hae Joon, drama My Mister juga berhasil membawa pulang piala untuk kategori best drama di 55th BaekSang Arts Awards yang merupakan salah satu ajang penghargaan paling bergengsi.


    5. Itaewon Class



    Siapa yang setuju bahwa Itaewon Class berhasil menggambarkan secara sempurna berbagai realitas sosial dan meninggalkan banyak pelajaran yang bisa kita terapkan dalam kehidupan nyata? Ya, menjadi salah satu drama yang menarik perhatian di tahun 2020 ini, Itaewon Class yang diperankan oleh Park Seo Joon dan Kim Da Mi ini menceritakan tentang kisah Park Saeroyi dan bagaimana lika-liku kehidupan yang harus ia jalani mulai dari duduk di bangku sekolah, menjadi narapidana, hingga menjadi seorang CEO yang sukses.  


    4. Hi Bye, Mama!


    Dapat dijamin bahwa Hi Bye, Mama! adalah salah satu drama bergenre slice of life yang paling sempurna dan menyentuh hati. Dari episode pertama hingga terakhir, banyak sekali pesan moral yang dapat dipetik (dan tentunya juga akan menguras air mata Anda!).

    Hi Bye, Mama mengikuti perjalanan Cha Yu Ri (Kim Tae Hee), hantu yang telah tinggal di sekitar putrinya selama lima tahun yang tiba-tiba hidup kembali menjadi seorang manusia. Yu Ri yang secara mengejutkan diberikan kesempatan kedua untuk dapat kembali hidup di dunia diperhadapkan pada pilihan berat, yaitu ia harus mampu “merebut kembali” posisinya dalam 49 hari sebagai ibu dan istri bagi putrinya Seo Woo (diperankan oleh Seo Woo Jin) dan suaminya Cho Gang Hwa (diperankan oleh Lee Kyu Hyung) yang sayangnya posisi tersebut telah diisi oleh sosok ibu tiri yang manis dan baik hati, Oh Min Jung (Go Bo Gyeol). Lalu mampukah Yu Ri merebut kembali posisi yang memang seharusnya menjadi miliknya jika ia tidak mengalami kecelakaan?

    Lalu apa yang menarik dari drama ini? Drama ini menyuguhkan dengan sangat emosional bagaimana pengorbanan yang dapat dilakukan oleh seorang ibu bagi anaknya. Bagaimana cinta tanpa syarat itu memang benar adanya, walaupun ia tahu bahwa ia tidak bisa lagi menjadi bagian dari masa depan anaknya. Sosok Cha Yu Ri juga mengingatkan kita bahwa hidup itu singkat dan merupakan sesuatu yang tidak bisa kita prediksi. Oleh sebab itu hiduplah dengan sepenuhnya! Jangan takut untuk membuat pengorbanan, belajar dari kesalahan, menangis, dan tertawa sepuasnya terutama dengan orang-orang yang Anda kasihi. 


    3. Prison Playbook


    Mungkin kalimat “Don’t judge a book by its cover” adalah kalimat paling cocok untuk menggambarkan para tokoh yang ada di drama hasil garapan sutradara Shin Won Hoo. Mengambil latar di sebuah penjara, Prison Playbook atau yang dikenal juga dengan judul Wise Prison Life menceritakan tentang kisah Kim Je Hyeok (Park Hae Soo) yang adalah seorang pemain baseball profesional yang harus mendekam di penjara karena melakukan tindak kekerasan untuk melindungi adik perempuannya. Kehidupannya pun berubah 180 derajat, ia harus mengubur kontrak yang telah ia tandatangani dengan tim liga utama di Amerika Serikat dan beradaptasi dengan status barunya sebagai narapidana. 

    Satu hal yang mencolok tentang karakter di sini adalah persahabatan yang terbentuk antara teman satu sel dan dengan para sipir. Bagaimana mereka mendukung dan menjaga satu sama lain. Adegan perkelahian demi perkelahian tentunya akan membuat Anda tertawa, tetapi jika salah satu dari mereka “diserang” oleh seseorang yang berada di luar lingkaran mereka, setiap dari mereka memastikan tidak ada hal buruk yang terjadi pada “keluarga mereka”.

    Seperti yang dikatakan di atas, setiap sosok dalam drama ini memiliki karakter yang kuat yang pastinya akan meninggalkan impresi yang membekas dan dalam setelah Anda menonton drama ini. Seperti karakter Looney atau Haerong (diperankan oleh Lee Kyu Hyung) sang pecandu yang mengusik ketenangan teman satu selnya atau sosok kapten Yoo (diperankan oleh Jung Hae In) yang merupakan tentara yang dituduh melakukan kekerasan pada bawahannya. Ini bukanlah drama yang akan dengan mudah Anda lupakan atau dengan cepat membuat Anda move on ke drama lain.


    2. Hospital Playlist


    Satu lagi mahakarya dari duet maut antara sutradara Shin Won Ho dan penulis naskah Lee Woo Jung, berjudul Hospital Playlist yang tayang tahun ini. Dengan ciri khasnya sutradara Shin dan penulis Lee yang kerap kali menghadirkan kisah pertemanan antara lima orang sahabat (4 pria dan 1 wanita).

    Hospital Playlist mengambil latar tentang kehidupan lima dokter yang telah bersahabat selama lebih dari 20 tahun. Di drama ini kita akan menemukan bagaimana kehidupan para dokter dan dunia rumah sakit digambarkan sangat sederhana dan dekat dengan realita yang terjadi dalam dunia nyata.

    Bagi sutradara Shin, ketimbang menghadirkan drama bergenre medis yang membahas tentang kasus-kasus penyakit berat yang kerap kali kita jumpai dalam drama bertema medis atau rumah sakit, sutradara Shin lebih memilih menampilkan kisah kehidupan sederhana yang dialami oleh para dokter, staf, dan pasien. Dan hasilnya? Drama ini pun menjadi salah satu drama yang paling dicintai oleh penikmat drama Korea di tahun ini.

    Dan kabar baiknya lagi, drama ini akan dibuat berseri (setidaknya masih akan ada 2-3 musim lagi kedepannya), jadi bersiaplah untuk kelanjutan kisah dari lima sekawan yang rencananya musim kedua dari kisah lima dokter yang terdiri dari Lee Ikjun (Cho Jung Seok), Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok), Kim Junwan (Jung Kyung Ho), Chase Song Hwa (Jeon Mi Do), dan Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myeong) akan tayang di paruh pertama tahun depan. 


    1. Reply Series


    Berbeda dengan seri Hospital Playlist, Reply series yang terdiri dari tiga bagian cerita yang tidak saling berhubungan ini merupakan drama yang berhasil membesarkan nama sutradara dan penulis Shin Won Ho dan Lee Woo Jung. Terdiri dari Reply 1997 (rilis tahun 2012), yang kemudian dilanjutkan oleh Reply 1994 (rilis tahun 2013), dan yang terakhir Reply 1988 (rilis tahun 2015) ketiganya mengangkat kisah lima sahabat dan bagaimana mereka menjalani kehidupan kesehariannya entah menjadi teman masa kecil karena hidup bertetangga, atau satu kos-kosan saat masa kuliah. 

    Setiap karya dari Reply series selalu menyuguhkan sesuatu yang istimewa. Secara umum Reply series menawarkan sisi nostalgia, kenangan masa muda, dan pengalaman yang hampir dialami oleh semua orang. Itulah mengapa serial Reply beresonansi dengan pemirsa dari segala usia dan jenis kelamin di seluruh dunia. Jika Anda belum pernah menonton satu atau ketiganya, persiapkan waktu untuk mulai maraton seri ini!


    Dari 10 daftar K-drama bergenre slice of life di atas, yang mana judul drama Korea favorit Anda? Atau apakah ada judul drama lain favorit Anda yang belum dimuat di atas?


    Baca juga 10 Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

    Baca juga 5 Drama Korea Terbaru yang Paling Ditunggu


    (Layout: Tevia Andriani; Foto: AsianWiki)









- RELATED ARTICLE -