Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Update! Berikut adalah Drama-Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

Apakah drama favorit Anda termasuk di dalamnya?

Update! Berikut adalah Drama-Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

Selain memiliki jajaran aktor yang disukai oleh penonton dan jalan cerita yang seru untuk menarik hati para penonton, salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan sebuah drama adalah ditinjau dari rating penontonnya. Sebuah drama biasanya akan diukur dari rating (per-episode ataupun secara keseluruhan) untuk melihat kinerja dari drama tersebut.

Baca juga: Drama-Drama Korea Paling Romantis yang Tak Boleh Anda Lewatkan Seumur Hidup

Berikut adalah drama-drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa (untuk drama yang ditayangkan di jaringan kabel) yang telah Bazaar update per Oktober 2021 : 

15. The Uncanny Counter

Bergenre fantasi, serial The Uncanny Counter menceritakan kisah seorang anak sekolah menengah bernama So Mun (Joe Byeong Gyu) yang bergabung dengan sekelompok paranormal pemburu yang menyebut diri mereka sebagai “Counters”. Bergabung dengan Ga Mo Tak (Yu Jun Sang), Do Ha Na (Kim Se Jeong), dan Chu Mae Ok (Yum Hye Ran), keempatnya memiliki misi untuk memburu roh-roh jahat dengan cara menyamar sebagai karyawan di sebuah restoran mie.

Berhasil menarik minat penonton dengan meraup rating sebesar 10,99%, drama ini menjadi serial rilisan stasiun OCN dengan rating tertinggi sepanjang sejarah untuk sang stasiun TV. Dan bahkan kabar baiknya, drama ini juga telah dikonfirmasi akan kembali untuk musim keduanya.

14. Hotel del Luna

Drama yang dirilis pada tahun 2019 silam dan diperankan oleh Lee Ji Eun atau yang lebih akrab disapa IU dan Yeo Jin Goo ini memiliki ide cerita yang menarik karena mengangkat kisah tentang sebuah hotel yang khusus melayani para hantu yang tinggal di bumi. Hotel del Luna sendiri harus puas duduk di posisi ke-10 dengan meraup rating sebesar 12.001% untuk 16 episode penayangannya. 

13. The Lady in Dignity

Dengan total 20 episode, serial The Lady in Dignity mampu menarik penonton hingga mencapai rating 12.065%. Menghadirkan dua sosok artis Korea senior, Kim Hee Seon dan Kim Sun A, The Lady in Dignity mengangkat kisah yang penuh dengan intrik-intrik keluarga, kekayaan, dan kekuasaan 

12. Signal

Mengudara pertama kali pada 22 Januari 2016 dan berakhir pada 12 Maret 2016, serial berjudul Signal ini berhasil mengumpulkan 12,544% penonton. Terinspirasi dari sebuah insiden nyata yang terjadi di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, Lee Je Hoon yang berperan sebagai seorang profiler kriminal yang juga seorang letnan polisi, melakukan investigasi untuk kasus pembunuhan teman sekelasnya saat di bangku sekolah. Bekerjasama dengan seorang veteran detektif (diperankan oleh Kim Hye Soo), lihat perjalanan Park Hae Yong dan Cha Soo Hyun yang menegangkan saat ingin menguak kebenaran yang terjadi. 

11. Hospital Playlist

Setelah pertama kali tayang di tahun 2020 kemarin dan berhasil meraup respon positif, kisah lima dokter sekawan dari Rumah Sakit Yulje kembali berlanjut di musim kedua yang tayang pada bulan Juni silam. Dan untuk seri yang digarap oleh duo sutradara Shin Won Ho dan penulis naskah Lee Woo Jung ini berhasil meraup rating sebesar 14,14%. Apakah Anda termasuk golongan penonton yang berharap Hospital Playlist akan kembali untuk musim ketiganya di masa depan?

Baca juga: Penuh Pesan Moral, Ini 10 K-Drama yang Harus Anda Tonton!

10. Itaewon Class

Drama yang sedang mencuri banyak perhatian penonton drama Korea ini baru saja mengakhiri kisahnya yang ditayangkan pada 31 Maret lalu. Berhasil menampilkan sisi lain dari kemampuan berakting Park Seo Joon dan seorang aktris pendatang baru, Kim Da Mi. Itaewon Class berhasil duduk di posisi ke-7 dengan rating 13,965% 

9. 100 Days My Prince

Berlatar di masa Joseon, 100 Days My Prince mampu memenangkan hati penonton dengan mengumpulkan 14,412%. Menceritakan tentang perjalanan Lee Yool (Do Kyung Soo), ia adalah seorang Putra Mahkota, yang tiba-tiba menghilang. Namun setelah seratus hari menghilang, secara tiba-tiba akhirnya Lee Yoo kembali ke istana. Lalu apa yang terjadi pada Putra Mahkota selama seratus hari terakhir?

8. Vincenzo

Menjadi proyek kembalinya aktor Song Joong Ki ke layar kaca setelah mengumumkan perpisahannya dari Song Hye Kyo, kita semua tentu setuju ia memiliki mata yang jeli untuk memilih proyek comeback yang tepat. Ya, berperan sebagai seorang pengacara mafia asal Italia yang baru saja kembali ke Negeri Ginseng, perjalanannya bersama Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin) dan juga para penghuni gedung Geumga Plaza tentu berhasil mengundang gelak tawa namun juga semangat kekeluargaan yang menghangatkan hati. Buktinya, drama yang tayang pada bulan Februari hingga Mei 2021 ini berhasil mengumpulkan angka rating hingga 14,64%.

7. Mr. Queen 

Jika Anda adalah penggemar drama berlatar era kerajaan dan juga genre komedi, Anda tentu tak boleh melewatkan drama yang dibintangi oleh Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun. 

Setelah berhasil mencuri hati para penonton ketika dirinya berperan sebagai Gu Seung Jung yang memiliki takdir tragis di drama Crash Landing on You, kini dirinya bertransformasi menjadi seorang Raja yang berwibawa. Ia pun mendapati dirinya menikah dengan seorang wanita bernama Kim So Yong. Namun berbeda seperti kebanyakan wanita lainnya, So Young yang memiliki kepribadian yang sangat unik menyimpan rahasia besar bahwa sesungguhnya jiwanya telah tertukar dengan seorang laki-laki dari masa depan.

Terlepas dari kontroversi yang sempat menimpa drama ini, serial ini berhasil mencapai peringkat nasional sebesar 17,4%, mengumpulkan lebih dari 4 juta penonton, dan memecahkan rekor untuk drama produksi stasius tvN dengan mencapai peringkat tertinggi ke-5 dalam sepanjang sejarah.

6. Mr. Sunshine

Berhasil membawa aktor kawakan, Lee Byung Hun kembali membintangi serial lokal Korea setelah tujuh tahun hiatus dari dunia drama Korea, Mr. Sunshine mengambil latar selama masa ekspedisi Amerika Serikat ke Joseon (Korea Selatan) di tahun 1871. Mr. Sunshine mampu menarik hati penonton dan meraup rating hingga 18.129%

5. Guardian: The Lonely and Great God

Sempat menggemparkan dunia drama Korea di tahun 2017, Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih akrab dengan judul Goblin ini memiliki pemeran yang bertabur bintang. Mulai dari Gong Yoo, Kim Go Eun, sampai Lee Dong Wook terlibat dalam drama ini. Dan tentunya hasil untuk drama ini juga tidak mengecewakan. Berhasil duduk di posisi kelima, Goblin telah menarik penonton hingga 18.68%!

4. Reply 1988

Drama yang tayang di tv kabel TVN ini pertama kali disiarkan pada 16 November 2015, dan berhasil meraup rating hingga angka 18.803%. Ide utama dari drama Reply 1988 ini terinspirasi oleh serial drama MBC dengan judul "Three Families Under One Roof" yang ditayangkan mulai 9 November 1986 hingga 13 November 1994.

3. Crash Landing on You

Salah satu drama yang sempat menggemparkan seluruh penikmat drama Korea ini harus puas turut level ke posisi ketiga. Menampilkan akting yang sungguh luar biasa dari kedua pemeran utamanya, Hyun Bin dan Son Hye Jin. Crash Landing on You mampu menembus angka 21.683% dengan total 16 episode yang tayang mulai dari 14 Desember 2019 sampai dengan 16 Februari 2020.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Perjalanan Hubungan Hyun Bin dan Son Ye Jin

2. Sky Castle 

Setelah sempat menjadi jawara berkat pencapaiannya yang mampu mengumpulkan rating penonton hingga mencapai angka 23.779%, kini di bulan Oktober 2021, Sky Castle harus puas turun takhta dengan berada di posisi kedua setelah dikalahkan oleh pemenangnya. Serial yang mengikuti kisah kehidupan empat wanita yang tinggal di lingkungan yang mewah, mereka saling berkompetisi untuk membuat suami mereka lebih sukses dan membesarkan anak-anak mereka dengan cara yang sangat keras. 

1. The World of Married Couple

Jika sebelum artikel ini diperbaharui drama Sky Castle berhasil duduk sebagai kampiun, maka kini drama yang tayang di akhir tahun 2018 hingga awal tahun 2019 ini harus puas duduk di posisi kedua setelah tergeser oleh drama bergenre “makjang” dengan judul The World of The Married Couple yang mengudara di pertengahan tahun 2020 silam.

Benar-benar menggemparkan jagat hiburan Korea berkat premis ceritanya (yang kala itu) segar, The World of Married Couple mengusung kisah kehidupan seorang wanita bernama Ji Sun Woo (diperankan oleh aktris senior Kim Hee Ae) yang harus rela melihat sang suami jatuh ke dalam godaan wanita penggoda bernama Yeo Da Kyung (diperankan oleh Han So Hee).

Tak hanya berhasil mengamankan posisinya di puncak klasemen ketika dirinya berhasil meraup rating hingga menyentuh angka 28,37%, drama ini juga sukses mengantarkan sang pemeran utama wanita, Kim Hee Ae dan juga sutradara Mon Wan Il memenangkan penghargaan untuk kategori Best Actress dan Best Director di salah satu ajang paling prestisius, BaekSang Arts Awards yang ke-56 tahun 2020 silam.

Baca juga: 12 Judul Drama Korea yang akan Tayang di Bulan November 2021, Sudah Tak Sabar?

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of AsianWiki, IMDb)