• 10 Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

    Culture / News


    10 Drama Korea Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

    Apakah drama favorit Anda termasuk di dalamnya?


    Selain memiliki jajaran aktor yang disukai oleh penonton dan jalan cerita yang seru untuk menarik hati para penonton, salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan sebuah drama adalah ditinjau dari rating penontonnya. Sebuah drama biasanya akan diukur dari rating (per-episode ataupun secara keseluruhan) untuk melihat kinerja dari drama tersebut.

    Berikut adalah 10 drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa (untuk drama yang ditayangkan di jaringan kabel): 





    10. Hotel del Luna


    Drama yang dirilis pada tahun 2019 silam dan diperankan oleh Lee Ji Eun atau yang lebih akrab disapa IU dan Yeo Jin Goo ini memiliki ide cerita yang menarik karena mengangkat kisah tentang sebuah hotel yang khusus melayani para hantu yang tinggal di bumi. Hotel del Luna sendiri harus puas duduk di posisi ke-10 dengan meraup rating sebesar 12.001% untuk 16 episode penayangannya. 


    9. The Lady in Dignity


    Dengan total 20 episode, serial The Lady in Dignity mampu menarik penonton hingga mencapai rating 12.065%. Menghadirkan dua sosok artis Korea senior, Kim Hee Seon dan Kim Sun A, The Lady in Dignity mengangkat kisah yang penuh dengan intrik-intrik keluarga, kekayaan, dan kekuasaan 


    8. Signal


    Mengudara pertama kali pada 22 Januari 2016 dan berakhir pada 12 Maret 2016, serial berjudul Signal ini berhasil mengumpulkan 12,544% penonton. Terinspirasi dari sebuah insiden nyata yang terjadi di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, Lee Je Hoon yang berperan sebagai seorang profiler kriminal yang juga seorang letnan polisi, melakukan investigasi untuk kasus pembunuhan teman sekelasnya saat di bangku sekolah. Bekerjasama dengan seorang veteran detektif (diperankan oleh Kim Hye Soo), lihat perjalanan Park Hae Yong dan Cha Soo Hyun yang menegangkan saat ingin menguak kebenaran yang terjadi. 


    7. Itaewon Class


    Drama yang sedang mencuri banyak perhatian penonton drama Korea ini baru saja mengakhiri kisahnya yang ditayangkan pada 31 Maret lalu. Berhasil menampilkan sisi lain dari kemampuan berakting Park Seo Joon dan seorang aktris pendatang baru, Kim Da Mi. Itaewon Class berhasil duduk di posisi ke-7 dengan rating 13,965% 

     

    6. 100 Days My Prince


    Berlatar di masa Joseon, 100 Days My Prince mampu memenangkan hati penonton dengan mengumpulkan 14,412%. Menceritakan tentang perjalanan Lee Yool (Do Kyung Soo), ia adalah seorang Putra Mahkota, yang tiba-tiba menghilang. Namun setelah seratus hari menghilang, secara tiba-tiba akhirnya Lee Yoo kembali ke istana. Lalu apa yang terjadi pada Putra Mahkota selama seratus hari terakhir?


    5. Mr. Sunshine



    Berhasil membawa aktor kawakan, Lee Byung Hun kembali membintangi serial lokal Korea setelah tujuh tahun hiatus dari dunia drama Korea, Mr. Sunshine mengambil latar selama masa ekspedisi Amerika Serikat ke Joseon (Korea Selatan) di tahun 1871. Mr. Sunshine mampu menarik hati penonton dan meraup rating hingga 18.129%


    4. Guardian: The Lonely and Great God


    Sempat menggemparkan dunia drama Korea di tahun 2017, Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih akrab dengan judul Goblin ini memiliki pemeran yang bertabur bintang. Mulai dari Gong Yoo, Kim Go Eun, sampai Lee Dong Wook terlibat dalam drama ini. Dan tentunya hasil untuk drama ini juga tidak mengecewakan. Berhasil duduk di posisi ke-4, Goblin telah menarik penonton hingga 18.68%!


    3. Reply 1988


    Drama yang tayang di tv kabel TVN ini pertama kali disiarkan pada 16 November 2015, dan berhasil meraup rating hingga angka 18.803%. Ide utama dari drama Reply 1988 ini terinspirasi oleh serial drama MBC dengan judul "Three Families Under One Roof" yang ditayangkan mulai 9 November 1986 hingga 13 November 1994.


    2. Crash Landing on You


    Salah satu drama yang sempat menggemparkan seluruh penikmat drama Korea iniharus puas berada di posisi kedua. Menampilkan akting yang sungguh luar biasa dari kedua pemeran utamanya, Hyun Bin dan Son Hye Jin. Crash Landing on You mampu menembus angka 21.683% dengan total 16 episode yang tayang mulai dari 14 Desember 2019 sampai dengan 16 Februari 2020.


    1. Sky Castle 


    Akhirnya untuk posisi jawara dengan rating penonton yang mencapai 23.779% ini dipegang oleh drama Sky Castle. Serial ini mengikuti kisah kehidupan empat wanita yang tinggal di lingkungan yang mewah. Mereka berkompetisi untuk membuat suami mereka lebih sukses dan membesarkan anak-anak mereka dengan cara yang sangat keras. 




    (Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of IMDb)









- RELATED ARTICLE -