• Tips Membentuk Alis Agar Tampak Sempurna

    Beauty / Tips


    Tips Membentuk Alis Agar Tampak Sempurna

    Masih bingung bagaimana cara untuk meraih tampilan alis yang ideal? Simak tips-tips jitu yang berikut ini.


    Elemen alis merupakan bagian penting dari paras seseorang. Alis yang terlalu tebal mungkin bisa menjadikan ekspresi Anda seperti sedang terkejut dan begitu pun sebaliknya. Agar alis mata senantiasa terlihat indah, beberapa siasat di bawah ini bisa Anda praktikkan sendiri dengan mudah.


    1. Rapikan secara berkala

    Guna menjaga agar tampilannya tetap rapi, sebaiknya cabut alis seminggu sekali dengan menggunakan pinset. Sebaiknya, lakukan sehabis mandi air hangat karena uapnya membantu rambut-rambut halus untuk lebih gampang terlepas.

    Namun ingat, jangan berlebihan dalam mencabut alis bagian atas karena akan membuat figurnya terlalu rata. Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, mintalah bantuan seorang profesional di salon-salon kecantikan yang terpercaya.

    Kini, Anda juga dapat memilih beberapa metode untuk merapikan alis seperti contohnya waxing dan threading. Adapun bagi Anda yang tengah menggunakan perawatan antijerawat maupun skincare dengan kandungan retinoid, hindari waxing dan beralihlah ke threading.

    Sebab, waxing dikhawatirkan dapat bersifat abrasif terhadap lapisan kulit yang menipis akibat kedua jenis pengobatan tersebut. Namun, Anda juga harus waspada akan risiko ingrown hair yang bisa muncul akibat threading ataupun mencabut alis dengan tweezer!


    Baca juga: Rekomendasi Produk Alis Paling Populer


    2. Rawat helaiannya

    Apabila alis Anda termasuk tipis atau mudah rontok, tak ada salahnya untuk mengoleskan castor oil yang disebut-sebut dapat membuat teksturnya lebih lebat. Selain berkhasiat menebalkan, minyak tersebut juga ternyata memiliki manfaat untuk memperkuat bagian akarnya agar alis Anda tak lekas berguguran.


    3. Gunakan produk pengisi alis sesuai karakter Anda

    Untuk “menambal” bagian-bagian alis yang kosong, Anda bisa menggunakan berbagai cara sesuai selera pribadi. Saat ini, sudah terdapat macam-macam opsi seru yang bisa dikenakan sebagai pengisi alis.

    Misalnya saja brow wax, brow gel, brow pomade, bahkan brow set dan juga primer yang didesain secara spesial untuk alis! Tip Bazaar, tata alis secara perlahan dan tipis-tipis terlebih dulu dengan tidak terlalu menekan produk saat aplikasi.

    Jika warnanya sampai terlihat terlalu pekat, rapikan dengan menggunakan spool (kuas yang seperti ujung tongkat maskara) ataupun sikat alis. Ingin tampilan yang lebih natural lagi? Usapkan maskara bening ataupun petroleum jelly ke alis (dengan menggunakan tongkat maskara yang sudah tidak terpakai dan dibersihkan terlebih dulu dengan menggunakan alkohol).


    Baca juga: Beda Bentuk dan Fungsi 12 Sikat Maskara


    4. Perhitungkan lengkungannya

    Saat hendak menggambar alis dengan menggunakan pensil atau semacamnya, ukur dimensinya dengan memanfaatkan figur mata dan hidung. Buat pangkal alis Anda mengarah ke bagian atas hidung. Puncak kurva alis sebaiknya sejajar dengan bagian tengah bola mata. Sedangkan, ujung alis Anda merupakan titik akhir jika Anda menarik garis lurus dari tepi hidung ke pucuk mata bagian luar.


    5. Hindari ketergantungan akan stencil atau cetakan

    Jika ingin tampilan alis yang tetap alami, hindari pemakaian stencil! Karena, alis mata memiliki bentuk serta karakter yang unik sesuai struktur tulang masing-masing orang. Mencetak alis Anda dengan sebuah cetakan khusus mungkin sekilas terkesan mudah dan cepat, tapi hasilnya akan membuat tampilan keseluruhan yang terasa janggal dan dipaksakan.

    Hal ini bisa jadi pula disebabkan karena bentuk stencil yang menjadikan kedua alis Anda begitu seragam. Remember, your eyebrows are sisters; not twins!


    Baca juga: Serba-Serbi Sulam Alis dan Efek Sampingnya


    6. Menyeragamkan coraknya

    Samakan nuansa alis dengan warna rambut pada saat itu, terutama jika Anda terbilang cukup sering mewarnai helaiannya. Namun, jangan pernah mencoba untuk mengubah warna alis sendiri di rumah mengingat risiko kemunculan alergi dan bahayanya apabila sampai cat yang Anda gunakan sampai terkena mata.


    (Foto: Oleg Gekman©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -