• Beauty / Tips

    7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok


    7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

    Bazaar merangkum beberapa cara alami yang dapat mengurangi masalah kerontokan rambut menggunakan bahan-bahan di dapur Anda.


    Baik pria maupun wanita, pasti terganggu dengan helai-helai rambut yang tersangkut pada sisir, atau bahkan tersebar di atas bantal tidur. Pernah mengalaminya?

    Meskipun kerontokan 100 helai  rambut per hari masih dianggap normal, namun Anda perlu mencegah terjadi penipisan yang signifikan. Sebab banyak faktor menjadi penyebab kerontokan rambut, dimulai dari proses kimia seperti pewarnaan, lalu kondisi tubuh, hingga ketidakseimbangan hormon.

    Sebelum mencoba beragam produk kecantikan yang belum tentu efektif, cobalah cara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa Anda temukan di dapur ataupun supermarket, seperti berikut ini:

    1. Pijat dengan minyak, Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond.

    Cara pemakaiannya, cukup dengan memanaskan salah satu dari minyak tersebut, lalu tunggu hingga suhu tidak terlalu tinggi, kemudian perlahan oleskan pada kulit kepala Anda.

    Proses ‘penghangatan’ tersebut berfungsi untuk memperlancar peredaran darah pada kulit kepala sehingga rambut menjadi lebih kuat.

    2. Teh hijau tidak hanya sehat untuk dikonsumsi, namun air teh hijau mampu merevitalisasi batang rambut dan membantu stimulasi pertumbuhan rambut.

    Cukup aplikasikan air teh hijau pada seluruh rambut, dan diamkan selama lima menit, kemudian bilas hingga bersih.

    3. Madu dan minyak zaitun, ramu kedua bahan tersebut untuk dijadikan masker rambut.

    Campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun ke dalam mangkok bersih, lalu oleskan pada seluruh rambut khususnya pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit baru dibilas.

    Hasilnya? Seketika helai rambut lebih halus, dan apabila rutin digunakan, kerontokan akan berkurang secara bertahap.

    4. Lidah buaya, tumbuhan yang satu ini sudah dikenal sejak zaman nenek moyang sebagai penyubur rambut.

    Cara pakainya pun sangat mudah, cukup keruk bagian dagingnya lalu oleskan secara merata pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, nikmati sensasi dinginnya yang juga dapat mengatasi problem gatal serta ketombe.

    5. Lemon memang segar untuk dinikmati sebagai minuman, namun air lemon nyatanya juga bermanfaat bagi rambut.

    Lemon dianggap efektif mengurangi rambut rontok karena mengandung astringent yang mampu mengecilkan pori-pori kulit kepala khususnya bagi Anda yang memiliki scalp berminyak.

    Anda cukup memeras dua sampai tiga buah lemon, kemudian aplikasikan pada kulit kepala dan pijat perlahan, dan diamkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air dingin.

    6. Beetroot atau bit merupakan sayuran yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh karena kaya akan nutrisi, sehingga berguna bagi kesehatan kulit kepala. Maka dari itu, tambahkan beetroot ke dalam menu makanan Anda, bisa sebagai jus atau sajikan sebagai salad.

    7. Terakhir, meditasi! Stres dan kurangnya waktu beristirahat adalah salah satu penyumbang kerontokan rambut yang sering kali tidak disadari.

    Apalagi tingkat kesibukan di kota urban, ditambah dengan kadar polusi udara yang tidak bisa dihindari, membuat debu dan kotoran menumpuk di kepala.

    Oleh karena itu, selain melakukan perawatan rambut, cobalah untuk tenangkan pikiran dengan meditasi  demi meraih keseimbangan kesehatan tubuh dan jiwa. 

    (Foto : Oleggekman ©123rf.com)


    Baca juga:

    Penyebab Rambut Lepek Dan Rontok

    5 Suplemen Untuk Pertumbuhan Dan Kesehatan Rambut

    Serum Ampuh Untuk Problem Rambut Tipis

    Cara Natural Memperbaiki Rambut