• 6 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Rontok

    Beauty / Tips


    6 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Rontok

    Inilah pertolongan pertama pada kerontokan rambut!


    Rontoknya rambut tak jarang menjadi momok yang sangat menakutkan, terutama bagi para wanita. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Namun, kerontokan rambut pada umumnya dapat diakibatkan oleh tekanan emosional alias stres, kurangnya nutrisi untuk rambut, maupun perawatan yang kurang maksimal.

    Untuk mengatasinya, banyak orang yang memilih untuk pergi ke salon ataupun klinik tertentu guna melakukan beberapa terapi seperti contohnya PRP (Platelet-Rich Plasma) hingga transplantasi. Akan tetapi, tak sedikit orang yang masih memiliki kendala keterbatasan waktu untuk melakukan hal tersebut.

    Ditambah lagi, treatment dengan rekayasa teknologi tersebut kerap membutuhkan biaya yang tidak murah. Daripada terus saja menunda-nunda, mungkin tak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasi rambut rontok dengan metode-metode simpel yang masih terbukti efektif seperti yang berikut ini.


    1. Hati-hati dalam menjalin atau mengikat rambut

    Terlalu sering mengikat rambut, pemakaian extensions, terlampau kencang saat mengepang, apalagi sampai membawa tidur jalinan rambut Anda salah-salah dapat membuat batangannya lekas rusak karena struktur yang rapuh.

    Jika tidak begitu perlu, menggerainya lebih baik bagi kekuatan rambut daripada melakukan styling secara berlebihan. Apabila Anda memang harus menatanya karena tuntutan profesi, misalnya, usahakan sedemikian rupa agar gelungan rambut bisa sedikit lebih longgar daripada biasanya.


    2. Jangan mencuci rambut terlalu sering

    Cara selanjutnya untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memerhatikan lagi frekuensi keramas Anda. Terlampau sering mencuci rambut merupakan salah satu penyebab rambut rontok yang acap kali terjadi namun kerap tersepelekan. Apabila rambut tak terlalu kotor, keramas setiap dua hari sekali saja relatif sudah lebih dari cukup.


    3. Hindari diet yang kurang seimbang

    Penurunan berat badan secara drastis akibat kurang terjaganya pola makan bukan mustahil mengakibatkan kerontokan rambut yang cukup parah. Pastikan untuk mencukupi asupan gizi Anda, terutama vitamin D, dan juga zat besi. Konsumsi vitamin D yang baik bisa didapatkan dari daging merah, ati, sarden, tuna, hingga salem.

    Sedangkan, komponen zat besi biasanya terkandung dalam tiram serta kalkun. Makan sayuran seperti contohnya bayam, protein dalam bentuk kedelai, chia seed, dan kacang-kacangan juga sangat disarankan. Selain itu, Anda juga sebaiknya mengurangi memakan gula dan lemak yang kurang sehat.

    Baca juga: Resep Green Smoothies Untuk Diet


    4. Minimalisasi pemakaian pengering rambut

    Terus-menerus memakai hairdryer seringkali menyebabkan rambut menjadi rapuh dan secara tak langsung juga dapat mengakibatkan kerontokan. Jadi, waspadalah saat menggunakan alat yang satu ini. Jika masih memungkinkan, keringkan rambut secara alami saja.

    Atau, kenakan handuk untuk membungkus kepala atau menepuk-nepuk helaiannya secara lembut dan perlahan-lahan. Namun apabila Anda benar-benar harus menggunakan hairdryer, setidaknya gunakanlah pengaturan temperatur yang paling rendah.

    Selanjutnya, kenakanlah produk yang dapat melindungi rambut dari panas tinggi. Saat ini, sudah banyak terdapat komoditi heat protectant yang dijual secara luas di toko-toko dan situs belanja online baik dalam formulasi minyak, mousse, krim, dry oil, serum, leave-in conditioner hingga hair spray


    5. Singkirkan ketombe

    Ketombe tak bisa dianggap sepele karena keberadaannya ternyata juga dapat berakibat pada rambut yang berguguran. Apabila kerontokan rambut Anda sekiranya disebabkan oleh problem ketombe, tak ada salahnya untuk menyelesaikan masalah tersebut terlebih dulu. Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan pengobatan antiketombe yang kini banyak dijual di pasar swalayan maupun apotek.

    Baca juga: Kenali Penyebab Ketombe dan Cara Menyiasatinya!


    6. Potong rambut

    Jika rambut Anda sudah terasa sangat rentan akan kerusakan, pangkaslah. Mengurangi panjang rambut Anda diyakini dapat memperbaiki kualitas helaiannya serta bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok. 


    Baca juga: 30 Inspirasi Gaya Rambut Pendek


    7. Menyisir rambut dengan baik

    Menyikat rambut Anda sebanyak 100 kali untuk mendapatkan rambut sehat adalah mitos kecantikan yang masih sering dipraktikkan oleh banyak perempuan. Jika Anda termasuk salah satunya, mungkin ada baiknya untuk menghentikan ritual tersebut sekarang juga.

    Sebab, tindakan tersebut sangat mungkin mengakibatkan kerontokan rambut yang cukup parah. Selain itu, ada baiknya pula untuk memilih sisir bergigi jarang agar keindahan rambut Anda tetap terjaga. Sisir yang terlampau rapat tentu akan membuat helaiannya tertarik dan mudah terlepas dari kulit kepala. 


    (Foto: LithianĀ©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -