• Tips Merias Wajah di Usia 40-an

    Beauty / Tips


    Tips Merias Wajah di Usia 40-an

    Life begins at 40! Namun, bagaimana aplikasi makeup yang pantas jika umur tak lagi belia?


    Semua perempuan berhak untuk tampil dan merasa cantik, terlepas dari berapa pun usianya. Akan tetapi, masalah kulit yang berkenaan dengan penuaan seperti garis-garis halus, keriput, dan vlek-vlek hitam sangat mungkin membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

    Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Meskipun perawatan kulit pastinya harus diutamakan, namun tata rias pun akan sangat membantu untuk menyamarkan berbagai masalah kulit itu pada saat-saat tertentu. Misalnya saja, saat akan menghadiri acara-acara penting. Untuk itu, Bazaar telah mengompilasi beberapa trik riasan yang jitu agar paras Anda tetap memesona di umur kepala empat.


    1. Mulailah dengan mencuci muka dan menggunakan pelembap

    Semakin tua Anda, kulit juga akan semakin kering karena berkurangnya kelenjar minyak. Jika tidak ditangani dengan baik, akibatnya garis-garis halus dan keriput pun kian bertambah jelas. Maka dari itu, penting untuk memulai riasan Anda dengan “kanvas” yang cukup elastis.

    Caranya, bersihkan wajah secara saksama dan kenakan moisturizer tepat setelahnya saat muka masih dalam keadaan lembap. Khusus untuk area mata, oleskan eye serum yang berbahan silikon agar concealer Anda dapat menempel dengan sempurna nantinya.


    Baca juga: 10 Produk Skincare yang Wajib Dimiliki di Usia 40-an


    2. Hindari pemakaian alas bedak dengan formulasi yang terlalu berat

    Bukannya menjadikan kulit lebih halus, foundation ataupun concealer yang terlalu kental malah akan membuat muka Anda terlihat “retak”. Sebisa mungkin, upayakan untuk memilih alas bedak berlabel lightweight yang bisa melapisi wajah Anda laksana kulit kedua. 


    3. Manfaatkan kontur wajah

    Masing-masing orang memiliki struktur tulang yang unik dan bisa disiasati oleh teknik contouring agar figurnya lebih sesuai dengan keinginan. Dengan menggunakan palet khusus ataupun permainan foundation gelap dan terang, Anda bisa membuat wajah seolah-olah terangkat.

    Sebagai contoh, gunakan alas bedak yang lebih gelap pada daerah rahang, tulang pipi, dan bagian pelipis bersamaan dengan foundation berwarna terang di area dagu, tengah hidung, serta dahi agar wajah lebih terdefinisi.


    4. Gunakan bedak tabur

    Jika dibandingkan dengan compact powder yang sifatnya cenderung cakey, pemakaian loose powder akan membantu Anda menutupi garis-garis halus di permukaan wajah terutama kantung mata secara lebih optimal.


    Baca juga: 14 Cara Praktis dan Alami Menghilangkan Kantung Mata


    5. Memulaskan perona pipi 

    Penggunaan bronzer sebetulnya sangat bermanfaat untuk membuat wajah tampak kian berseri. Akan tetapi, aplikasi yang berlebihan justru dapat mengakibatkan paras Anda terlihat lebih tua daripada seharusnya! Namun jangan khawatir, karena hal ini bisa disiasati dengan cara mencampurkan bronzer ke dalam moisturizer atau foundation yang berbentuk cair sebelum mengusapkannya ke wajah.

    Atau, kenakan bedak padat yang memiliki gradasi dua tingkat lebih gelap daripada warna kulit asli Anda untuk digunakan sebagai bronzer. Rampungkan dengan pemakaian blusher berbentuk krim dengan gradasi coral atau pink yang ditepuk-tepuk secara lembut ke permukaan pipi.


    6. Seleksi kosmetik sesuai kondisi bibir

    Apabila permukaan bibir seringkali terasa kering, bubuhkan pelembap sebelum pemakaian lipstik atau campurlah pewarna bibir Anda dengan lip balm secukupnya agar tampilannya tampak lebih lembut. Sedangkan jika Anda merasa bermasalah dengan tampilan bibir yang tampak menipis, ada baiknya untuk mengistirahatkan lipstik merah Anda sejenak dan beralihlah ke palet-palet yang lebih netral seperti beige ataupun peach.

    Sebagai sentuhan akhir, Anda juga bisa menambahkan sedikit lip gloss transparan untuk tampilan yang tampak lebih penuh. Namun jika Anda merasa lebih bermasalah akan garis halus yang hinggap di sekitar bibir, aplikasikan lip liner sebelum mengoleskan lipstik bertekstur matte supaya warnanya tak lekas meleleh.


    Baca juga: Perawatan Paling Tepat untuk Kulit Wajah Sensitif


    7. Tambahkan komponen pelembap di akhir tahap

    Selesai merias, tak ada salahnya untuk menyemprotkan moisturizing spray atau finishing mist dengan karakter dewy agar wajah tampak lebih kenyal dan awet muda. 


    (Foto: subbotina©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -