• Cara Mengatasi Kantung Mata Dengan Skincare dan Makeup

    Beauty / Tips


    Cara Mengatasi Kantung Mata Dengan Skincare dan Makeup

    Hadirnya kantung di bawah kedua mata membuat Anda selalu terlihat letih dan lebih tua daripada usia Anda.


    Eye bags dan dark circle merupakan musuh nyata para wanita selain jerawat dan pori-pori besar. Kondisi ini bisa merupakan genetik atau diwariskan, namun bisa juga disebabkan oleh pembuluh darah di bawah mata yang bengkak atau tidak mengalir dengan baik. Kulit pada area mata sangat tipis, sehingga jika Anda kurang tidur, mengonsumsi sodium terlalu banyak, atau memiliki iritasi di sekitar mata, yang terlihat adalah warna gelap dan bentuk kantung yang mengganggu. 

    Untuk mengatasinya memang butuh keterampilan. Tak hanya dengan mengaplikasikan makeup mata yang benar, tapi juga menjalankan rutinitas perawatan kulit yang lebih baik. Simak beragam trik dari Bazaar berikut ini!


    Cara Mengatasi Kantung Mata Dengan Skincare 

    1. Bahan alami

    Anda dapat menggunakan beragam bahan alami yang ada di dapur sebagai kompres mata, misalnya potongan mentimun atau kantung teh hijau bekas pakai yang sudah didinginkan. Mentimun sangat kaya air sehingga mampu melembapkan kulit, sementara teh hijau kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi sehingga dapat meredakan bengkak. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan helaian kapas yang direndam ke dalam susu segar dingin atau memakai ice cube yang dibungkus oleh kain bersih. Lakukan selama 10-15 menit setiap hari, pagi sebelum makeup atau malam menjelang tidur.

    Cara Mengatasi Kantung Mata Dengan Bahan Alami

    2. Eye patch

    Selain lip patch, kini eye patch juga semakin mudah ditemui. Masker khusus kantung mata ini dapat dibeli di drugstore atau toko makeup online favorit  Anda. Eye patch yang diletakkan pada bawah mata Anda akan memberikan rasa nyaman, sejuk, menenangkan kulit yang stres dan membuat kulit pada area tersebut tetap lembut dan lembap. 

    3. Eye cream

    Jangan tunggu usia Anda terus bertambah dan kerutan semakin banyak. Sejak usia 20-an setiap wanita bisa menggunakan eye cream atau eye serum. Aplikasikan setiap malam sebelum Anda tidur. Bubuhkan menggunakan jari manis (jari yang memiliki tekanan paling lembut), atau pilih eye cream yang telah memiliki aplikator sehingga Anda tak perlu melibatkan jari Anda. 

    4. Mild cleanser

    Kulit pada area mata merupakan kulit yang paling halus, maka hindari menggosok-gosok kulit terlalu keras saat membersihkan area mata. Pilih pembersih wajah yang tidak membuat kulit terasa kering atau kaku setelah dibersihkan. Jika Anda selalu menggunakan makeup mata yang berat, sebaiknya gunakan cleansing oil atau cleansing balm yang lebih melembapkan dibandingan cleansing water. Aplikasikan dengan gerakan memutar diiringi pijatan lembut sampai semua makeup luruh, kemudian bersihkan dengan kapas. Lanjutkan dengan facial wash dan toner.


    Baca juga: Toner untuk Kulit Beminyak Paling Favorit Versi Bazaar


    Cara Mengatasi Kantung Mata Dengan Makeup

    1. Andalkan concealer

    Pilih concealer dengan warna yang sesuai kulit Anda. Sebaiknya pilih tekstur yang creamy dan tetap membuat kulit terasa lembap, sebab jika kulit menjadi kering, makeup pun akan terlihat tidak halus dan cracking. Setelah Anda membubuhkan foundation, aplikasikan concealer dengan bentuk segitiga terbalik tepat di bawah mata. Bentuk ini tak hanya dapat menyamarkan dark circle, tetapi juga memberi efek wajah lebih kencang. Kemudian baurkan dengan kuas khusus concealer atau beauty blender. Jumlah concealer sebaiknya tidak terlalu banyak untuk menghindari tampilan yang cakey.

    Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Concealer

    Anda juga dapat mengaplikasikan concealer berwarna peach atau orange. Warna-warna tersebut akan menetralkan warna kebiruan atau gelap yang ada di bawah mata. Namun, concealer berwarna seperti ini harus diaplikasikan sebelum foundation. Jangan lupa, blending is the key. Lakukan secara lembut sampai warna orange atau peach tertutup namun tidak terhapus.

    Cara Mengatasi Kantung Mata Dengan Concealer yang Benar

    2. Set dengan tisu dan powder.

    Setelah concealer selesai diaplikasikan, blot area tersebut dengan tisu tipis (sehelai tisu yang dipisah menjadi dua) untuk mengurangi minyak yang berlebih. Kemudian bubuhkan loose powder yang ringan. Hindari menggunakan two-way cake atau compact powder agar tidak terlalu berat. Namun bagi pemilik kulit kering atau sangat kering, powder dapat dihindari agar kulit tidak semakin tampak kering atau cracking.

    3. Padukan eye cream, highlighter, dan concealer.

    Alternatif lainnya, Anda bisa memadukan tiga produk sekaligus: eye cream, highlighter cair, dan concealer. Tuangkan masing-masing produk secukupnya ke punggung tangan, kemudian campurkan. Aplikasikan campuran tersebut di bawah mata dan di tulang alis untuk mencerahkan area mata dan mengurangi bengkak. Paduan ini memberi hasil yang lebih ringan dibanding hanya menggunakan concealer, sehingga cocok bila Anda menginginkan look yang natural atau tidak mempunyai eye bags yang sangat terlihat jelas. 

    Selain dengan skincare dan makeup, lengkapi pula dengan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup selama 8 jam sehari dan mengurangi rokok. Selamat mencoba!


    Baca juga: 14 Cara Praktis dan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata


    (Foto: Olesia Getman©123RF.com, Vladimir Gjorgiev©123RF.com, puhhha©123RF.com)








- RELATED ARTICLE -