• 15 Makanan yang Harus Dicoba di Jepang

    Culture / Tips


    15 Makanan yang Harus Dicoba di Jepang

    Inilah daftar kuliner wajib saat berpelesir ke Negeri Matahari Terbit!


    Tak hanya identik akan kekentalan budaya dan keindahan alamnya, Jepang juga sangat terkenal akan ragam hidangan autentik yang lezat serta memiliki kekhasan tersendiri. Jika kebetulan Anda sedang berpelesir ke sana, pasti tak lengkap rasanya apabila belum mencicipi yang berikut ini. 


    1. Kari



    Gurihnya kuah yang kaya akan rempah membuat kari ala Jepang begitu mudah dipadupadankan. Selain nasi kari, Anda akan banyak pula menemui sajian kari yang tak kalah menariknya seperti curry udon dan bahkan curry bread. Selain ayam, kari Jepang juga sering dikombinasikan dengan daging babi, telur, maupun sapi.


    2. Sushi



    Pastinya, kunjungan Anda ke Jepang belum akan benar-benar lengkap tanpa melahap hidangan sushi di negara asalnya. Masing-masing daerah mungkin saja memiliki spesialisasinya masing-masing. Seperti contohnya prefektur Gifu yang menjagokan sushi dengan daging Hida. Namun jika kebetulan Anda sedang singgah di Tokyo, cobalah untuk mampir makan ke rumah makan Sushi Dai di kawasan Tsukiji Fish Market.


    3. Sashimi



    Selain legit di lidah, sashimi sering disebut-sebut sebagai hidangan yang sangat menyehatkan. Boleh jadi, hal tersebut disebabkan karena kuliner satu ini dimakan mentah-mentah begitu saja alias tidak melalui proses pemasakan sedikit pun.


    Baca juga: 11 Ide Tempat Wisata di Jepang yang buat Anda Betah di Sana!


    4. Ramen



    Biasanya, ramen disuguhkan dengan kaldu hangat lezat dan memiliki bermacam-macam topping yang bisa Anda pilih sesuai selera. Oishii!


    5. Udon



    Paling nikmat disantap menjelang sore hari, bakmi khas Negeri Matahari Terbit yang bertekstur cenderung tebal ini cukup mudah untuk ditemukan di kedai-kedai yang tersebar di seluruh penjuru kota-kota Jepang.


    6. Soba



    Sebagai salah satu sajian tradisional khas Jepang, soba memiliki cita rasa unik dan kerap disajikan dingin. Beberapa diantaranya juga mengharuskan Anda untuk mencelupkan mi tersebut ke dalam kuah khusus sebelum melahapnya. Semakin kencang bunyi dari mulut Anda saat menyeruput hidangan ini, konon sang koki justru akan merasa semakin dihargai karena hal itu berarti bahwa karyanya sungguh enak!


    Baca juga: 10 Oleh-oleh Khas Jepang yang Wajib Anda Beli


    7. Yakitori



    Sate ala Jepang ini tak hanya popular lantaran kelezatan rasanya saja, namun juga karena harganya yang relatif terjangkau dan cukup mudah ditemukan di sudut-sudut kota. Selain itu, yakitori juga mempunyai banyak variasi seperti paha ayam, ati, kulit ayam dan tak jarang dikombinasikan dengan aneka sayuran.


    8. Tempura



    Jika Anda mengaku sebagai penggemar gorengan, hidangan satu ini sebaiknya tak dilewatkan. Selain udang, Anda juga akan menemukan aneka sayur yang sama-sama berbalur tepung khusus. Jangan lupa mencelupkannya ke dalam saus shoyu sebelum Anda menikmati kerenyahannya!


    9. Takoyaki



    Meski camilan satu ini sudah banyak dijual di Indonesia, namun cita rasa bola-bola gurih isi gurita yang dibuat di negara asalnya sudah tentu berbeda. Anda bisa memesan takoyaki yang dibuat secara langsung dengan berkunjung ke gerainya ataupun membeli versi instan di pasar swalayan dan mengolahnya sendiri dalam microwave sesampainya di penginapan.


    10. Oden



    Sering ditemui di dalam minimarket alias convenience store, menu oden merupakan campuran dari macam-macam kuliner seperti fishcake, telur, konnyaku dan daikon (sejenis lobak atau umbi-umbian). Adapun sajian ini sangat sesuai untuk dikonsumsi saat musim dingin. Tak hanya sehat, namun juga dapat membantu menghangatkan badan! 


    Baca juga: 10 Makanan Berkalori Tinggi Yang Baik Untuk Anda


    11. Unagi



    Di cukup banyak kota di Jepang, Anda dapat menemukan restoran yang khusus menyediakan menu belut berbalut rempah-rempah lezat. 


    12. Onigiri



    Nasi kepal yang sering Anda lihat di buku komik ini bisa menjadi kudapan praktis saat Anda lapar di tengah perjalanan ataupun sebagai bekal piknik saat mengagumi musim bunga sakura.


    13. Katsu



    Istilah katsu berasal dari kata katsuretsu yang berarti potongan daging alias cutlet jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Beberapa macam katsu yang bisa Anda nikmati saat berwisata ke Jepang yaitu tori katsu (daging ayam), katsudon, atau juga tonkatsu (daging babi). Jika Anda ingin mencicipi katsu yang berupa daging sapi, Anda bisa mencobanya di restoran kondang Gyukatsu Motomura.


    14. Wagyu beef



    Meski mematok harga yang tak tergolong murah, Anda tak akan menyesal mencicipi daging satu ini. Sejak masih belum dipotong pun, sapinya telah dipelihara dengan standar ketat sehingga menghasilkan kualitas paripurna yang sulit ditemukan di tempat lainnya. 


    15. Wasabi-flavoured food



    Bumbu berwarna hijau ini tersohor karena rasanya yang pedas dan sangat menyengat. Bagaimana kalau Bazaar menantang Anda untuk menjajal berbagai makanan yang bahan dasarnya terbuat dari wasabi? Di Daiō Wasabi Farm contohnya, Anda dapat mencicipi bir wasabi, kroket wasabi, hingga es krim rasa wasabi!


     (Foto:  Olena Danileiko©123RF)


    Tags : jepang






- RELATED ARTICLE -