• Ulasan Tentang Riasan Pernikahan Meghan Markle

    Beauty / Tips


    Ulasan Tentang Riasan Pernikahan Meghan Markle

    Simak fakta dan tips Bazaar tentang riasan Duchess of Sussex di hari istimewanya.


    Aktris Meghan Markle resmi bersanding dengan Pangeran Harry, dan menyandang gelar Duchess of Sussex. Perhelatan yang diselenggarakan Sabtu, 19 Mei 2018 lalu mengundang perhatian dan menjadi perbincangan seluruh dunia.

    Semua yang dikenakan Meghan seolah menjadi topik yang tak ada habisnya. Dengan tampilan yang sederhana, Meghan tampak cantik dan bercahaya. Apakah ia merias dirinya sendiri seperti yang dikabarkan sebelumnya?


    Makeup Ringan dan Segar

    Meski beberapa hari sebelum hari H Meghan dikabarkan akan mengikuti jejak Kate Middleton yang merias dirinya sendiri di hari pernikahannya, ternyata wanita berusia 36 tahun itu akhirnya memilih menyerahkan wajahnya dipulas oleh Daniel Martin, sang teman baik yang sekaligus seorang makeup artist profesional. Daniel juga merupakan brand ambassador kosmetik Dior, dan kerap terlihat sering menangani riasan Jessica Alba.



    Sepertinya Daniel memiliki ciri khas dalam riasannya, yakni makeup yang sangat natural dan bercahaya, apalagi hasilnya seolah makin sempurna ketika dihiasi oleh senyum Meghan sepanjang acara.

    Sehari-hari, Meghan memang sering tampil dengan makeup yang sederhana. Ia tak berusaha menutupi freckles-nya dengan berlapis-lapis foundation atau concealer. Untuk hari istimewanya pun ia memilih gaya yang sama.



    Daniel tidak menggunakan base makeup yang berat, hanya membubuhkan sedikit concealer di area mata untuk menghindari tampilan yang letih. Ia memilih fokus pada area mata, dengan menghadirkan alis yang tegas dan terdefinisi, membaurkan eyeshadow abu-abu bergaya smoky dan dilengkapi dengan fake eyelashes yang lentik.

    Bibir Meghan dibalut dengan lipstik bernuansa pinkish-nude dan pipinya dibubuhkan blush berpalet senada. Kulitnya tampak segar dan dewy.

    Riasan ini, cukup berbeda dengan gaya Meghan ketika ia belum bertemu dengan Pangeran Harry. Jika ditilik lagi ke belakang, Meghan cukup sering mengaplikasikan makeup yang lebih berwarna, mulai dari lipstik merah hingga sentuhan ungu muda pada kelopak matanya.

    Tetapi sejak bertemu Harry di tahun 2016, tampilannya menjadi lebih natural dan memakai lipstik nude telah menjadi kebiasaannya. Maka, tak heran jika pada perhelatan lalu Meghan pun memilih nuansa yang serupa. 



    Baca juga: 30 Fakta Royal Wedding Prince Harry dan Meghan Markle


    Tata Rambut yang Mudah

    Untuk rambut, ia juga memilih look yang berbeda dengan Kate Middleton saat royal wedding sebelumnya. Kate yang memang menyukai rambut tergerai, saat itu sampil dengan rambut yang diangkat separuh ke atas dan sisanya dibiarkan menjuntai dengan sentuhan ikal natural.

    Sementara loose low bun dengan belahan tengah dipilih oleh Serge Normant, sang penata rambut Meghan yang juga banyak menangani para A-lister!




    Untuk ide royal wedding kali ini, rupanya Serge terinpirasi oleh Audrey Hepburn di tahun 1960-an. Namun, ia tidak ingin membuat yang terlalu polished dan bervolume.

    Agar tetap mengaksentuasi gaya khas Meghan yang menyukai tampilan simpel dan messy, Serge tidak menggunakan terlalu banyak produk styling. Hasilnya adalah loose bun manis dapat diaplikasikan oleh siapa pun, dengan sedikit rambut yang disembunyikan di belakang telinga yang membuat fitur wajahnya terlihat jelas. 

    Serge menjelaskan bahwa menjadi hairstylist untuk Meghan adalah sebuah kehormatan sekaligus sangat menyenangkan, karena aktris yang membintangi serial Suits ini merupakan sosok yang easy-going, sehingga semuanya berjalan baik tanpa melibatkan hal-hal yang dramatis.

    Serge juga mengungkap bahwa sebelum hari H, mereka telah banyak berdiskusi tetapi tak sempat melakukan trial beberapa bridal hair. Sebab, yang terpenting bagi mereka ialah tata rambut yang termudah. Benar saja, Serge hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk melakukannya. Ia tidak ingin orang lain menunggu.



    Anda ingin mengaplikasikannya di Indonesia?

    Riasan dan tata rambut pilihan Meghan ini nyatanya menuai banyak pujian dari berbagai kalangan. Namun, memang tak akan mudah jika diterapkan di Indonesia. Dengan budaya yang merayakan pernikahan secara besar-besaran serta kental dengan pengaruh adat, makeup yang biasa diaplikasikan adalah yang bergaya polished, lengkap dengan kompleksi matte dan contour yang berani, tak jarang membuat sang pengantin terlihat begitu berbeda dengan tampilan sehari-hari, bahkan kadang sulit dikenali.

    Apalagi adanya anggapan bahwa setiap wanita harus menjadi ratu di hari pernikahannya, yang artinya wajib tampil paling megah di antara semua yang hadir, tidak boleh redup atau terkalahkan oleh para bridesmaid dan undangan lainnya. Fakta ini tentu saja memengaruhi pemikiran wanita Indonesia, sehingga sebagian merasa tak percaya diri untuk tampil dengan no-makeup makeup di hari pernikahan.

    Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan jika Anda termasuk yang ingin mengadopsi makeup pernikahan Meghan Markle? Berikut kisi-kisi dari Bazaar!


    1. Skincare adalah pendukung yang sangat krusial. Jauh sebelum hari H, Anda perlu merawat kulit lebih intens. Moisturizer adalah produk yang tak boleh dilewatkan. Anda juga dapat mengenakan toner, essence dan serum sesuai jenis kulit, dan aplikasikan sebelum moisturizer agar kulit semakin lembap, teksturnya kian lembut dan memiliki perlindungan.

    Eksfoliasi secara teratur dengan facial scrub juga penting dilakukan untuk mengeliminasi sel kulit mati dan membuat wajah lebih cerah. Jika perlu, kunjungi klinik kecantikan terpercaya untuk melakukan mikrodermabrasi yang berefek pada kulit lebih mulus dan tampak sehat. Kulit yang terawat akan tampak bersinar dengan gaya makeup apapun.


    2. Pilih foundation yang tepat. Selain memilih warna yang sesuai dengan rona alami kulit, penting untuk mengaplikasikan foundation dengan tekstur yang lightweight, yang memiliki coverage ringan atau medium agar hasilnya natural, bagai kulit kedua.

    Aplikasikan foundation dengan beauty blender untuk hasil yang lebih merata dan profesional. Sebelumnya, bubuhkan face primer pada seluruh area kulit wajah dan leher, untuk membuat pori-pori tampak minim dan menjaga foundation tetap pada tempatnya. Ini adalah tahapan penting, karena cuaca di Indonesia lembap dan panas sehinggga Anda harus memastikan makeup tidak mudah luntur akibat keringat dan sebum berlebihan. 


    3. Aplikasikan concealer yang warnanya satu tingkat lebih cerah dari foundation Anda. Bubuhkan pada area gelap di bawah mata, di dekat cuping hidung, serta pada noda-noda gelap bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Baurkan lembut dengan beauty blender atau kuas khusus concealer. 


    4. Pertegas alis dengan pensil atau brow powder, lalu lengkapi dengan brow gel agar bulu-bulu alis tetap rapi sepanjang hari. Agar smoky eyes tampak lebih ringan, hindari eyeshadow hitam.

    Warna abu-abu atau cokelat adalah opsi yang tepat. Baurkan pada seluruh kelopak mata dan garis bulu mata bagian bawah. Selalu gunakan kuas khusus eyeshadow dan bubuhkan sedikit demi sedikit agar tak tampak berlebihan, atau berakhir terlalu tebal sehingga Anda tampak seperti panda.

    Lengkapi dengan eyeliner hitam di garis bulu mata bagian atas dan sepasang bulu mata palsu dengan ketebalan medium untuk efek mata yang lebih ekspresif dan memesona. 


    5. Berbeda dengan Kate Middleton yang memakai contour cukup tegas di hari pernikahannya, yang terlihat di pipi Meghan adalah warna peachy-pink yang sangat lembut. Anda bisa memilih warna yang sama dan membaurkannya di puncak pipi. Jika menginginkan sedikit kilau, Anda bisa membubuhkan highlighter warna champagne di atasnya.


    6. Sedapat mungkin, sehari sebelum hari H bibir Anda sudah dalam kondisi yang lembap dan kenyal. Anda dapat mengaplikasikan lip sleeping mask secara rutin sebelum tidur, memakai lip balm setiap hari, dan memakai lip scrub untuk mengeliminasi sel kuli mati. Pilih lipstik bertekstur creamy atau satin dalam warna pinkish-nude sehingga bibir terasa nyaman sepanjang hari dan Anda bisa mendapatkan tampilan persis seperti Meghan.


    7. Untuk rambut, pilih updo sederhana seperti yang dilakukan Serge Normant. Setelah rambut di blow-dry, belah tengah rambut, kemudian aplikasikan sanggul dengan bentuk yang tidak terlalu rumit.

    Jika Anda memiliki rambut panjang, maka Anda bisa menggunakan rambut sendiri, tak perlu tambahan lagi. Namun, dengan kondisi cuaca di Indonesia yang membuat rambut mudah lepek, Anda dapat melibatkan sedikit sasakan, memakai volumizing hair spray dan menyematkan lebih banyak bobby pin.

    Selamat mencoba!


    Baca juga: 29 Tamu dengan Topi Terunik di Acara Royal Wedding

    Baca juga: 10 Fakta Fashion Para Tamu VIP di Royal Wedding

    (Foto: Instagram Kensington Royal, The Royal Family, Harper's Bazaar Australia)








- RELATED ARTICLE -