Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

4 Kiat Cepat Atasi Rasa Gugup

Apakah Anda sering merasa mudah cemas? Baca beberapa siasat kilat untuk mengakalinya.

4 Kiat Cepat Atasi Rasa Gugup

Hidup tak pernah lepas dari kegelisahan. Entah itu perasaan was-was menjelang presentasi kepada klien penting atau panik yang menyerang lantaran Anda terjebak di jalan tol saat harus mengejar pesawat ke bandara, sebetulnya hal tersebut dapat diatas dengan beberapa trik yang mudah untuk dipraktikkan. 

1. Tarik napas dalam-dalam

Kontrol diri dengan menarik napas panjang selama 4 detik, menahannya sebentar (kira-kira 2 detik) dan menghembuskannya secara perlahan-lahan dalam hitungan 6 detik. 

2. Hindari meminum kafein dan alkohol

Konsumsi kopi di tengah jam kantor ataupun meminum wine sepulang kerja kerap terkesan mengurangi stress. Namun, jangan lupa bahwa kecanduan kafein sebetulnya malah berisiko memicu pusing, gemetaran, hingga susah beristirahat. Selain itu, adiksi terhadap minuman beralkohol juga berpotensi mengakibatkan kekhawatiran berlebih dan tendensi untuk lekas marah. 


Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Anda Susah Berkonsentrasi


3. Mantra positif

Rapalkan kata-kata yang menyemangati diri Anda sendiri, seperti: "Masalah apa pun pasti akan terselesaikan dengan baik karena saya sudah berusaha sebaik mungkin."

4. Relaksasi otot

Tekanan emosional mengakibatkan ketegangan otot yang sebenarnya bisa dilegakan melalui metode Progressive Muscle Relaxation seperti yang dapat Anda tiru dari video berikut:

 


Baca juga:

4 Solusi Jitu untuk Atasi Vertigo

6 Hal yang Sering Anda Lupakan Tentang Kesehatan


(Foto: Borysevych.com/Shutterstock.com)