Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apa Saja Manfaat Air Garam Himalaya untuk Kecantikan?

Ketahui apa saja manfaat garam himalaya untuk kecantikan

Apa Saja Manfaat Air Garam Himalaya untuk Kecantikan?
(Foto courtesy of jcsmilly©123RF.com)

Berbeda dengan garam pada umumnya, pink sea salt Himalaya merupakan jenis garam paling murni, karena tidak melewati proses pembuatan yang berlebihan dan tidak mengandung zat kimia tambahan. Oleh karena itu, pink sea salt Himalaya kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, yodium, seng, potassium, dan masih banyak lagi. Sesuai dengan namanya, jenis garam ini berasal dari tambang garam terbesar kedua bernama Khewra Salt Mine, di kaki Pegunungan Himalaya, Pakistan. 


Uniknya, garam himalaya tidak berwarna putih seperti garam yang biasa Anda temui, melainkan berwarna merah muda. Lantas apa saja manfaat garam himalaya untuk kecantikan? Simak ulasannya berikut ini!


Eksfoliator Alami


Menumpuknya sel-sel kulit mati pada permukaan kulit dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kulit seperti kusam hingga jerawat. Sementara eksfoliasi dengan menggunakan garam Himalaya dipercaya efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan, dan mencerahkan kulit. Caranya, campurkan satu sendok teh (sdt) garam himalaya yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh (sdt) minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada wajah, pijat secara lembut dengan gerakan memutar. 


Tak hanya dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk wajah, tetapi juga dapat digunakan sebagai scrub untuk tubuh. Campurkan seperempat cup garam Himalaya dengan setengah cup minyak kelapa atau minyak zaitun. Gosok lembut dengan gerakan memutar, agar sel-sel kulit mati terangkat secara maksimal. Kemudian bersihkan. 


Menenangkan Kulit Kemerahan


Pink sea salt Himalaya memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit kemerahan akibat iritasi atau jerawat. Selain itu, garam Himalaya juga dapat membantu mempertahankan kelembapan di lapisan kulit yang lebih dalam. Caranya, campurkan dua sendok teh (sdt) garam Himalaya dengan empat sendok teh (sdt) madu murni, dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan merata di seluruh wajah Anda. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bersihkan. 


Menyeimbangkan pH Kulit


Umumnya, produk pembersih wajah bersifat basa yang sebenarnya tidak terlalu ideal untuk kulit yang memiliki pH cenderung asam. Saat pH kulit tidak seimbang, kulit menjadi lebih rentan mengalami berbagai masalah. Namun, Anda dapat memanfaatkan garam Himalaya untuk menyeimbangkan pH kulit. Anda dapat menggunakannya sebagai campuran dalam produk pembersih wajah. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh garam Himalaya dengan tiga tetes tea tree oil, lavender oil dan geranium oil. Gunakan sebagai pembersih wajah sebanyak dua kali dalam sehari.


Dapat Digunakan Sebagai Toner


Menggunakan toner adalah tahapan penting dalam rutinitas perawatan kulit. Secara umum, toner berfungsi untuk membantu mengangkat sisa kotoran yang mungkin masih ada di permukaan kulit. Garam Himalaya ini dapat digunakan sebagai toner wajah alami, sehingga membuat tampilan wajah lebih terlihat bersih. Caranya cukup mudah, campurkan 1/2 sendok teh (sdt) garam Himalaya dengan 1/2 sendok teh (sdt) minyak kelapa, 2 tetes minyak lemon, dan 1/2 gelas air ke dalam botol. Tuang toner garam Himalaya pada kapas, lalu usapkan ke wajah secara merata. 


Mengatasi Jerawat

 

Garam Himalaya memiliki sifat antiseptik alami dan antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Sementara kandungan magnesium, sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan zinc dalam garam Himalaya berfungsi untuk membantu melawan peradangan pada kulit akibat jerawat, sekaligus membantu mencegahnya datang kembali. Caranya, gunakan facial spray dari campuran 1/2 sendok teh (sdt) garam Himalaya dan 1/2 gelas air mineral ke dalam botol, dan kocok hingga tercampur rata. Kemudian semprotkan pada wajah secara rutin hingga jerawat sembuh. 


Menghilangkan Ketombe


Manfaat garam Himalaya berikutnya yakni dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengangkat sisa kotoran dari rambut Anda. Selain itu, jenis garam ini dapat menyerap kelebihan minyak di rambut untuk mencegah munculnya ketombe. Caranya, ambil secukupnya garam Himalaya dan campur dengan sampo Anda. Setelah itu, keramas dengan menggunakan sampo seperti biasa. Lalu bilas dengan air suam kuku dan pastikan tidak ada lagi sisa busa sampo dan garam yang menempel pada kulit kepala Anda. 


(Foto courtesy of jcsmilly©123RF.com)