• 7 Manfaat Magnesium Bagi Tubuh

    Beauty / Tips


    7 Manfaat Magnesium Bagi Tubuh

    Atasi gangguan keseimbangan metabolisme, hormon, kekurangan energi, gangguan kulit, dan timbunan lem


    Kekurangan magnesium nyatanya dapat mengganggu keseimbangan metabolisme, hormon, kesulitan tidur, kekurangan energi, gangguan kulit, hingga timbunan lemak yang tidak terdistribusi dengan benar. Berikut penjabaran lengkap tentang fungsi magnesium oleh Steven Macari, seorang nutritionist sekaligus pemilik The Wave State.

    Bayangkan tubuh Anda adalah sebuah penggerak di balik layar. Tubuh Anda melakukan banyak transaksi yang membutuhkan banyak uang, dan magnesium diibaratkan menjadi uang tersebut. Tubuh Anda menjalankan banyak produksi di dalamnya, dan ketika Anda kekurangan 'uang' alias magnesium di dalamnya, pikirkan apa yang akan terjadi apabila transaksi tidak dapat dijalankan dengan semestinya.

    Belum lagi kini gaya hidup, pola makan, dan juga sumber daya alam di bumi turut mempengaruhi asupan magnesium bagi tubuh Anda. Misalnya, tanaman yang menyerap nutrisi dari tanah, ternyata berhubungan magnesium yang ada di dalamnya. Sayangnya banyak tanah di Amerika dan belahan bumi lainnya mulai kehabisan magnesium. Itu saja? Beberapa masalah seperti stres, pencernaan yang terganggu hingga terus mengonsumsi processed food  juga bisa mengurangi magnesium di dalam tubuh.

    Oleh karena itu Bazaar memberikan tujuh langkah agar tubuh terus memiliki cukup magnesium:

    1. Pastikan thyroid Anda berfungsi secara baik, karena apabila buruk maka tubuh Anda tidak akan mempergunakan magnesium dengan efisien. Perlu dicatat bahwa fungsi thyroid yang maksimal akan mejadi titik penting bagi berbagai program kesehatan. "Mengonsumsi sodium secukupnya akan membuat magnesium terpelihara dengan baik. Namun jika fungsi thyroid melemah, Anda akan kehilangan keduanya. Jika kondisinya baik, maka magnesium akan mudah menyatu bersama makanan normal," ujar Ray Peat, Ph.D.
    2. Kurangi stres merupakan salah satu cara demi meningkatkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Stres juga lagi-lagi mempengaruhi fungsi thyroid.
    3. Mengonsumsi air kaldu sayuran merupakan cara mudah agar magnesium dapat menyerap nutrisinya. Resep yang bisa Anda buat di antaranya campuran dari bit hijau, swiss chard, turnip, dan kale, kemudian cukup diminum beberapa kali dalam sehari.
    4. Air kaldu tulang merupakan sumber protein serta mineral terbaik seperti kalsium dan magnesium. Selain mampu mengembalikan tingkat magnesium, Anda juga mendapat benefit lain berupa penyokong kesehatan.
    5. Berendam dengan garam epsom merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan magnesium. Lakukan seminggu sekali selama 15 menit, lalu biarkan kulit Anda menyerap magnesium sulfit dari garam epsom. Ritual ini juga baik untuk merilis stres, namun ada baiknya siapkan air kelapa atau minuman berelektrolit di samping tub untuk menjaga Anda dari dehidrasi dan menjaga keseimbangan gula darah.
    6. Anda pun dapat meraih magnesium dari suplemen. Ada yang berbentuk pil sehingga mudah diserap di dalam tubuh, tapi perhatikan kandungan laxative yang terkandung di dalamnya. Sedangkan jenis lain adalah magnesium berbasis minyak yang perlu diaplikasikan pada tubuh, hingga nutrisinya terserap oleh kulit Anda. Patut diingat bahwa apapun yang Anda gunakan pada kulit akan turut serta ke tubuh Anda, pastikan kosmetik yang dipakai bebas toksin.
    7. Kopi dan cokelat juga memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan Anda, salah satunya memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Tapi sekali lagi pastikan agar kopi dan cokelat yang Anda konsumsi diolah secara organik, dan tidak mengandung soy lecithin

    Kacang-kacangan dan biji-bijian juga dikenal merupakan sumber makanan dengan basis magnesium. Namun fakta ini masih diperdebatkan karena takaran magnesium dari sumber tersebut perlu diperhatikan, karena kandungan dari biji dan kacang terkadang menghambat fungsi pencernaan.

     

    (Steven Macari untuk Harper's Bazaar US, Alih Bahasa: Erica Arifianda; Foto:   / iStock/ Thinkstock)








- RELATED ARTICLE -