• Waspadai Gejala Keputihan yang Kurang Wajar

    Beauty / Tips


    Waspadai Gejala Keputihan yang Kurang Wajar

    Jangan sampai tanda-tanda di bawah ini menjadi cikal bakal penyakit pada kelamin Anda!


    Cairan serupa lendir yang mengalir dari vagina dan kerap disebut dengan keputihan sebetulnya merupakan peristiwa normal yang bisa terjadi pada setiap perempuan.

    Namun jika warna, aroma atau konsitensinya terlihat lain dan di luar biasanya, indikasi ini mungkin menunjukkan kondisi tertentu yang dapat merugikan kesehatan Anda. Apa saja ciri-ciri tersebut?

    1. Berbusa dan berbau tidak sedap

    Jika mendapati bentuk buih berwarna kekuningan ataupun kehijauan pada celana dalam atau pantyliner sekaligus merasa sakit saat buang air kecil, hal ini dapat berarti bahwa Anda terserang atau tertular penyakit trikomoniasis yang disebabkan oleh parasit.

    Segera periksakan ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk menghindari komplikasi. 

    Baca juga: Alopecia: Masalah Rambut yang Perlu Segera Diatasi


    2. Berwarna kecoklatan atau berdarah

    Fenomena keputihan seperti ini bisa jadi hanya berarti siklus haid yang tidak teratur namun dapat pula menjadi gejala awal kanker serviks atau endometrium.


    3. Kental dan terasa gatal

    Keputihan yang teksturnya cenderung lebih pekat atau berbentuk seperti keju serta ditambah dengan rasa gatal di area genital ataupun nyeri saat berhubungan seksual umumnya ialah pertanda terjadinya infeksi ragi pada vagina. Konon, sebanyak 75 persen wanita akan mengalami masalah ini dalam hidupnya.

    Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, seperti kehamilan, diabetes, maupun konsumsi antibiotik dalam jangka waktu yang cukup lama.

    Baca juga: 5 Kesalahan Makeup Yang Anda Lakukan Tanpa Disadari


    4. Kuning seperti nanah

    Pelepasan substansi kekuningan yang terlihat seperti nanah dari dalam kemaluan mengindikasikan terdapatnya kemungkinan gonore, yakni penyakit menular seksual yang juga mengakibatkan rasa ngilu pada bagian pelvis dan juga pendarahan di luar siklus menstruasi.

    Selain itu, gejalanya kerap disertai dengan ketidakmampuan untuk menahan kencing.


    5. Berwarna putih keabuan atau kekuningan namun disertai bau amis

    Seringkali diiringi dengan pembengkakan dan rasa panas pada alat vital, gejala seperti ini berpotensi menunjukkan adanya infeksi bakteri yang biasanya dapat diatasi dengan antibiotik ataupun krim ataupun kapsul khusus.

    Namun sebelum menggunakan obat apapun, sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis terlebih dulu.

    Baca juga: Tip Kecantikan ala Song Hye Kyo


    (Foto: martinak©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -