Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mesty Ariotedjo Bagi Kiat Asuh Anak di Masa Pandemi

Jangan lupa beri waktu untuk diri sendiri di masa pandemi.

Mesty Ariotedjo Bagi Kiat Asuh Anak di Masa Pandemi

Masa pandemi memaksa semua orang untuk melakukan semua aktivitas di dalam rumah sehingga tidak dapat dihindari adanya berbagai peran yang harus Anda jalani ketika berada dengan keluarga di rumah. Mulai dari karyawan hingga ibu rumah tangga, chef hingga guru membaca, sekat di antara setiap peran tidak lagi terlihat selama enam bulan terakhir ini.

Hal tersebut juga dirasakan oleh model dan juga dokter, Mesty Ariotedjo ketika ia berbincang dengan Dave Hendrik dalam seri Brunch With Dave Hendrik. Bahkan ia pun mengaku merasa lebih lelah melakukan pekerjaan rumah tangga dibandingkan berada di rumah sakit untuk menjalani tugasnya sebagai dokter. Namun, ibu dua anak ini memiliki beberapa kiat yang dapat dilakukan orang tua di masa pandemi, terlebih bagi Anda yang memiliki anak-anak kecil.

1. Sadari dan terima situasi pandemi yang terjadi saat ini

Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua adalah menerima bahwa masa pandemi ini mengubah tidak hanya gaya hidup tetapi mendorong kita untuk bersikap realistis. “Kalau orang tua bahagia, anak dapat juga merasa bahagia dan kalau orang tuanya gelisah, anak juga akan merasa gelisah,” ungkap Mesty.

2. Pentingnya me time bagi orang tua

Di masa ini, UNICEF Parenting COVID-19 bekerjasama dengan WHO menyarankan setiap orang tua untuk memiliki waktu untuk diri sendiri minimal 30 menit hingga satu jam. Me time dapat dilakukan di awal maupun akhir hari sehingga orang tua akan terhindar dari burnout atau kelelahan akibat multiperan yang dijalani pada waktu yang sama.


3. Orang tua perlu bekerja sama dalam mengasuh anak

Terdengar sebagai salah satu hal yang mendasar, tetapi tidak jarang adanya pembagian peran dalam keluarga. Seorang ayah sebagai pencari nafkah dan seorang ibu sebagai pengurus rumah tangga. Namun, Mesty menekankan pentingnya kerjasama orang tua dalam mengasuh anak terlebih di masa pandemi.

4. Memiliki jadwal rutin kegiatan bagi anak-anak

“Jadi mereka terbiasa dengan kehidupan selama pandemi dan memahami kegiatan yang mereka jalani sehari-hari,” jelas Mesty. Dengan demikian, anak-anak akan lebih mudah untuk menjalani hari serta mencegah tantrum pada anak-anak.

Selain kiat-kiat bagi orang tua yang mengasuh anak kecil di masa pandemi, Dave dan Mesty juga membahas tantangan orang tua di masa modern dengan kehadiran media sosial serta penerapan protokol kesehatan di Indonesia yang perlu untuk dijalani secara disiplin. Anda dapat segera menyaksikan seri Brunch With Dave Hendrik bersama dengan Mesty Ariotedjo di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Mesty Ariotedjo Ungkap Tantangan Orang Tua Modern Sekarang

Baca Juga: Mesty Ariotedjo: Banyak Hal Salah Kaprah di Masa Pandemi Ini

(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia ; @mestyariotedjo)