Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mesty Ariotedjo Ungkap Tantangan Orang Tua Modern Sekarang

Kehadiran media sosial yang tidak hanya berikan informasi tanpa batas tetapi juga tekanan bagi orang tua.

Mesty Ariotedjo Ungkap Tantangan Orang Tua Modern Sekarang

Internet hadir dalam kehidupan masyarakat untuk memudahkan keseharian, seperti membangun relasi atau berkomunikasi dengan kerabat yang terpisahkan jarak hingga mencari informasi yang dirasa membantu Anda dalam mendidik serta mengasuh anak. Namun, kehadiran internet dan media sosial menjadi tantangan baru bagi orang tua dalam mengasuh anak di era media sosial.

Dengan Dave dalam seri terbaru dari Brunch With Dave Hendrik, Mesty Ariotedjo bagikan tantangan utama yang dihadapi orang tua modern yang tidak hanya berkaitan dengan tumbuh kembang anak tetapi diri sendiri dalam menjalani peran sebagai orang tua. Melalui film Social Dilemma yang ia saksikan, Mesty mengungkapkan pengaruh media sosial yang menjadi pemegang kendali tumbuh kembang anak.

Internet memberikan berbagai macam informasi yang tidak dapat diketahui mana yang salah maupun yang benar. Mesty pun menjelaskan bahwa sebagian besar informasi yang kita terima berasal dari hal-hal yang kita minati. Dengan banyak informasi yang menyebar tanpa diketahui kebenarannya, orang tua kerap mendapatkan informasi yang misleading terkait mengasuh tumbuh kembang anak-anak mereka. Selain itu, kehadiran internet menghadirkan dunia yang terhubung dalam satu wadah, media sosial.


“Orang tua merasa pressured dengan apa yang ditampilkan orang tua lain di media sosial,” ungkap sang model. Mesty menjelaskan bahwa tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda dan media sosial digunakan orang tua untuk membagikan momen terbaik anak-anak mereka, “Selama pertumbuhan anak berada di kurva masing-masing, tidak akan menjadi masalah bila tumbuh kembang anak berbeda dari orang tua lain,” jelas Mesty.

Dave pun mengatakan, “Dulu yang kasih input dari ibu atau mertua, sekarang nggak hanya ibu atau mertua, tapi followers juga,” yang langsung disetujui oleh ibu dua anak melalui senyum lebarnya.

Mesty pun membagikan pengalamannya ketika beberapa pengikutnya di media sosial mengirimkan pesan dan menanyakan berat tubuh bayinya, ia pun mengaku tidak pernah membalas pesan tersebut karena pandangan bayi yang gemuk atau montok dianggap ideal juga memiliki resiko masing-masing. Dengan demikian, Mesty menekankan bahwa pertumbuhan setiap anak disesuaikan dengan kurva pertumbuhan masing-masing.

Perbincangan hangat Dave dan Mesty dapat segera Anda saksikan dalam seri Brunch With Dave Hendrik yang dapat segera Anda saksikan di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.

Baca Juga: Mesty Ariotedjo Bagi Kiat Asuh Anak di Masa Pandemi 

Baca Juga: Mesty Ariotedjo: Banyak Hal Salah Kaprah di Masa Pandemi Ini

(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia; @mestyariotedjo)