• Ahli Dermatologi Ini Buka Rahasia Mencegah Penuaan Dini

    Beauty / News


    Ahli Dermatologi Ini Buka Rahasia Mencegah Penuaan Dini

    Lima cara yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit Anda dari risiko penuaan dini.


    Memiliki nomor dokter kulit pada panggilan cepat akan menjadi tidak menyenangkan. Tetapi sejak kebanyakan dari Anda tidak lagi memiliki kerabat yang berprofesi sebagai dokter kulit, Bazaar bertanya kepada dr. Doris Day, seorang profesor klinis dermatologi dari New York University Langone Medical Centers, untuk memberikan rahasia-rahasia mencegah terjadinya penuaan dini.

    Kelima cara ini dapat memberikan dampak yang besar pada usaha-usaha Anda untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda. Anggaplah hal-hal ini sebagai teman akrab baru bagi kulit Anda.


    Hilangkan gula dalam diet Anda sekarang juga

    “Gula dapat menimbulkan peradangan, dan peradangan menyebabkan Anda mengalami penuaan lebih cepat. Hal ini menyebabkan pengerasan pada kulit Anda, keriput, dan tampilan kulit Anda yang terlihat sedih atau menimbulkan bercak-bercak,” jelas Dr. Doris.

    “Kulit Anda akan terlihat stress dan lelah ketika Anda mengkonsumsi makanan diet yang mengandung gula sederhana dan makanan olahan.”

    Kabar baiknya adalah bahwa Anda tetap dapat merasakan merasakan manis tanpa harus mengorbankan saat-saat remaja Anda-pastikan bahwa Anda mengkonsumsi buah segar. (Tetapi sedihnya, permen, sereal, dan cookies yang dikemas dengan sirup jagung fruktosa tinggi akan mengencani Anda lebih cepat daripada kutipan dari film John Huhges.)

    “Ketika Anda menghilangkan gula halus dari program diet, kulit Anda akan terlihat lebih baik dan lebih cerah dalam hitungan hari.”


    Antioksidan adalah penyelamat kulit yang sesungguhnya

    “Antioksidan sangat efektif dari pandangan anti-penuaan” ketika dicerna dan diterapkan ke kulit Anda, kata dr. Doris. “Antioksidan membantu kulit Anda untuk bertahan dari kerusakan – dari radiasi sinar UV, yang bersumber dari polusi, stres atau tekanan, dan dari gula jahat yang pada akhirnya Anda konsumsi juga.”

    Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti blueberry, bayam, tomat, kacang (Anda tahu daftarnya), dan mengoleskan krim antioksidan atau serum pagi dan malam (dr. Doris lebih memilih formula dengan campuran antioksidan yang berbeda).

    Pastikan juga Anda menambahkan suplemen dalam rutinitas Anda; dr. Doris mengatakan ia mengambil beberapa suplemen, termasuk yang mengandung resveratrol antioksidan “anggur” yang kuat.


    Menggunakan sunscreen dengan cukup

    “Kadar SPF yang harus saya gunakan setidaknya 30, akan tetapi semakin tinggi kadarnya semakin baik, karena tidak ada satupun orang yang benar-benar menggunakan sunscreen dengan cukup atau sering menerapkannya kembali, dan semakin tinggi kadar SPFnya dapat memberikan Anda perlindungan kulit dari matahari yang lebih maksimal,” kata dr. Doris.

    “Ini memang menghasilkan perbedaan persentase yang kecil, tetapi perbedaan itu masih terlihat signifikan, dan saya akan mengambil apa yang bisa saya dapatkan.”

    Selain kadar SPF setinggi 100, Dr. Doris menggemari produk keluaran baru sunscreen yang diperkuat dengan antioksidan sebagai pelindung kulit dan enzim perbaikan DNA untuk membantu melawan kerusakan akibat sinar UV.

    Ia juga mengembangkan beberapa trik untuk mengemas sebanyak mungkin perlindungan kulit. “Karena Anda benar-benar membutuhkan sejumlah kecil sunscreen untuk wajah Anda dan ukuran sepeser pun untuk bagian leher dan dada Anda, terapkan dalam dua kali lapisan.

    Oleskan pada kulit Anda, tunggu sampai mongering, lalu lakukan lagi untuk memastikan bahwa Anda sudah cukup mendapatkan sunscreen untuk kulit Anda.”

    Dr. Doris juga menyarankan “(Ratakan) sunscreen dari area pinggiran wajah ke bagian tengah wajah, karena Anda akan selalu mendapatkan lebih banyak untuk menutupi hidung dan bibir atas, tetapi Anda tidak akan selalu kembali untuk mendapatkan lebih banyak untuk menutupi kulit di sepanjang garis rambut dan di depan dari telinga Anda.”

    Jangan lupakan bagian dada dan leher Anda, Dr. Doris mengingatkan, termasuk bagaian sisi dan belakang leher Anda. “Meskipun Anda memiliki rambut yang panjang, karena area itu mengalami penuaan juga.” dr. Doris menyarankan agar Anda menerapkan sunscreen sebelum menggunakan pakaian setiap hari.

    Dan jangan meninggalkan rumah atau berkendara sebelum Anda menggunakan sunscreen pada bagian belakang tangan Anda. Ia bahkan memberi tahu teman-temannya untuk memakai sarung tangan pelindung matahari saat mereka sedang berkendara.


    Memiliki waktu tidur yang cukup


    Memiliki delapan jam waktu untuk tidur tidak hanya berguna untuk mengistirahatkan pikiran Anda – hal ini setara dengan memberikan liburan spa kepada kulit Anda, memungkinkan untuk menyediakan waktu dan kondisi yang diperlukan untuk mencegah sebagian kerusakan yang ditimbulkan dari lingkungan dan kebiasaan Anda akibat beraktifitas sepanjang hari.

    “Di malam hari, hormon stres Anda yaitu kortisol, turun dan tingkat pertumbuhan hormon Anda meningkat,” kata dr. Doris. “Pergeseran ini memungkinkan terjadinya perbaikan (seluler).” Dan pastikan untuk membersihkan seluruh riasan wajah Anda sebelum beristirahat, bersama dengan polusi dan kotoran umum yang menumpuk pada kulit Anda di siang hari.

    Jika Anda tidur tanpa membersihkan riasan wajah Anda, hal tersebut hanya akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit Anda.


    Rahasia awet muda Anda mungkin dengan berpuasa

    “Saya penggemar berat dari diet berpuasa,” jelas Dr. Doris. “Itu berarti 12 sampai 14 jam sehari berpuasa – delapan jam ketika Anda tidur di malam hari dan kemudian dua hingga tiga jam disela-sela waktu tersebut.

    Ini membantu mengatur metabolism dan energi bahkan lebih dari apa yang Anda dapatkan ketika tidur, dan itu memungkinkan bagi kulit Anda untuk memperbaiki dirinya sendiri.”

    Tidak mengkonsumsi kudapan saat larut malam tidak hanya akan membantu Anda menjaga berat badan Anda, tetapi juga “mengoptimalkan kemampuan kulit Anda untuk berfungsi dengan baik dalam hal perbaikan penghalang dan yang lainnya,” kata dr. Doris.

    “Anda akan melihat bahwa usia kulit Anda lebih baik dengan jenis puasa ini. Ini lebih kuat, tetapi lebih baik terhidrasi, dan tahan terhadap gangguan polusi dari sinar UV.”


    (Penulis: Kristin Perrotta; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Meiske Fabiola H; Foto: Bazaar US)


    Baca Juga:

    Solusi Membersihkan Wajah Paling Efektif Masa Kini 

    Perawatan Paling Tepat untuk Kulit Sensitif









- RELATED ARTICLE -