• 10 Cara Diet ala Keluarga Kardashian

    Beauty / Tips


    10 Cara Diet ala Keluarga Kardashian

    Klan Kardashian tidak hanya menonjol dalam urusan mode, kecantikan, dan juga drama! Terbukti mereka andal dalam meraih siluet ideal.


    Walaupun keluarga Kardashian belum mengantungi sertifikat sebagai ahli olahraga, tapi nyatanya mereka mampu menurunkan berat badan sebesar puluhan kilogram!

    Lihat saja Kim Kardashian yang sukses mengeliminasi 28 kilogram setelah tubuhnya melonjak drastis selama kehamilan, dan Kourtney juga berhasil menghilangkan berat badannya sebanyak 15 kilogram hanya dalam waktu lima bulan setelah melahirkan.

    Apalagi Khloé yang mampu mempertahankan bentuk tubuhnya, setelah ia (akhirnya) menurunkan berat badannya sebesar 19 kilogram.

    Ya, beberapa strategi mereka dalam menurunkan berat badan memang tampak tidak begitu efektif (bahkan cenderung aneh), tetapi di sisi lain mereka justru memiliki sejumlah akses untuk bertemu ahli gizi sampai personal trainer terbaik di dunia!

    Oleh karena itu, Bazaar US bertanya kepada dr. Charlie Seltzer, MD, seorang pakar diet asal Philadelphia, untuk memahami latihan para wanita Kardashian ini dalam menurunkan berat badan sehingga Anda dapat menerapkannya dengan aman serta efektif. 

     

    1. Membuat target angka berat badan secara realistis.

    Kim Kardashian diet

    Dari seluruh unggahan Kim Kardashian paska melahirkan, ia terlihat sangat vokal apabila berbicara mengenai target penurunan berat badannya. Bahkan ia sempat terlihat mengambil foto kakinya yang sedang menginjak alat timbangan tubuh.

    Kata ahli: Individu yang sering menimbang, lebih baik dalam mengatur cara menurunkan berat badan mereka. Hal itu dikarenakan mereka memiliki data yang selalu diingat, dan itu dijadikan patokan di pikiran mereka untuk mengambil langkah selanjutnya. Misalnya, apakah dietnya harus diganti atau ada sesuatu latihan yang kurang efektif. 

    Namun, perlu dicatat jika Anda harus memberi target secara realistis dan jangan tercengang apabila terjadi fluktuasi minimal dalam proses penurunan berat badan, misalnya akibat terlambat makan atau terlalu banyak mengonsumsi hidangan kaya akan garam.

    (Jika Anda adiktif terhadap angka, biarkan sang personal trainer mengukur perkembangan Anda, atau silahkan bertemu dengan ahli psikologi jika angka-angka tersebut membuat Anda gila.)

     

    2. Awali hari bersama protein shake.

    Kourtney Kardashian diet

    Kourtney mengaku ia mengonsumsi minuman protein untuk sarapan pagi. Isinya adalah pisang, apel, yogurt tanpa lemak, susu, almond, cinnamon, satu scoop es krim vanilla, dan QuickTrim Protein Powder (label ini memfitur Kardashian bersaudara).

    Khloé pun juga sama, katanya ia meminum protein shake di perjalanan pulang setelah berolahraga pagi.

    Kata ahli: Dr. Charlie merupakan penggemar sarapan dengan protein tinggi, "Ini merupakan cara yang baik sekali untuk mendapat nutrisi di pagi hari, dan karena Anda menghitung tiap bahan yang digunakan otomatis Anda turut mengontrol porsinya," ujar dr. Charlie.

     

    3. Makan menu sarapan yang sama selama setengah tahun!

    Kourtney seolah seperti makhluk yang selalu memiliki kebiasaan. Bukan melalui unggahan foto, ia justru pernah menulis status di aplikasinya yang menyatakan bahwa ia menyantap sarapan dengan menu serupa selama enam bulan.

    Kemudian setelah itu Kourtney mengganti menu lagi, dan ia terapkan untuk enam bulan berikutnya.

    Kata ahli: Menurut dr. Charlie, menyantap hidangan serupa secara teratur dikenal dengan sebutan stimulus-narrowing, sebuah strategi yang mampu mereduksi opsi makan sehingga mampu memperkecil jumlah kalori. Alhasil penurunan berat badan menjadi lebih signifikan. 

    Tapi cara ini dikembalikan kepada individu masing-masing, jika Anda mudah bosan akibat mengonsumsi oatmeal setiap hari, yang ada Anda malah terpancing untuk menyantap hidangan enak lainnya.

    Kalau Anda memiliki kecenderungan demikian, segera tinggalkan cara ini!

     

    4. Batasi kalori Anda.

    Menurut hasil wawancara ahli nutrisi Kim Kardashian, yaitu Colette Heimowitz, kepada salah satu majalah wanita, Kim tidak akan makan melebihi 1.800 kalori setiap harinya.

    Kata ahli: Ketika menghitung jumlah kalori membuat Anda sakit kepala, mengontrol berapa besar makanan yang Anda nikmati juga diperlukan jika serius ingin menurunkan berat badan.

    Pilih mana? Menghitung kalori atau mengukur porsi makan Anda? "Individu yang selalu memperhatikan makanan mereka akan lebih dapat menurunkan berat tubuh. Alasannya, karena mereka tahu berapa banyak asupan yang boleh disantap," ujar dr. Charlie,

    "Anda pun juga dapat menikmati makanan apa saja yang ingin disantap, dan target penurunan berat badan akan tetap tercapai," tambahnya lagi.

    Jika Anda takut tidak dapat mengukurnya, coba cara berikut ini, yaitu perhatikan keseluruhan pola makan Anda dalam sehari, boleh saja menyantap pizza untuk makan malam asalkan di siang hari Anda sudah memberi kompensasi pada perut berupa hidangan ringan.

    Kalori yang dibutuhkan tiap individu berbeda, tergantung dari usia, berat tubuh, aktivitas harian, berat sementara, hingga target penurunannya. Lalu Anda dapat mempergunakan hasil penghitungan ini untuk mengestimasi tubuh ideal Anda, kemudian berdiskusi bersama ahli gizi.

     

    5. Alihkan emosi Anda menuju latihan yang Anda sukai.

    Khloé pernah menulis status kalau ia sedang dalam kondisi bosan dan tidak bahagia. Tapi pada masa patah hati setelah putus dari Lamar Odom, Khloé lebih banyak menghabiskan waktu untuk berolahraga bersama pelatih pribadinya, Gunna Peterson, dibandingkan makan maupun menyaksikan reality show di televisi.

    "Ia mengajarkan saya trik untuk senantiasa termotivasi melalui kegiatan yang paling saya sukai," kata Khloé di salah satu majalah kesehatan.

    Kata ahli: Saat penelitian menyarankan jika latihan olahraga juga tidak mampu mengimbangi keinginan makan akibat pengaruh emosional, tapi mengganti kebiasaan buruk itu (makan berlebihan) dengan aktivitas yang lebih produktif dapat merilis hormon endorfin di dalam diri Anda.

    Hal itu akan membantu mengurangi kecemasan, memperbaiki mood, dan tentu saja tidak ada penambahan kalori. Sangat ideal untuk mencapai target menurunkan berat badan bukan?

     

    6. Melahap jumlah makanan yang sama setiap hari, tergantung tipe latihan Anda.

    Kim makan dengan jumlah kalori yang sama, meskipun ia sedang intensif maupun tidak melakukan olahraga. "Anda mengonsumsi 1.800 kalori dan cukup protein untuk mengubah masa tubuh menjadi otot." kata Colette.

    Kata ahli: Sudah umum didengar bahwa semakin banyak bergerak, maka Anda semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan, lalu menambah asupan di hari padat aktivitas dapat mengecilkan usaha Anda dalam menurunkan berat badan.

    Namun selama Anda bukan atlet yang sedang latihan keras, dan Anda mengonsumsi banyak protein, dr. Charlie justru menentang pernyataan memakan banyak kalori demi kompensasi sebuah aktivitas. 

    "Banyak individu yang berolahraga sebenarnya menyimpan kalori ketika mereka berhenti latihan, atau malah secara tidak sadar malas bergerak sehabis mengolah tubuh," jelas dr. Charlie,

    "Jadi saat Anda berolahraga, pastikan Anda mencapai target secepatnya dan sekuatnya. Kemudian cocokkan kalori berdasarkan target berat badan yang sudah Anda tentukan," tambahnya lagi.

     
    7. Minum 12 gelas teh detoks dalam satu hari.
     
    Saat diwawancara oleh salah satu acara televisi hiburan, Kendall Jenner pernah menuturkan jika ia kerap minum teh detoks Kusmi di pagi hari, dan ia ulangi selama 12 kali dalam sehari. Berlebihan memang, tapi itulah poinnya!
     
    Kata ahli: Anda menenggak 12 teh detoks? Tentu saja akan membuat Anda berada di kamar mandi, apalagi dr. Charlie menganggap hal itu berlebihan jika berkaitan dengan decaf tea.
     
    Bila Anda meminumnya sebagai pengganti makan, itu adalah keputusan yang bodoh dikarenakan memperhitungkan teh tidak memiliki kalori. Padahal Anda membutuhkan kalori agar fungsi tubuh dapat bekerja dan menahan segala napsu makan berlebihan.
     
    Tapi, dr. Charlie tidak mempermasalahkan jika minum teh dengan beragam rasa yang sesuai dengan selera Anda.
     
     
    8. Makan tiga sampai empat kali protein dalam sehari.
     
    Pola makan Kim Kardashian mencakup enam ons protein tiap sekali makan dalam sehari, menunya terdiri dari telur, sayuran, dan beberapa potong keju untuk sarapan, kemudian salmon panggang saat makan siang. Sedangkan malam hari ia cukup menyantap dada ayam.
     
    Kata ahli: "Ada perbedaan besar antara rekomendasi asupan protein dan kebutuhannya.Tapi umumnya, semakin banyak Anda makan, maka Anda akan semakin kenyang," kata dr. Charlie yang menitikberatkan protein adalah elemen vital untuk memelihara masa otot selama periode penurunan kadar lemak.
     
     
    9. Mengudap snack bar untuk mengganjal perut.
     
    Pada salah satu pola makan Kim, ia menyarankan untuk menyantap Atkins Harvest Trail Dark Chocolate Cherry and Nuts Bar yang mengandung 150 kalori!
     
    Isinya berisikan dua kali lipat karbohidrat (16 gram), 8 gram protein, dan 10 gram serat dari bahan yang terdiri dari serat akar buatan, serat jagung yang mudah larut, dan serat gandum. Belum lagi ada tambahan pemanis buatan bersama sucralose.
     
    Kata ahli: Di samping fakta jika snack bar mengantung banyak bahan 'sembarang', termasuk pemanis artifisial, tapi dr. Charlie mengatakan bahwa camilan ini dipastikan dapat membantu menurunkan berat badan.
     
    "Saya tidak peduli tentang makanan yang diproses, asalkan mereka dapat mengontrol porsinya. Seseorang yang dapat mengontrol asupan processed food malah justru memilki usia panjang dibandingkan seseorang yang mendedikasikan hidup untuk hanya mengonsumsi hummus, almonds, kale tapi menyandang berat tubuh mencapai 300 kilogram!" kata dr. Charlie.
     
    Ya, ia memang penggemar berat camilan yang kaya akan serat, karena serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama, asalkan secara teratur diisi lagi untuk menghindari sensasi gassy dan mual.
     
     
    10. Makan kapanpun Anda mau!
     
    kendall jenner diet
     
    Jika Anda bertanya pada Khloé, ia akan bercerita kalau Kendall mengikuti diet anti-model. Katanya Kendall sangat mencintai burger, pizza, dan dapat pergi ke In-N-Out setiap saat.
     
    Kata Ahli: "Itu adalah jenis makanan yang lebih baik dikonsumsi, bahkan lebih baik dari makanan mentah (raw food). Diet vegan akan membuat Anda merasa hampa dan ingin mengisi perut lebih banyak, kemudian makan 100 burger dan berakhir pada overweight," kata dr. Charlie.
     
    Dr. Charlie belum pernah memeriksa sistem kerja darah dari Kendall, sedangkan Kendall berasumsi ia sudah kurus dan memelihara berat tubuhnya, jadi ia bisa saja melakukan hal tersebut (makan asal-asalan).
     
    Khloé juga merangkum tulisan di bukunya yang berjudul Strong Looks Better Naked, katanya, "Menurut saya kebanyakan diet itu menyiksa, yang membuat saya tidak mempercayai diet. Jadi jika saya ingin menyantap sepotong kue di malam hari, saya akan memakannya!, ujar Khloé.
     
     
    (Alih bahasa: Erica Arifianda; Foto: Courtesy of Instagram Kimksnapchats, Kourtneykardash, Khloekardashian, dan Kendalljenner.snap, Dok. Bazaar US)
     
    Baca juga:
     
     
     
     







- RELATED ARTICLE -