• Beauty / Tips

    Rekomendasi Masker Wajah Untuk Kulit Berjerawat


    Rekomendasi Masker Wajah Untuk Kulit Berjerawat

    Tidak sempat mengolah masker DIY (Do it Yourself) untuk merawat wajah dengan problem jerawat? Simak pilihan produk masker berikut.


    Para individu dengan problem jerawat tentu sangat berhati-hati dalam merawat wajahnya. Jika memiliki banyak waktu luang, tentu dengan senang hati mencari berbagai resep racikan perawatan alami. Entah itu dalam bentuk masker maupun menjadi olahan makanan atau minuman.

    Nah, jika Anda termasuk individu yang lebih senang dengan kepraktisan, tersedia pula beragam masker instan untuk merawat wajah. Biasanya produk masker untuk kulit jerawat yang ada dipasaran menggunakan bahan dasar berjenis tanah liat atau clay.

    Hal itu dikarenakan kandungan tanah liat memiliki daya serap, sekaligus manfaat eksfoliasi, dan mengandung zat yang dapat menciutkan penyebab jerawat. 

    Apalagi menurut isi buku Betters Basics for the Home: Simple Solutions for Less Toxic Living yang ditulis oleh Annie Berthold-Bold, menjabarkan bahwa clay mampu menyerap sebum, bakteri, air, serta beberapa toksin dari kulit. Belum lagi kehebatannya mengikis sel kulit mati dan komedo tanpa adanya gesekan atau pelukaan.

    Berikut ini Bazaar beri beberapa rekomendasi produk masker yang diklaim baik untuk mengatasi kulit jerawat atau aman digunakan oleh pemilik masalah jerawat.


    1. GLAMGLOW SUPERMUD® CLEARING TREATMENT

    GLAMGLOW SUPERMUD® CLEARING TREATMENT

    Masker Glamglow® Supermud Clearing Treatment sebenarnya baik digunakan semua jenis kulit, namun formula utamanya sengaja didesain untuk menargetkan pori-pori sehingga kompleksi kulit wajah perlahan akan semakin cerah.

    Masker ini juga secara klinis mampu mengatasi problem jerawat serta blemish, kemerahan, bekas luka, hingga bulu in-grown yang biasa terjadi pada pria. Formula lumpur di dalamnya akan menyokong keseimbangan minyak alami pada kulit, sembari formula arang aktif X mengangkat kotoran dan penimbunan kotoran atau lemak lainnya.

    Gunakan masker lumpur instan tersebut dengan takaran tipis pada kulit bersih setelah mencuci wajah. Hindari pemakaian pada area mata dan kulit yang terluka, setelah 20 menit itu bersihkan masker menggunakan air biasa.


    2. BOSCIA LUMINIZING BLACK MASK

    BOSCIA LUMINIZING BLACK MASK

    Masker keluaran Boscia ini merupakan jenis peel-off yang mempunyai sederet kebaikan pada kulit wajah. Di antaranya meminimalisasi pori-pori, menghilangkan kotoran atau noda, menyerap kelebihan minyak. Hal itu disebabkan adanya formula calcium montmorillonite clay.

    Sedangkan asupan vitamin C (ascorbyl glucoside) di dalamnya secara perlahan akan mengubah kompleksi wajah jadi lebih cerah dan berkilau. Di samping ada beberapa kandungan lain seperti ekstrak maritime pine bark untuk memperbaiki elastisitas kulit, memberi hidrasi, dan mencegah tanda penuaan; ekstrak daun rosemary guna menjaga kulit, menyamarkan tampilan pori-pori; ekstrak eucalyptus sebagai antiseptik dan antibakteri.


    3. INNISFREE JEJU VOLCANIC PORE CLAY MASK 

    INNISFREE JEJU VOLCANIC PORE CLAY MASK

    Bahan utama yang diusung dari masker ini adalah kandungan alami hasil erupsi gunung berapi di Pulau Jeju, Korea Selatan. Setelah dilakukan penelitian mendalam, ternyata tanah liat ini memiliki daya serap kuat terhadap minyak di dalam pori-pori wajah. Kemudian juga menyingkirkan kotoran yang biasa menyumbat pori-pori sebagai penyebab terjadinya jerawat.

    Selain itu mineral lainnya akan menyerap hingga ke lapisan kulit, kemudian perlahan membuat tampilan wajah lebih cerah diikuti tekstur yang terasa lembut.


    4. KIEHL'S RARE EARTH DEEP PORE CLEANSING MASQUE

    KIEHL'S RARE EARTH DEEP PORE CLEANSING MASQUE

    Masker Kiehl's Rare Earth Deep Pore Cleansing Masque diformulasikan dengan tanah liat putih asal Amazon, yang setelah diteliti ternyata mampu mempurifikasi serta berperan sebagai detoks untuk kulit. Clay ini juga populer untuk menyingkirkan bakteri, toksin, sisa minyak, dan sel kulit mati yang biasa menyumbat pori-pori atau bahkan membuatnya terlihat besar.

    Selain itu ada pula campur tangan bentonite dan lidah buaya yang masing-masing akan menyerap minyak dan memberi hidrasi.

    Gunakan masker ini pada kondisi kulit lembap dan bersih setelah mencuci wajah, hindari pengaplikasian di sekitar mata, dan tunggu sampai kering. Setelah itu rendam handuk ke dalam air hangat, dan jika masker mengering bersihkan perlahan menggunakan handuk hingga bersih. Baiknya gunakan dua kali dalam seminggu.


    5. ORIGINS CLEAR IMPROVEMENT ACTIVE CHARCOAL MASK TO CLEAR PORES

    ORIGINS CLEAR IMPROVEMENT ACTIVE CHARCOAL MASK


    Masker Origins Clear Improvement mengandalkan kehebatan arang bambu yang beraksi bagaikan magnet untuk menarik kotoran dan minyak dari dalam pori-pori. Selain itu keampuhan tanah liat putih China juga digunakan pada masker tersebut untuk membersihkan sisa minyak, kotoran, dan polutan dari wajah.

    Selain cocok digunakan untuk kulit berjerawat, masker ini juga disarankan bagi pemilik wajah kusam. Karena kandungan aktif dari arang seolah menumpas efek toksin dan sisa kotoran yang biasanya menyebabkan kekusaman.

    Sebelum Anda menggunakan masker ini baiknya kompes wajah menggunakan handuk hangat agar seluruh pori-pori terbuka. Setelah itu bubuhkan masker secukupnya, dan tunggu sekitar 10 menit baru dibilas menggunakan air biasa.


    6. THE BODY SHOP TEA TREE FACE MASK

    THE BODY SHOP TEA TREE FACE MASK

    Tea tree yang sangat baik untuk masalah jerawat membuat The Body Shop merancang produk masker yang diracik bersama kehebatan clay. Masker Tea Tree ini akan memberi sensasi dingin dan segar pada wajah, tanpa membuatnya terlihat kering.

    Daya serapnya juga tinggi dalam mengangkat minyak dan kotoran, kemudian membuat kulit jadi lebih halus dan cerah. Sebab, ada campur tangan minyak daun teh yang tumbuh di kaki gunung di Kenya, sebagai salah satu kandungan utamanya.


    7. CLINIQUE ACNE SOLUTIONS™ OIL CONTROL-CLEANSING MASK

    CLINIQUE ACNE SOLUTIONS™ OIL CONTROL-CLEANSING MASK

    Masker clay keluaran Clinique ini bersifat menenangkan, dan mampu menyembuhkan beragam masalah akibat jerawat seperti noda dan bahkan mampu mencegah breakout pada kulit.

    Formulanya juga dirancang untuk membersihkan kotoran hingga ke dasar pori-pori, sembari menyingkirkan kelebihan sebum wajah. Masker ini tidak akan membuat kulit kering dan tidak membuatnya iritasi. Setelah beberapa kali pemakaian, wajah akan telihat lebih bersih, lembut, dan tidak ada bekas jejak noda akibat jerawat.


    (Layout: Angga Saputa; Foto: Dok. Bazaar)






- RELATED ARTICLE -