• 7 Produk Wajib untuk Si Kulit Kering

    Beauty / Tips


    7 Produk Wajib untuk Si Kulit Kering

    Coba cek kosmetik apa saja yang Anda butuhkan untuk mengembalikan kelembapan alami kulit.


    Wajah yang kering dan kaku pastinya sering menimbulkan perasaan tidak nyaman, terutama setelah Anda mandi, berendam, ataupun berenang. Tak jarang, kulit tubuh pun tampak seolah pecah-pecah dan seperti mengalami dehidrasi. Terdengar familiar? Saatnya Anda mengatasi masalah tersebut dengan berbagai komoditi pilihan Bazaar, mulai dari perawatan kulit muka hingga sampai ke ujung kaki.


    1. Pembersih wajah bebas sabun

    Pemilik kulit kering sangat disarankan untuk menggunakan pembersih yang tidak mengandung sabun agar kelembapan alaminya tidak terkikis begitu saja. Untuk itu, Anda membutuhkan produk yang dapat bekerja aktif saat membersihkan namun tetap terasa lembut di permukaan wajah maupun tubuh serta diracik sedemikian rupa agar tidak menyebabkan iritasi.

    Setelah mencuci muka, keringkan dengan handuk secara menepuk-nepuk dan bukan menggosok-gosokkannya ke wajah. 


    Rekomendasi: Cetaphil Gentle Skin Cleanser, 125.000 rupiah


    2. Sabun tubuh dengan pelembap

    Hati-hati, kulit yang kering sangat mudah berkeriput dan tampak lebih tua daripada seharusnya. Saat mandi, gunakan sabun dengan moisturizer melimpah yang dapat membantu menjaga keremajaan kulit Anda. Sebisa mungkin, hindari penggunaan sabun dengan formulasi kuat seperti antiseptik yang berpotensi mengakibatkan kekeringan bertambah parah.


    Rekomendasi: Dove White Beauty Bar, 7.800 rupiah


    3. Pelembap wajah

    Jika Anda menginginkan perawatan ekstra untuk wajah, pilihlah pelembap dengan kandungan bahan-bahan tertentu yang sifatnya memang sangat melembapkan seperti shea butter, gliserol, ceramides, ataupun stearic acid. Oleskan moisturizer tersebut kira-kira tiga menit setelah membersihkan muka di pagi hari dan ulangi sebanyak sekali sampai dua kali setelahnya dalam kurun waktu 24 jam.

    Untuk efek menenangkan, Anda bisa mengoleskan pelembap sembari memijatkannya ke seluruh permukaan wajah dengan gerakan melingkar. Sebaiknya, hindari moisturizer yang mengandung terlalu banyak asam, seperti contohnya AHA (alpha-hidroxy acids) dan juga asam salisilat, terutama jika kulit Anda tergolong sensitif pula. Sebaiknya, pilihlah pelembap berbentuk krim atau salep yang relatif lebih ampuh dalam menutrisi kulit kering jika dibandingkan dengan losion.


    Rekomendasi: Kiehl’s Ultra Facial Cream, 500.000 rupiah 


    4. Pelembap tubuh yang mengandung petrolatum

    Bahan petrolatum kini telah banyak direkomendasikan oleh sejumlah para pakar dermatologi sebagai pelembap untuk kulit yang sangat kering hingga pecah-pecah. Sebab, komponen ini diklaim lebih efektif untuk mencegah air menguap dari permukaan kulit Anda. Fokuskan aplikasinya pada siku dan lutut yang acap kali membutuhkan perhatian khusus. 


    Rekomendasi: Vaseline Repairing Jelly Original, 35.600 rupiah


    5. Sunscreen berbentuk krim

    Sebelum beraktivitas di siang hari, jangan lupa memakai sunblock yang bisa memberikan proteksi optimal terhadap sinar bahaya ultraviolet. Selain memilih yang bertekstur krim, pastikan Anda membeli tabir surya yang memiliki SPF minimal 30. Selanjutnya, prioritaskan sunscreen yang bebas alkohol agar mampu mencegah kekeringan. 


    Rekomendasi: Sebamed Multi Protect Sun Cream SPF 50+, 295.000 rupiah 


    6. Pelembap dengan kandungan minyak alami

    Minyak alami seperti olive oil ataupun minyak jojoba adalah salah satu unsur yang harus Anda cari kala mencermati daftar komposisi pada sebuah produk perawatan kulit. Selain itu, pastikan teksturnya pun cukup kental.

    Caranya? Sebelum membeli, ada baiknya Anda mencoba sebagian produk untuk dioleskan ke telapak tangan. Kemudian, balikkan tangan Anda. Jika produk tersebut sampai menetes, berarti teksturnya belum cukup kental untuk dapat menangani kulit kering.


    Rekomendasi: Egyptian Magic All Purpose Skin Cream, 499.000 rupiah


    7. Masker wajah yang diformulasi secara khusus untuk kulit kering

    Saat wajah sudah terasa kaku dan membutuhkan perawatan ekstra, tak ada salahnya untuk memanjakan diri Anda dengan mengenakan masker yang mampu menenangkan sekaligus menambah elastisitas kulit. Saat memilih produk, cek dulu komposisinya. Utamakan masker dengan senyawa gliserol dan asam hialuronat yang sanggup membuat kulit terasa lebih kenyal segera setelah pemakaian. 


    Rekomendasi: Caudalie Moisturizing Mask, 465.000 rupiah 


    (Layout: Rian Wijaya; Foto: Dok. Bazaar)


    Baca Juga:

    Solusi Membersihkan Wajah Paling Efektif Masa Kini 

    Perawatan Paling Tepat untuk Kulit Sensitif


    Tags : kulit kering


- RELATED ARTICLE -