• Beauty / Tips

    16 Beauty Bad Habit yang Harus Anda Hentikan


    16 Beauty Bad Habit yang Harus Anda Hentikan

    Sejumlah kebiasaan buruk yang bisa merusak penampilan Anda.


    Setiap hari Anda pastinya sibuk direpotkan dengan berbagai rutinitas kecantikan yang berguna untuk mendukung penampilan Anda. Akan tetapi berbagai produk kecantikan tersebut tak ada gunanya jika Anda tetap melakukan berbagai kebiasaan buruk yang berbahaya bagi wajah, kuit, rambut, dan tubuh Anda.

    Simak 16 kebiasaan buruk seputar kecantikan yang harus Anda hentikan sekarang juga.

    1. Tidur dengan wajah masih penuh riasan.

    Rasa lelah terkadang membuat kita malas membersihkan wajah saat malam hari. Namun kelalaian tersebut bisa berakibat buruk bagi kulit Anda. Selalu ingat untuk membersihkan sisa makeup secara menyeluruh, dan sediakan pembersih wajah yang tepat dalam melenyapkan makeup membandel seperti maskara atau lipstik, sebab hal itu akan memudahkan serta mempercepat ritual pembersihan wajah.

    2. Menyimpan produk kosmetik hingga bertahun-tahun.

    Apakah Anda memiliki lipstik atau eyeliner yang jarang digunakan, sehingga meskipun sudah bertahun-tahun benda tersebut masih terlihat seperti baru? 

    Waspadai kebiasaan menyimpan kosmetik hingga bertahun-tahun karena bisa saja memicu penyakit. Misalnya, eyeliner yang sudah lama dapat menyebabkan konjungtivitis. Ingatlah bahwa kemasan makeup yang Anda kenakan juga merupakan tempat berkembangnya bakteri dari kuas, tangan, bahkan wajah Anda. 

    Pastikan juga untuk meluangkan waktu untuk membersihkan brush yang Anda miliki dengan cara membilasnya di air hangat dan sabun sebanyak satu kali dalam sebulan. 

    3. Mencabut atau memencet bulu ingrown.

    Terkadang kebiasaan kita melakukan shaving dan waxing berdampak pada munculnya ingrown hair, atau rambut yang tumbuh ke dalam jaringan kulit. Padahal kondisi tersebut bisa saja menghasilkan benjolan yang juga memicu jerawat.

    Banyak dari kita yang merasa mampu mengeluarkan rambut tersebut lalu mencoba memencetnya. Namun faktanya, apapun yang terjadi Anda tidak boleh mengeluarkan ingrown hair. Tindakan memencet malah memicu infeksi atau luka. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memberikan obat jerawat atau melakukan exfoliating pada kulit Anda.

    4. Memencet jerawat.

    Sama dengan ingrown hair, tak jarang tangan kita merasa 'gatal' untuk mengeluarkan jerawat atau whitehead yang mengganggu. Tapi tentunya Anda tahu, jika tidak dilakukan dengan baik, kebiasaan buruk ini justru akan membuat luka di wajah Anda dan kemungkinan berbekas seumur hidup. 

    Baca Juga: Mengetahui Masalah Organ Tubuh Dari Letak Jerawat

    5. Berlebihan menggunakan comedo strip.

    Akui saja, menyaksikan tumpukan minyak yang terangkat dari hidung Anda berkat comedo strips menjadi pemandangan yang memuaskan. Akan tetapi jika Anda terlalu sering melakukannya, akan mengakibatkan kulit semakin kering dan mendorong produksi minyak berlebih. Baiknya, lakukan ritual ini sebulan satu kali saja.

    6. Mencabuti kutikula pada kuku.

    Sering kali kita membersihkan kutikula secara berlebihan, padahal keberadaan kutikula adalah untuk melindungi kuku Anda. 

    Semakin jarang Anda mencabuti kutikula, maka semakin jarang pula Anda akan butuh untuk merapikannya. Guna merawat kutikula, Anda dapat menggunakan nail file, lalu melapisinya dengan cuticle oil

    7. Mencabuti ujung rambut yang bercabang.

    Terkadang saat bekerja atau menerima telepon, tangan yang menganggur secara refleks mencabuti ujung rambut Anda yang kelihatan kering dan bercabang.

    Percayalah meskipun membuatnya ketagihan, kebiasaan ini justru memperburuk kondisi rambut Anda (sekaligus merusak pandangan mata Anda). Cobalah untuk lebih sering memberikan perhatian pada rambut dengan menggunakan masker atau produk yang bisa melindungi rambut dari kerusakan. 

    8. Mencabuti uban.

    Siapa yang tidak terganggu jika rambut putih ini mulai terlihat? Rambut yang berubah warna ini berarti telah kehilangan pigmen hitam, sehingga jika tumbuh kembali akan tetap berwarna putih.

    Setelah dicabut, uban akan tetap tumbuh kembali dan semakin sulit untuk ditutupi. 

    9. Mengelupas cat kuku secara manual.

    Sama dengan kebiasaan memencet jerawat, terkadang kita gatal untuk mencabuti cat kuku yang mulai mengelupas. Apalagi jika Anda menggunakan cat kuku berbahan gel. 

    Tahukah Anda jika mencabuti cat kuku bisa ikut mencabut lapisan kuku yang membuatnya tetap kuat? Jadi mulai sekarang tahan godaan untuk mengelupas cat kuku Anda dan mulai biasakan luangkan waktu menggunakan acetone

    10. Keramas setiap hari.

    Beberapa dari kita terbiasa mencuci rambut setiap hari, terutama dengan kondisi Indonesia di daerah tropis yang membuat kulit kepala mudah berkeringat dan berminyak.

    Namun sama dengan kulit wajah Anda, kulit kepala juga memproduksi minyak yang semakin jarang Anda mencucinya, maka produksi minyak akan seimbang dengan sendirinya. Sehingga Anda tak perlu lagi khawatir untuk mencuci rambut setiap hari. 

    Baca Juga: Apakah Baik Tidur dengan Rambut Basah?

    11. Terlalu sering menggunakan alat pencuci wajah elektronik.

    Sebaiknya alat ini Anda gunakan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Terlalu sering penggunaan bisa membuat kulit Anda iritasi dan kering. 

    12. Mengelupas kulit kering.

    Pemandangan kulit yang kering dan mengelupas tentunya mengganggu bagi siapa saja. Namun jika Anda mencabutnya, justru Anda akan membuat lapisan kulit baru di bawahnya ikut tercabut, dan memperburuk kondisi kulit Anda.

    Aplikasikan lotion dan gunakan scrub saat mandi secara perlahan-lahan untuk menghilangkan sisa kulit mati.

    13. Hentikan kebiasaan membungkuk.

    Selain membuat penampilan Anda menjadi kurang mengesankan, posisi tubuh ini juga membebani otot punggung Anda. 

    Ada latihan ringan yang mampu membiasakan Anda berdiri dengan tegak, yaitu angkat tongkat dengan kedua lengan di atas kepala Anda sembari menarik napas, lalu perlahan turunkan ke arah punggung Anda, dan buang napas perlahan-lahan. Ulangi sebanyak lima kali.

    14. Menyantap camilan saat jam tidur.

    Saat terburuk untuk makan adalah sesaat sebelum tidur. Kalori yang masuk tersebut pada akhirnya tidak terbakar dan menjadi tambahan bagi berat badan Anda, plus akan membuat wajah Anda terlihat puffy, terutama di bagian mata.

    Jika memang Anda merasa lapar di malam hari cobalah untuk menyantap buah atau segelas susu hangat.

    15. Kebiasaan menopang dagu.

    Pose ini seringkali tidak sadar Anda lakukan dan dapat membawa pengaruh pada garis ragu dan siku Anda. Biasakan untuk duduk dengan tegak diikuti posisi bahu turun, dagu yang rileks, dan tangan tetap di atas meja atau di pangkuan Anda.

    16. Berlebihan memakai parfum.

    Melengkapi penampilan dengan wewangian adalah hal yang wajib. Tapi bijaklah dalam menggunakan parfum, karena cukup banyak orang yang tidak suka jika aroma parfum Anda terlalu kuat.

    Jika Anda menyukai berlebihan dalam menggunakan wewangian pilihlah cologne atau eau de toilette

    Baca Juga:

    5 Parfum Praktis Untuk Menghadiri Pesta

    5 Kebiasaan Buruk Penyebab Migrain

    5 Kebiasaan Buruk Penyebab Anda Susah Berkonsentrasi

    Mengetahui Masalah Organ Tubuh Dari Letak Jerawat

    Apakah Baik Tidur dengan Rambut Basah?

    (Foto: Getty images)