Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

6 Tanda Anda Kekurangan Tidur

Jika Anda mendapati berbagai gejala berikut ini, segera perbanyak waktu istirahat!

6 Tanda Anda Kekurangan Tidur

Padatnya kesibukan dan jadwal sehari-hari mungkin menyebabkan Anda seringkali begadang dan tidak mendapatkan cukup tidur. Padahal, tidur yang cukup diteliti dapat membuat wanita lebih cerdas.

Tak hanya sekadar berakibat mengantuk, masalah kekurangan tidur tentu menyebabkan banyak gangguan baik secara fisik maupun emosional jika tak ditangani secara cepat.

Berikut ciri-ciri yang perlu diwaspadai karena kurangnya istirahat. 

1. Susah konsentrasi

Mengurangi waktu tidur saat malam berarti mengurangi pula kemampuan untuk fokus serta daya ingat Anda keesokan harinya. Sebaiknya, hindari menyetir mobil ataupun mengoperasikan mesin berat saat Anda tak mendapatkan cukup istirahat seperti pada biasanya.  

2. Tekanan psikis

Anda merasa cepat gusar, lekas marah, dan mudah stres atau bahkan depresi. 

3. Masalah kulit

Minimnya tidur berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan hormon yang kerap berakibat kemunculan jerawat.

4. Problem pada mata

Ketika Anda menunda-nunda istirahat, tubuh Anda pun semakin kehilangan kesempatan untuk memperbaiki lapisan-lapisan yang dibutuhkan untuk mempercantik tampilannya tak terkecuali organ mata. Hasilnya, mata yang kemerahan, bengkak, serta kantung mata pun tak terhindarkan lagi.

Beberapa studi menunjukkan eratnya hubungan antara seseorang yang menderita insomnia dengan garis-garis halus dan kerutan pada mata. 

5. Naiknya bobot tubuh

Saat tidur, tubuh Anda memiliki kendali atas hormon ghrelin dan leptin yang kurang lebih berfungsi mengontrol nafsu makan.

Ketika tak beristirahat secara cukup, kecenderungan Anda untuk makan secara berlebihan akan lebih besar sehingga menyebabkan angka timbangan bergeser ke kanan. 

6. Kepayahan Saat Bangun 

Tidur cukup dan berkualitas membuat Anda bangun dengan badan segar. Sebaliknya, kurangnya mutu dan waktu istirahat akan berujung pada pusing kepala, mulut kering atau bahkan sakit tenggorokan saat keesokan paginya.  


(Foto: Stokkete/Shutterstock/Click Photos)